5 Tips Sederhana Mencegah Infeksi Virus Corona yang Mematikan

5 Tips Sederhana Mencegah Infeksi Virus Corona yang Mematikan

Dvcodes.com – Dunia saat ini sedang dihebohkan dengan adanya pemberitaan tentang munculnya virus baru yang mematikan bernama Corona.

Episentrum virus Corona (Covid-19) diduga berada di Wuhan, sebuah kota di Tiongkok bagian tengah dan saat ini diyakini sudah menyebar ke beberapa negara di dunia.

Penyebaran virus Corona pada mulanya diduga berasal dari hewan yang kemudian menyebar ke manusia.

Sumber penularannya adalah pasar hewan di kota Wuhan. Dipastikan virus tersebut telah menyebar antar manusia.

Sedikitnya 80 orang tewas akibat serangan Covid-19 dan lebih dari 2.000 orang terinveksi virus ini. Hingga saat ini belum terdapat vaksin yang dapat melindungi manusia dari infeksi virus Corona.

Upaya pencegahan meluasnya dampak virus ini juga sudah dilakukan, karena penularan virus Corona terjadi dengan sangat cepat. Bahkan, tercatat sudah ada 14 negara yang dilaporkan terkena virus Corona.

Alat pengukur panas suhu dan ruang-ruang karantina disiapkan di beberapa bandara sebagai jendela dunia sebuah negara.

Virus 2019-nCov atau dikenal dengan virus Corona merupakan virus dari familiĀ Coronaviridae yang dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia.

Umumnya, virus ini akan menyebabkan infeksi pada hidung, seperti sinus atau tenggorokan pada bagian atas.

5 Tips Sederhana Mencegah Infeksi Virus Corona yang Mematikan

Tidak ada pengobatan khusus pada orang yang terkena virus corona, karena orang akan sembuh dengan sendirinya jika dapat ditangani secara cepat.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meringankan gejala infeksi virus Corona, seperti meminum obat demam, minum banyak air hangat, dan beristirahat.

Di dalam tubuh manusia terdapat interferon, yaitu berupa protein alami yang diproduksi tubuh sebagai respon tubuh dalam melawan senyawa berbahaya, seperti virus.

Jika produksi interferon cukup, maka virus dapat dikendalikan pertumbuhannya dan mati akan mati dengan sendirinya.

Akan tetapi, apabila penderita yang terpapar virus sudah berusia tua dan ada penyakit yang disertai, maka produksi interferon tidak cukup dan virus bisa terus tumbuh menyebar di dalam tubuh.

Berikut ini adalah 5 tips sederhana mencegah infeksi virus Corona yang mematikan.

1. Gunakan sarung tangan ketika akan keluar rumah.

Anda dapat mengunakan sarung tangan untuk cuaca dingin atau sarung tangan khusus saat keluar ruangan. Tetap gunakan sarung tangan ini meskipun Anda sedang berada di dalam bus, kereta, atau tempat-tempat umum lainnya.

2. Cuci tangan selama 20 detik

Lakukan cuci tangan sesering mungkin selama kurang lebih 20 detik dengan sabun dan antiseptik, apalagi ketika Anda selesai dari bepergian.

Pada saat bepergian, Anda akan menyentuh pegangan pintu, pegangan tangga, dan benda lainnya yang dikhawatirkan terkontaminasi virus.

3. Minum hangat untuk mencegah tenggorokan kering

Virus Corona memasuki tubuh melalui tenggorokan, sehingga jangan sampai tenggorokan Anda kering.

Apabila Anda membiarkan tenggorokan kering dalam 10 menit, virus bisa memasuki tenggorokan dan menimbulkan manifestasi. Usahakan agar tenggorokan tetap moist dan lembab dengan sering minum air hangat.

4. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut saat tangan kotor

Pada saat tangan Anda kotor setelah melakukan aktivitas, maka sebisa mungkin hindari menyentuh area wajah, seperti mata hidung, dan juga mulut.

Lakukan cuci tangan sebersih mungkin ketika tangan Anda kotor, untuk mencegah virus masuk ke tubuh.

5. Hindari kontak langsung dengan penderita

Sebisa mungkin hindari kontak dengan penderita yang terpapar virus. Apabila terjadi wabah, hindari kerumunan dan jaga jarak dengan orang lain sekitar 1,5 meter.

Apabila penderita bersin atau batuk, minta mereka memakai masker untuk melindungi Anda atau segera menjauh dari orang tersebut.

Baca juga :

Demikian 5 tips sederhana mencegah infeksi virus Corona yang mematikan. Semoga bermanfaatt.

Tinggalkan Balasan