Aplikasi Rapor Kelas 6 SD Semester 2 K13 Revisi Tahun 2020

Dvcodes.com Aplikasi Rapor Kelas 6 SD Semester 2 K13 dapat digunakan untuk membantu guru dalam mengolah nilai peserta didik kelas 6 SD pada Kurikulum 2013.

Aplikasi Rapor kelas 6 SD semester 2 K13 revisi tahun 2020 ini berbentuk Excel untuk mengolah nilai pengetahuan dan nilai keterampilan sebagai hasil belajar peserta didik.

Hasil belajar yang dicapai peserta didik perlu dinilai oleh guru sebagai implementasi salah satu tugas pokok guru, yaitu melakukan evaluasi (penilaian).

Penilaian hasil belajar merupakan kegiatan pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menetukan pencapaian proses belajar yang dilakukan peserta didik.

Terdapat tiga aspek atau ranah belajar yang dinilai dalam kegiatan pembelajaran, yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.

Ranah kognitif berkaitan dengan hasil belajar yang berupa pengetahuan, kemampuan dan kemahiran intelektual.

Beberapa kategori ranah kognitif adalah pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehension), penerapan (application), analisis (analysis), sintesis (syntesis), dan penilaian (evaluation).

Ranah afektif berhubungan dengan sikap, perasaan, dan minat. Kategori dalam ranah afektif, yaitu penerimaan (receiving), penanggapan (responding), penilaian (valuing), pengorganisasian (organization), dan pembentukan pola hidup.

Ranah psikomotorik terkait dengan kemampuan fisik, seperti keterampilan motorik dan saraf, manipulasi objek dan koordinasi saraf.

Kategori ranah psikomotorik adalah persepsi (perception), kesiapan (sets), gerakan terbimbing (guided respons), penyesuaian (adaptation), dan kreativitas.

Penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses dan kemajuan belajar.

Penilaian hasil belajar juga berfungsi sebagai umpan balik dalam melakukan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.

Penilaian hasil belajar dimulai dengan merencanakan penilaian, menyusun instrumen, melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan, serta melaporkan hasil penilaian tersebut. Laporan hasil belajar inilah yang sering disebut dengan rapor.

Komponen penting dalam implementasi Kurikulum 2013 tersebut adalah pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang berbasis proses dan otentik.

Baca :

Penilaian berbasis proses dan otentik ini bertujuan untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang memadai pada peserta didik.

Dibutuhkan sarana yang efektif dan memadai untuk menindaklanjuti dan memanfaatkan proses pembelajaran serta hasil penilaian sesuai harapan dari Kurikulum 2013.

Proses penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat, dan cepat dilakukan apabila didukung dengan perangkat aplikasi komputer.

Aplikasi Rapor Kelas 6 SD Semester 2 K13 Revisi Tahun 2020

Di dalam membantu Bapak/Ibu Guru mengolah nilai hasil belajar, berikut dibagikan aplikasi rapor kelas 6 SD Semester 2 K13 revisi tahun 2020.

Aplikasi rapor kelas 6 SD Kurikulum 2013 ini berbentuk Excel dengan desain sederhana, sehingga memudahkan Bapak/Ibu Guru dalam melakukan pengisian data.

Bapak/Ibu hanya diminta untuk menginput data pokok yang diperlukan dalam penilaian hasil belajar berupa nilai pengetahuan dan nilai keterampilan.

Nilai pengetahuan yang dimasukkan berupa nilai ulangan harian, nilai penilaian tengah semester (PTS), dan nilai ulangan akhir semester (UAS).

Sedangkan nilai keterampilan yang dimasukkan adalah nilai praktik, nilai produk, dan nilai proyek.

Untuk data peserta didik, Bapak/Ibu Guru dapat mengambil data dari Kartu Keluarga yang dimiliki peserta didik.

Nilai akhir (aspek pengetahuan dan keterampilan) serta rumusan deskripsi akan muncul secara otomatis, setelah Bapak/Ibu Guru menginput nilai.

Aplikasi rapor kelas 6 SD semester 2 K13 revisi tahun 2020 dapat di unduh di sini.

Aplikasi rapor SD Kurikulum 2013 lainnya dapat di unduh pada lik di bawah ini.

  • Aplikasi Rapor Kelas 1 SD K13 (Unduh)
  • Aplikasi Rapor Kelas 2 SD K13 (Unduh)
  • Aplikasi Rapor Kelas 3 SD K13 (Unduh)
  • Aplikasi Rapor Kelas 4 SD K13 (Unduh)
  • Aplikasi Rapor Kelas 5 SD K13 (Unduh)

Demikian yang dapat dibagikan mengenai aplikasi rapor kelas 6 SD semester 2 K13 revisi tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply