Aplikasi Pengolah Nilai MI MTs MA Tahun Pelajaran 2020/2021

Aplikasi Pengolah Nilai MI MTs MA Tahun Pelajaran 2020/2021

Dvcodes.com. Aplikasi pengolah nilai diperlukan untuk membantu guru dalam mengolah nilai peserta didik secara efektif, sehingga memperoleh nilai akhir secara otomatis.

Berikut adalah aplikasi pengolah  nilai MI MTs MA Tahun Pelajaran 2020/2021. Aplikasi ini dapat berfungsi untuk membantu dalam pengolahan nilai peserta didik pada jenjang MI, MTs, dan MA Tahun Pelajaran 2020/2021.

Aplikasi pengolah hasil belajar tersebut akan menghasilkan penilaian akhir secara otomatis dan sudah lengap dengan fitur cetaknya.

Oleh karena itu, Bapak/Ibu Guru dapat memanfaatkan aplikasi ini dalam mempermudah mengolah hasil belajar peserta didik untuk pelaporan hasil belajar kepada orangtua/wali.

Baca : Contoh Cara Pengisian Aplikasi SKP Guru Tahun 2020 2021

Pencapaian aasil belajar peserta didik perlu mendapatkan penilaian, untuk pelaporan oleh guru kepada orangtua/wali peserta didik sebagai implementasi salah satu tugas pokok guru.

Penilaian hasil belajar merupakan kegiatan pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian proses belajar peserta didik.

Tujuan penilaian hasil belajar oleh pendidik adalah untuk memantau dan mengevaluasi proses dan kemajuan belajar. Penilaian hasil belajar juga sebagai umpan balik dalam melakukan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.

Tahapan penilaian hasil belajar mulai dari merencanakan penilaian, menyusun instrumen, melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan, serta melaporkan hasil penilaian tersebut.

Proses penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat, dan cepat apabila menggunakan perangkat aplikasi.

Cara Penggunaan Aplikasi

Berikut ini adalah cara menggunakan aplikasi pengolah nilai MI MTs MA tahun 2021. 

1. Aktifkan Macro

Klik File -> Options -> Trust Center -> Trust Center Setting -> Macro Settings -> Enable All Macros

2. Isi form data lembaga dengan benar (pembatasan pada 150 peserta didik)

3. Isi Nilai Rapor Semester 1 hingga Semester 5 dan Nilai Ujian Akhir dengan cara klik masing-masing form pada Menu. Nilai Rapor terdiri dari Nilai Pengetahuan dan Nilai Keterampilan, yang bisa diambilkan dari leger aplikasi ARD.

4. Pada Sub Menu Cetak, terdapat DKN, Surat Keterangan Lulus, SKHU Sementara, serta Ijazah Bagian Depan dan Belakang.

5. Format kertas diseting untuk ukuran kertas F4/Folio.

Aplikasi Pengolah Hasil Belajar MI MTs MA Tahun Pelajaran 2020/2021 selengkapnya, silakan unduh pada link berikut ini.

Aplikasi Pengolah Nilai MI MTs MA  – Unduh

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai aplikasi pengolah nilai MI MTs MA tahun pelajaran 2020/2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *