15 Manfaat Konsumsi Madu Bagi Kesehatan Tubuh

15 Manfaat Konsumsi Madu Bagi Kesehatan Tubuh

Dvcods.com. Madu adalah obat alami yang sejak dahulu banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Madu sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu, sebagai obat yang mujarab untuk menyembuhkan banyak penyakit.

Segudang kandungan senyawa dalam madu terbukti mampu menjaga tubuh dari berbagai gangguan kesehatan.

Berikut ini adalah 15 manfaat konsumsi madu bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Madu dapat meningkatkan sifat kekebalan tubuh dengan cukup baik dan dapat membunuh bakteri aktiva.

Madu mengandung enzim, vitamin, dan mineral yang dapat melindungi tubuh Anda terhadap bakteri jahat.

2. Mengurangi perut kembung

Jika Anda kerap merasa kembung, maka minumlah secangkir air putih hangat yang dicampur dengan madu.

Madu hangat akan membantu untuk menetralkan gas dalam sistem pencernaan Anda dalam waktu yang singkat, sehingga Anda terbebas dari kembung.

3. Mengobati radang tenggorokan dan flu

Madu hangat efektif untuk melegakan tenggorokan yang sedang meradang..Madu adalah obat alami untuk infeksi pernapasan dan batuk biasa, sehingga dapat difungsikan untuk pengobatan flu secara alami.

4. Menghalau pertumbuhan bakteri dan jamur

Madu memiliki zat antiseptik yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri maupun jamur pada kulit.

Apabila Anda mengalami luka gores atau pun luka bakar, maka madu madu dapat dijadikan sebagai obat pertolongan pertama untuk dioleskan. sehingga menghindari infeksi lebih lanjut.

5. Detoksifikasi

Detoksifikasi perlu dilakukan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dari pemakaian bahan berbahaya dan kebiasaan buruk yang mencemari tubuh, seperti racun pada makanan dan minuman, rokok, kosmetik, serta paparan logam berat.

Meminum segelas air yang diberi beberapa sendok madu akan membantu mengeluarkan racun-racun tersebut.

6. Menurunkan berat badan

Mengkonsumsi madu hangat secara rutin setiap pagi hari terbukti ampuh untuk membakar lemak dalam tubuh Anda.

Kandungan gula alami dalam madu tidak akan menambah kalori dan berat badan, akan tetapi dapat membantu menurunkan berat badan yang berlebih.

7. Mengatur kadar gula darah 

Kombinasi dari senyawa fruktosa dan glukosa dalam madu asli akan dapat membantu tubuh untuk mengatur kadar gula darah secara alami.

Mengkonsumsi madu hangat baik untuk penderita diabetes, karena akan membantu menurunkan kadar gula darah yang cenderung naik, selama tidak berlebihan dan sesuai dengan anjuran dokter.

Meskipun madu mengandung gula, tetapi sama sekali berbeda dengan gula alami maupun gula sintetis.

Madu memiliki kombinasi yang tepat antara glukosa dan fruktosa yang justru dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah.

8. Meningkatkan energi dan stamina

Madu memiliki cukup banyak kalori untuk Anda memulai beraktivitas. Sebelum memulai bekerja atau beraktivitas, Anda dapat meminum segelas air hangat yang dicampur beberapa sendok madu untuk meningkatkan energi dan stamina Anda.

9. Melancarkan proses pencernaan

Meminum madu hangat akan membantu mempercepat proses pencernaan makanan dan hal ini baik untuk metabolisme tubuh.

Baca : 10 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Supaya makanan yang dikonsumsi dapat diserap tubuh dengan cepat, maka Anda dapat mengonsumsi madu hangat secara rutin.

Proses pencernaan yang lancar juga akan melancarkan buang air besar dan Anda terbebas dari sembelit.

10. Membantu menghaluskan kulit

Madu mempunyai sifat anti bakteri dan anti jamur, sehingga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Madu merupakan anti oksidan alami yang dapat membantu menjaga kondisi kelembaban kulit.

Dengan mengkonsumsi madu secara rutin, kulit wajah Anda juga akan terlihat lebih cerah dan mendapatkan nutrisi dengan baik.

11. Mencegah dehidrasi

Air hangat yang dicampur dengan madu, akan membantu mengatasi kekurangan cairan secara berlebihan dalam tubuh Anda.

Madu hangat memiliki kemampuan menggantikan cairan tubuh yang hilang, sehingga Anda terbebas dari dehidrasi.

12. Mencegah risiko penyakit jantung

Kandungan flavonoid dan anti oksidan dalam madu bermanfaat untuk membantu mencegah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Penelitian telah menunjukkan bahwa madu dapat memperlambat proses oksidasi kolesterol jahat dalam darah manusia, yang dapat berefek buruk bagi hati, serta mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

13. Obat luka

Sejak ribuan tahun yang lalu, madu telah digunakan untuk merawat luka maupun borok. cairan madu berisikan glukosa dan sebuah enzim yang disebut oksidase glukosa.

Enzim oksidase glukosa ini selanjutnya dapat memecah glukosa madu menjadi hidrogen peroksida, yaitu zat yang bersifat antiseptik kuat. Madu mampu membunuh bakteri yang masuk ke dalam luka tubuh.

14. Sumber nutrisi

Madu adalah sumber nutrisi yang lengkap. Madu mengandung berbagai vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan tubuh, misalnya kalsium, tembaga, besi, magnesium, dan fosfor.

Kadar nutrisi tersebut tergantung dari jenis nektar yang dijadikan bahan madu. Dengan mengkonsumsi madu, maka secara tidak langsung kita memasukkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

15. Mengobati batuk

Madu sangat efektif untuk mengobati batuk, khususnya pda anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian, anak-anak yang meminum sebanyak 2-3 sendok madu setengah jam sebelum tidur, mengalami penurunan intensitas batuk dibandingkan anak-anak yang tidak minum madu.

Kandungan antioksidan yang terdapat madu dapat melawan mikrobakteri penyebab batuk, serta membunuh bakter-bakteri yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan.

Baca : 10 Tips Praktis Mengatasi Gejala Naiknya Asam Lambung

Demikian 15 manfaat konsumsi madu bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan