Aplikasi Buku Kerja Guru Kurikulum 2013 Lengkap

Guru memiliki peran penting dalam pembelajaran Kurikulum 2013. Tugas guru dalam Kurikulum 2013 mencakup tiga hal, yaitu berkaitan dengan tugas profesional, tugas sosial, dan tugas personal.

Tugas profesional guru meliputi mendidik. mengajar, membimbing, dan meneliti (riset). Mendidik artinya meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup.

Mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Membimbing berarti mengembangkan ketrampilan-ketrampilan peserta didik. Sedangkan meneliti untuk pengembangan kependidikan.

Tugas sosial guru terkait dengan fungsi guru sebagai orangtua kedua bagi peserta didik dan figur panutan di dalam masyarakat.

Di dalam masyarakat, guru juga memiliki kewajiban untuk mencerdaskan masyarakat menuju pembentukan manusia seutuhnya.

Baca : Instrumen Penilaian Kinerja Guru PKG Terbaru 2019

Sedangkan tugas personal menyangkut pemahaman pribadi guru sebagai pendidik, meliputi konsep diri, ide diri, dan juga realita diri pada guru.

Untuk dapat melaksanakan ketiga tugas tersebut, khususnya tugas sebagai tenaga profesional, maka guru perlu memiliki kelengkapan pembelajaran.

Salah satu kelengkapan pembelajaran yang harus dimiliki guru dalam Kurikulum 2013 adalah Buku Kerja Guru. 

Buku Kerja Guru merupakan buku panduan yang disusun sebagai pedoman kinerja seorang guru. Dengan demikian, di dalam Buku Kerja Guru memuat perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan tindak lanjut pembelajaran yang dilakukan guru dalam periode waktu tertentu.

Buku Kerja Guru berisi seperangkat berkas yang dibuat oleh guru berkaitan dengan tugasnya sebagai guru kelas atau guru mata pelajaran dalam implementasi Kurikulum 2013. Secara sederhana, Buku Kerja Guru ini diistilahkan dengan perangkat pembelajaran.

Sebagai tindak lanjut revisi yang dilakukan oleh Kemendikbud terhadap Standar Isi, Buku Guru, dan Buku Siswa, maka guru perlu segera menyusun Buku Kerja Guru.

Buku Kerja Guru ini selanjutnya akan menjadi pedoman tertulis guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai rencana yang sudah disusun.

Aplikasi Buku Kerja Guru Kurikulum 2013 Lengkap dan Praktis

Di dalam membantu Bapak/Ibu Guru menyusun perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan tindak lanjut pembelajaran, maka berikut ini admin bagikan Aplikasi Buku Kerja Guru Kurikulum 2013 Lengkap.

Aplikasi ini memuat semua hal yang dibutuhkan guru dalam mengajar yang saling teintegrasi, termasuk di dalamnya terdapat data diri guru dan data diri peserta didik yang harus diisi.

Aplikasi Buku Kerja Guru Kurikulum 2013 yang admin bagikan terdiri dari empat bagian utama, yaitu Buku Kerja 1, Buku Kerja 2, Buku Kerja 3, dan Buku Kerja 4.

Masing-masing bagian buku kerja tersebut memiliki beberapa fitur yang dapat dipilih dan diisi oleh Bapak/Ibu guru dengan mudah.

Berikut ini adalah fitur aplikasi Buku Kerja Guru Kurikulum 2013.

  1. Menu utama
  2. Data Isian Siswa
  3. Daftar Isi
  4. Cover Buku

Buku Kerja 1

  1. Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
  2. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
  3. Silabus
  4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  5. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Buku Kerja 2

  1. Kode Etika
  2. Ikrar Guru
  3. Tata Tertib (Tatib)
  4. Pembiasaan
  5. Kalender Pendidikan (Kaldik)
  6. Alokasi Waktu
  7. Program Tahunan (Prota)
  8. Program Semester (Promes)

Buku Kerja 3

  1. Absensi
  2. Jadwal Mengajar
  3. Penilaian
  4. Daya Serap Siswa
  5. Jurnal Pembelajaran
  6. Daftar Buku Pegangan Guru/Siswa
  7. Analisi Butir Soal Ulangan Akhir Semester (UAS)
  8. Analisis Ulangan dan Pengayaan
  9. Soal dan Kisi-kisi Soal

Buku Kerja 4

  1. Program Evaluasi Diri
  2. Program Tindak lanjut
  3. Daftra Pustaka

Download Aplikasi Buku Kerja Guru Kurikulum 2013 lengkap pada link berikut.

APLIKASI BUKU KERJA GURU KURIKULUM 2013 (K13)

Demikian yang dapat admin bagikan terkait aplikasi Buku Kerja Guru Kurikulum 2013. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan