8 Bahan Alami yang Efektif Mengusir Lalat dari Rumah

8 Bahan Alami yang Efektif Mengusir Lalat dari Rumah

Dvcodes.com. Lalat, selain kehadirannya mengganggu, juga bisa berbahaya bagi kesehatan karena membawa berbagai jenis penyakit. Rasa khawatir akan timbul, jika ada lalat yang hinggap pada makanan atau minuman yang kita konsumsi.

Lalat adalah serangga yang membawa cukup banyak kuman. Serangga ini membawa kurang lebih 100 jenis kuman pada tubuhnya. Wajar saja jika kita harus menghindari berinteraksi dengan hewan tersebut.

Kuman-kuman yang menempel pada tubuh lalat dapat menyebabkan terjadinya beberapa penyakit berbahaya, misalnya tipus, tuberkolosis, diare, dan antraks.

Lalat termasuk hewan yang sulit diusir dengan cara biasa. Serangga ini biasanya akan datang kembali ke tempat semula, jika hanya diusir dengan cara yang biasa.

Sebenarnya, ada beberapa bahan alami yang efektif untuk mengusir lalat dari rumah. Bahan-bahan alami ini tidak sulit ditemukan dan penggunaannya juga cukup mudah untuk mengusir lalat yang berkeliaran di rumah Anda.

Cara mengusir lalat menggunakan bahan alami dijamin akan membuat serangga tersebut tidak kembali lagi, sehingga Anda akan terbebas dari gangguan lalat.

Berikut adalah 8 bahan alami yang efektif mengusir lalat dari rumah, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Irisan Daun Pandan

Daun pandan dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengusir lalat dari rumah. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menyiapkan beberapa helai daun pandan kemudian diris sampai halus. Irisan halus daun pandan tersebut, selanjutnya diletakkan pada piring atau mangkuk.

Simpan piring atau mangkuk yang sudah berisi irisan daun pandan di tempat yang banyak dihinggapi lalat, maka lalat akan menjauh pergi. Aroma wangi yang dihasilkan dari daun pandan, membuat lalat tidak berani mendekat.

2. Rendaman Cengkeh

Cengkeh memiliki aroma yang tidak disukai oleh lalat. Anda cukup merendam beberapa biji cengkeh ke dalam semangkuk air. Kemudian rendaman biji cengkeh tersebut diletakkan pada tempat yang banyak lalat.

3. Bunga Lavender

Selain efektif untuk mengusir nyamuk, ternyata bunga lavender juga ampuh untuk mengusir lalat. Anca cukup menyimpan beberapa tangkai bunga lavender di dalam rumah, khususnya di sudut-sudut rumah yang sering dihinggapi lalat.

Dengan segera, lalat-lalat tersebut akan pergi menjauh karena tidak suka dengan aroma wangi yang dikeluarkan oleh bunga lavender.

4. Paduan Jeruk Lemon dan Cengkeh

Aroma yang tajam dari jeruk lemon dan cengkeh, menjadikan lalat akan pergi menjauh. Caranya sangat mudah, yaitu potong jeruk menjadi dua atau empat bagian.

Selanjutnya, tancapkan beberapa biji cengkeh pada setiap potongan tersebut. Letakkan potongan-potongan jeruk lemon tadi ke tempat yang sering didatangi lalat.

4. Garam

Garam juga dapat menjadi bahan alami yang efektif untuk mengusir lalat. Anda cukup menaburkan garam pada daerah yang sering dihinggapi lalat.

Untuk lebih efektif, garam dapat dicampur dengan bubuk kunyit. Selain mengusir lalat, campuran garam dan bubuk kunyit juga ampuh mengusir semut yang mengganggu.

5. Bawang Putih

Bawang putih mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disenangi oleh lalat. Anda cukup menghaluskan beberapa siung bawang putih untuk mendapatkan minyaknya. Selanjutnya taburkan garam di atas bawang putih yang sudah dihaluskan tadi,

Campurkan bawang putih dengan air dan masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan campuran tersebut pada tempat-tempat yang dihinggapi lalat.

6. Daun Kemangi

Daun kemangi umumnya dijadikan sebagai lalapan atau sebagai campuran makanan berkuah. Akan tetapi, daun kemangi juga dapat menjadi bahan alami pengusir lalat.

Caranya sangat mudah. Celupkan kemangi ke dalam gelas atau wadah berisi air, kemudian letakkan pada area yang sering didatangi oleh lalat.

7. Kulit Jeruk

Ekstrak kulit jeruk dikenal ampuh untuk mengusir lalat. Aroma kuat yang dihasilkan oleh kulit jeruk sangat tidak disukai lalat.

Anda cukup meletakkan potongan kulit jeruk pada tempat-tempat yang dihinggapi lalat dan lalat akan segera pergi menjauh.

8. Daun Pepaya

Daun pepaya juga dipercaya dapat membantu mengusir lalat di rumah. Aroma khas dari daun pepaya yang sudah diremas akan membuat lalat tidak berani mendekat.

Demikian 8 bahan alami yang efektif mengusir lalat dari rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan