10 Tips Sederhana Untuk Cegah Virus Corona Tanpa Harus Panik

Infeksi virus Corona atau COVID-19 telah menjadi pandemi global. Meskipun demikian, kita tidak perlu panik dalam menghadapi situasi akibat pandemi COVID-19 ini.

Kepanikan dan kecemasan akan membuat tubuh kita mengalami penurunan imunitas yang justru akan beresiko terhadap tertularnya virus tersebut.

Cara mencegah virus Corona adalah dengan tenang dan tidak panik, tetapi juga tetap waspada. Ada banyak hal sederhana yang bisa diterapkan untuk mencegah infeksi virus Corona.

Cara sederhana ini mudah sekali dilakukan oleh setiap individu, sehingga kita dapat mencegah penyebaran COVID-19 ini.

Berikut adalah 10 tips sederhana untuk cegah virus Corona tanpa harus panik.

1. Mencuci tangan dengan benar

Rajin mencuci tangan dengan benar adalah anjuran yang paling sering diberitakan untuk mencegah penularan COVID-19.

Selain mudah dilakukan, cara ini adalah paling efektif untuk mencegah masukkan virus ke dalam tubub kita.

Mencuci tangan dengan benar membutuhkan waktu sekitar 20 detik, mulai dari membersihkan seluruh bagian tangan (termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku), sampai dengan mengeringkan tangan dengan handuk bersih, tissue, atau mesin pengering tangan.

2. Menjaga kekebalan tubuh

Semakin kuat sistem imunitas kita, makan akan semakin kuat pula tubuh dlam mencegah masuknya virus penyebab penyakit.

Di dalam kasus virus Corona, kekebalan tubuh memegang peranan penting dalam melawan virus itu sendiri. Sistem imun tubuh sendiri yang akan melawan virus Corona untuk sembuh.

Cara menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh, antara lain dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan olahraga yang teratur.

3. Menggunakan masker

Penggunaan masker sangat dianjurkan untuk seseorang yang sedang melakukan perjalanan atau berada di ruang-ruang publik.

Meskipun tidak sepenuhnya dapat menangkal virus, akan tetapi pemakaian masker akan menurunkan risiko penyebaran virus Corona (COVID-19).

4. Membatasi bepergian

Membatasi bepergian merupakan cara efektif untuk mencegah penularan COVID-19. Dengan membatasi bepergian, maka kita sudah melakukan upaya meminimalkan kontak dengan orang lain, terutama saat berada di tempat umum.

Virus Corona dapat menyebar dengan cepat jika terjadi kontak langsung antara penderita dengan orang yang sehat melalui transmisi droplet (percikan air liur).

5. Menjaga kebersihan rumah

Sebagai upaya untuk mencegah penularan COVID-19 di dalam rumah, hendaknya kita dapat menjaga kebersihan rumah.

Cairan desinfektan dapat digunakan untuk membersihkan kamar mandi dan toilet, serta mengepel lantai rumah. Untuk menyemprot alat-alat rumah tangga, bisa digunakan cairan antiseptik.

6. Kurangi kontak dengan binatang

Beberapa hewan diduga menjadi vektor penyebaran virus Corona, seperti kelelawar, mamalia, dan reptil. Menghindari kontak dengan beberapa jenis hewan tersebut dapat menjadi salah satu pencegahan pemularan COVID-19.

Gunakan masker pada saat sedang memberikan makan binatang peliharaan dan segera lakukan cuci tangan dengan benar setelah selesai memberi makan.

Kandang binatang peliharaan dipastikan bersih dan steril. Demikian halnya hewan peliharaan juga harus dalam keadaan sehat

7. Konsumsi daging matang

Apabila akan mengonsumsi daging, maka pastikan daging dimasak dalam keadaan yang benar-benar matang.

Daging yang akan dimakan harus matang secara utuh. Daging yang mentah dapat menjadi tempat hidup virus. Jika daging mentah tersebut masuk ke tubuh, virus juga akan berkembangbiak dalam tubuh sehingga menimbulkan penyakit.

8. Terapkan etika batuk dan bersin

Cara lain untuk mencegah penularan COVID-19 adalah dengan menerapkan etika batuk dan bersin. Tutup hiing dan mulut menggunakan tissue atau lengan atau telapak tangan.

Baca : SK Kepala BNPB tentang Perpanjangan Status Darurat Virus Corona

Jangan lupa untuk membuang tissue yang sudah digunakan saat bersin atau batuk tersebut. Setelah itu, lakukan cuci tangan dengan benar menggunakan sabun atau hand sanitizer.

9. Konsumsi Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Selain ampuh dalam menangkal radikal bebas, vitamin C juga efektif untuk menyembuhkan batuk dan pilek, serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Vitamin C ini bisa didapatkan dari suplemen atau secara alami dari buah.

10. Melakukan social distancing

Pada saat virus Corona dinyatakan menjadi pandemi dan menyebar dengan sangat cepat ke seluruh belahan dunia, beberapa negara mulai memberlakukan social distancing.

Social distancing adalah salah satu cara mencegah penularan virus dengan menjaga jarak sosial. Cara sederhana dalam social distancing adalah dengan menghindari tempat-tempat keramaian dan ruang-ruang publik, serta meminimalkan kontak dengan orang lain.

Baca : Bentuk-bentuk Social Distancing Untuk Cegah Sebaran COVID-19

Demikian 10 tips sederhana untuk mencegah infeksi virus Corona tanpa harus mengalami panik. Semoga tips sederhana ini dapat membantu menghindarkan kita dari penularan COVID-2020.