5 Makanan Berikut Wajib Dihindari Saat Puasa Ramadhan

5 Makanan Berikut Wajib Dihindari Saat Puasa Ramadhan

Dvcodes.com Puasa Ramadhan menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Seluruh umat Muslim di dunia dapat memanfaatkan kesempatan untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dengan penuh keikhlasan demi mencapai ketakwaan tersebut.

Puasa Ramadhan menurut syariat Islam dapat diartikan sebagai suatu amalan ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkannya mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari, disertai niat karena Allah SWT, dengan syarat dan rukun tertentu.

Di dalam melaksanakan ibadah puasa, kita harus menjaga agar makanan yang dikonsumsi selama berpuasa tidak menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan pada tubuh.

Gangguan kesehatan pada saat berpuasa tentu harus dihindari, karena akan mengganggu pelaksanaan ibadah puasa.

Biasanya, di dalam menyambut bulan Ramadhan, yang kita lakukan adalah menyiapkan persediaan makanan.

Aneka jenis bahan makanan sengaja dibeli untuk menyajikan beragam makanan selama puasa Ramadhan.

Tanpa kita sadari, bahwa kebiasaan mengonsumsi beragam makanan saat berpuasa akan berdampak buruk bagi tubuh.

Pada saat berpuasa, hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga daya tahan tubuh. Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh, yaitu dengan mengatur menu makanan yang dikonsumsi saat berbuka maupun sahur.

Mengonsumsi makanan secara tidak terkendali saat berpuasa, justru akan menyebabkan daya tahan tubuh melemah.

Selama berpuasa, perut kita dalam keadaan kosong. Makanan yang dipilih untuk berbuka harus benar-benar memperhatikan kemampuan kerja lambung, setelah seharian lambung tidak mencerna makanan.

Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang selama berpuasa akan membuat daya tahan tubuh tetap terjaga.

Berikut ini adalah 5 makanan yang wajib dihindari saat puasa Ramadhan.

1. Makanan Terlalu Manis

Berbuka puasa memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan manis, akan tetapi kita tidak boleh asal pilih.

Makanan manis menyumbang asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh, karena dapat meningkatkan kadar glukosa setelah seharian berpuasa.

Hindari mengonsumsi makanan minuman yang terlalu manis secara berlebihan, seperti kolak dan sirup. Permen dan coklat sebaiknya juga perlu dikurangi saat berpuasa, karena mengandung sedikit gizi dan cenderung tinggi kalori.

Tidak masalah jika kita mengonsumsi makanan manis selama berpuasa, selama bisa mengontrol jumlah asupan makanan tersebut. Makanan manis berkontribusi terhadap kenaikan berat badan, jika dikonsumsi berlebihan.

Pilihlah makanan yang mengandung gula sehat, seperti buah semangka, melon, dan kurma. Kurma sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa, karena mengandung karbohidrat kompleks yang membantu proses metabolisme tubuh.

2. Makanan Berlemak

Seperti halnya dalam mengonsumsi makanan manis, sebenarnya tidak jadi persoalan jika kita mengonsumsi makanan berlemak selama berpuasa, asalkan tidak berlebihan.

Mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan saat berbuka maupun sahur, akan membuat kerja lambung semakin berat.

Makanan berlemak juga membuat kita cepat merasa kenyang dan kehilangan selera untuk mengonsumsi makanan lainnya.

Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung santan secara berlebihan. Santan termasuk kategori makanan berlemak yang sulit dicerna, sehingga menyebabkan naiknya asam lambung.

Penderita maag sangat disarankan untuk menghindari makanan bersantan saat menjalankan puasa, agar penyakitnya tidak kembali kambuh.

3. Makanan Pedas

Kita memang tidak sepenuhnya harus menghindari makanan pedas saat berpuasa, hanya saja porsinya yang harus dikurangi.

Setelah seharian perut dalam keadaan kosong, usus akan sangat rentan dalam mencerna jenis makanan yang masuk saat kita berbuka puasa.

Mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan saat berbuka, beresiko terhadap munculnya gangguan pencernaan, seperti diare.

Jika kita mengalami diare, kemampuan tubuh menyerap nutrisi menjadi tidak maksimal. Kondisi ini tentu akan memengaruhi daya tahan tubuh kita saat menjalankan ibadah puasa.

4. Makanan Asin

Makanan yang terlalu asin akan memicu naiknya tekanan darah, sehingga bagi pendedita hipertensi dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan saat puasa.

Mengonsumsi makanan asin saat sahur juga akan membuat kita merasa cepat haus dan menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan (dehidrasi).

Garam memiliki kemampuan untuk mengikat air dan menahannya pada sel-sel tubuh. Akibatnya, cairan tubuh tidak tersalurkan ke seluruh tubuh dengan baik.

5. Mie Instan dan Makanan Kaleng

Jika tidak dalam keadaan terpaksa, hindari mengonsumsi mie instan dan makanan kaleng pada saat berbuka maupun sahur.

Mie instan dapat membuat tubuh kita kesulitan dalam menyerap nutrisi makanan. Mengonsumsi mie instan hanya mengenyangkan sementara, sehingga kita akan mudah merasa lapar.

Sedangkan makanan kaleng mengandung nilai gizi yang rendah dibandikan makanan segar, sehingga tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat puasa.

Baca :

Demikian 5 makanan yang wajib dihindari saat puasa Ramadhan. Jika belum bisa menghindari, mungkin kita bisa mengurangi mengonsumsi makanan yang dapat mengganggu kesehatan tubuh selama berpuasa.

Pilihlah menu makanan yang sehat dan seimbang selama berpuasa untuk menjaga daya tahan tubuh. Selamat berpuasa.

Tinggalkan Balasan