8 Aplikasi Pembelajaran Daring Online Terbaik di Masa Pandemi

8 Aplikasi Pembelajaran Daring Online Terbaik di Masa Pandemi

Dvcodes.com. Aplikasi pembelajaran daring sangat diperlukan dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Di dalam kondisi apa pun, pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan tetap harus dilakukan, tidak terkecuali selama masa darurat Covid-19.

Terkait dengan kondisi tersebut, maka Kemendikbud telah melakukan berbagai upaya agar kebutuhan pendidikan untuk peserta didik tetap terpenuhi, salah satunya adalah memberikan layanan aplikasi pembelajaran daring.

Aplikasi pembelajaran daring (online) ini diharapkan dapat memfasilitasi pembelajaran jarak jauh. sehingga proses belajar dari rumah dapat berlangsung lebih efisien.

Pembelajaran daring merupakan salah satu bentuk Belajar Dari Rumah yang dapat diterapkan guru selama masa pandemi Covid-19. Akibat pandemi Covid-19, pemerintah melarang pelaksanaan pembelajaran tatap muka, khususnya untuk wilayah yang dinyatakan dalam zona kuning, orange, dan merah.

Pembelajaran di rumah secara daring (online) dapat dilakukan dengan menggunakan gawai (gadget) maupun laptop melalui beberapa portal dan aplikasi pembelajaran daring.

Proses pembelajaran daring terdiri atas tatap muka virtual dan LMS (Learning Management System). Tatap muka virtual dapat dilakukan melalui video conferenceteleconference dan diskusi dalam group di media sosial atau aplikasi pesan.

Di dalam tatap muka virtual memastikan adanya interaksi secara langsung antara guru dengan peserta didik. LMS adalah sistem pengelolaan pembelajaran terintegrasi secara daring melalui aplikasi.

Berikut ini adalah 8 aplikasi pembelajaran daring (online) terbaik di masa pandemi Covid-19.

1. Rumah Belajar

Rumah Belajar adalah aplikasi belajar daring Kemendikbud yang bertujuan untuk menyediakan alternatif sumber belar semua jenjang dengan memanfaatkan teknologi yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Rumah belajar menyediakan bahan belajar dan fasilitas komunikasi yang menudkung interaksi antar komunitas. Terdapat beberapa fitur dalam aplikasi Rumah Belajar, seperti Sumber Belajar, Laboratorium Mata, Kelas Digital. Bank Soal, dan Buku Sekolah Elektronik.

Alamat link : https://belajar.kemdikbud.go.id/

2. Quipper School

Quipper School merupakan platform sekolah digital gratis. Melalui aplikasi ini, guru dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, dan nilai peserta didik secara daring.

Sedangkan peserta didik dapat mengerjakan tugas dan ujian secara lebih mudah. Aplikasi Quipper School menggunakan teknologi manajemen kelas digital (LMS).

Alamat link : https://quipper.com/id/school/

3. Zenius

Aplikasi Zenius memiliki program belajar mandiri di rumah dan menyediakan banyak video materi pelajaran lengkap mulai dari jenjang SD, SMP, dan SMA. Konten belajar daring yang disediakan oleh Zenius juga banyak diminati oleh peserta didik.

Alamat link : https://www.zenius,net/

4. Ruangguru

Ruang Guru merupakan salah satu aplikasi layanan belajar yang berbasis teknologi modern. Terdapat banyak layanan digital dalam Ruang Guru, antara lain kelas virtual, ujian daring, video belajar berlangganan, market, dan  juga les privat.

Alamat link : https://ruangguru.com/belajar

5. Kelas Pintar

Kelas Pintar adalah salah satu penyedia sistem pendukung pendidikan di era digital yang menggunakan teknologi terkini untuk membantu pembelajaran secara online.

Kelas Pintar menghadirkan personalisasi Dashboard untuk peserta didik, guru, dan orangtua. Aplikasi ini berisi materi Kurikulum 2013 yang disajikan secara interaktif.

Alamat link : https://www.kelaspintar/id/

6. Sekolahmu

Sekolahmu merupakan aplikasi layanan pembelajaran tanpa batas yang didalamnya tersedia layanan live streaming mata pelajaran tertentu sesuai jenjang yang disediakan. Terdapat ratusan sekolah dan organisasi yang sudah bergabung dengan aplikasi pembelajaran ini.

Alamat link : https://www.sekolah.mu/

7. Google Suite for Education

Google Suite for Education memberikan serangkaian alat berbasis cloud untuk pendidikan dasar dan menengah, pendidikan tinggi nonprofit, dan home school. 

Layanan Google Suite for Education meliputi aplikasi pesan dan kolaborasi, seperti Gmail, Google Drive, Google Classroom, dan Calendar.

Alamat link : https://gsuite.google.com/

8. Microsoft Office 365

Microsoft telah menyediakan layanan Office 365 yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh guru dan peserta didik. Office 365 dapat diakses secara mudah dan diperbaharui realtime, termasuk MS Word, MS Excel, Power Point, OneNote, dan Microsoft Teams. Guru dan peserta didik hanya perlu menyiapkan alamat email aktif dengan domain sekolah.

Alamat link : https://www.microsoft.com/id-id/education/products/office

Demikian 8 aplikasi pembelajaran daring online terbaik di masa pandemi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan