5 Makanan Khas Lebaran Idul Fitri Ini Hanya Ada di Indonesia

5 Makanan Khas Lebaran Idul Fitri Ini Hanya Ada di Indonesia

Dvcodes.com – Idul Fitri di Indonesia selalu identik dengan tradisi-tradisi dalam menyambutnya. Salah satu tradisi tersebut adalah menghidangkan makanan khas Idul Fitri.

Makanan khas lebaran sengaja disediakan untuk dinikmati bersama-sama keluarga dan juga disuguhkan bagi tamu yang akan silaturahmi.

Menu makanan Idul Fitri ini menjadi pelengkap hidangan selain jajanan dan cemilan, sehingga menambah keceriaan lebaran.

Ternyata, setiap negara memiliki menu khas lebaran yang berbeda-beda. Indonesia juga mempunyai beberapa makanan khas Idul Fitri.

Berikut ini adalah 5 makanan khas lebaran Idul Fitri yang ada di Indonesia.

1. Rendang

Rendang berasal dari kata “meradang”, yaitu proses memasak santan secara perlahan hingga kering. Pada saat memasak rendang, dibutuhkan waktu cukup lama, sekitar 6 – 8 jam lamanya.

Berdasarkan catatan sejarah, rendang sudah menjadi makanan yang terkenal sejak orang-orang Minang berlayar dan merantau ke Selat Malaka untuk berdagang di abad 16.

Pada waktu itu, mereka memilih rendang untuk bekal makanan berlayar karena kering, sehingga awet untuk disimpan dalam waktu lama.

Ciri khas kekuatan rasa dari rendang adalah pada bumbunya yang kaya akan rempah-rempah. Bumbu alami rendang memiliki sifat antiseptik, sehingga dapat menjadi pengawet alami yang membuat rendang tahan lama.

Bumbu alami rendang adalah santan kelapa dan campuran rempah-rempah yang dihaluskan, seoerti cabai, lengkuas, serai, jahe, kunyit, bawang putih, dan bawang merah.

2. Ketupat

Ketupat sudah menjadi simbol perayaan Idul Fitri di Indonesia. Lebaran menjadi kurang lengkap jika tidak ada hidangan ketupat.

Ketupat adalah makanan berbahan dasar beras yang dibungkus anyaman janur atau daun kepala muda.

Di dalam filosofi Jawa, ketupat tidak hanya sekedar hidangan khas Idul Fitri. Menurut sejarah, ketupat diperkenalkan Sunan Kalijaga pada masyarakat Jawa untuk media penyebaran agama Islam ketika itu.

Baca : 5 Tradisi Idul Fitri di Indonesia yang Selalu Dirindukan

Ketupat adalah kependekan dari kata “ngaku lepat”, yang artinya mengakui kesalahan yang telah diperbuat.

3. Opor Ayam

Opor ayam sering menjadi pilihan makanan khas lebaran, khususnya masyarakat Jawa. Menu masakan ini menjadi pelengkap ketupat yang disajikan pada saat Idul Fitri.

Selain terkenal karena kelezatannya, opor ayam juga mudah untuk dibuat. Kekuatan rasa pada opor ayam adalah kuah santan dan juga olahan ayam di dalamnya.

Ayam menjadi komponen utama dalam masakan ini, sehingga perlu dipilih daging ayam dengan kondisi masig segar. Sedangkan kuah santan dapat diperoleh langsung dari kelapa atau santan kemasan.

4. Soto

Soto juga menjadi salah satu menjadi makanan khas Idul Fitri yang sering dihidangkan pada saat lebaran.

Soto memiliki banyak ragam dan rasa, sehingga tiap daerah di Indonesia memiliki bumbu dan bahan berbeda-beda dalam membuatnya.

Akan tetapi, jenis soto yang biasanya disajikan adalah soto ayam, soto sapi, atau soto babat. Kelezatan dari soto terletak pada kuahnya yang ringan dengan cita rasa asam segar. Kelezatan rasa ini berasal dari bumbu yang digunakan dalam membuat soto, seperti bawang merah, bawang putih, merica, jae, kunyit, dan cabai.

Bumbu yang digunakan untuk pembuatan soto, seperti bawang putih, bawang merah, merica, jahe, kunyit, dan juga cabai.

Isi soto dapat berupa irisan daging ayam atau daging sapi dilengkapi telur, mie, seledri, dan juga irisan bawang merah.

5. Semur Daging

Semur daging menjadi menu masakan yang sering dihidangkan pada saat merayakan Idul Fitri. Semur daging menjadi alternatif makanan untuk yang tidak senang dengan makanan bersantan kental.

Makanan ini sudah ada sejak penjajahan kolonial Belanda, karena sering disajikan sebagai hidangan lebaran pada waktu itu.

Baca : 5 Tradisi Unik Lebaran Idul Fitri di Berbagai Negara

Tiap-tiap daerah memiliki menu semur daging yang berbeda-beda dan menyesuaikan cita rasa daerah setempat.

Akan tetapi, secara umum semur daging diolah dengan bahan-bahan seperti kecap, pala, kayu manis, dan cengkih. Semur daging dapat dinikmati dengan ketupat atau nasi yang hangat.

Demikian 5 makanan khas lebaran Idul Fitri di Indonesia. Semoga dapat menginspirasi untuk pilihan menu hidangan lebaran tahun ini. Selamat merayakan Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin.

Tinggalkan Balasan