Begini Cara Cek Nama Penerima Bansos Secara Online

Begini Cara Cek Nama Penerima Bansos Secara Online

Dvcodes.com – Jika sebelumnya masyarakat harus datang ke Dinas Sosial untuk menanyakan apakah masuk ke daftar penerima bansos, sekarang tidak perlu lagi.

Pemerintah sudah menyediakan web yang berisi tentang data masyarkaat penerima bantuan sosial tersebut.

Cara cek nama penerima Bantual Sosial dapat dilakukan melalui online pada laman https://cekbansos.siks.kemsos.go.id.

Upaya pemerintah menyediakan website untuk cek nama penerima bansos ini agar ada transparansi dalam penyalurannya. Masyarakat juga bisa ikut terlibat dalam mengawasi bantuan dari pemerintah tersebut.

Dengan demikian, bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat tertentu akan tepat sasaran dan tidak salahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Cara Cek Nama Penerima Bansos Secara Online

Untuk mengetahui kita terdaftar sebagai penerima bansos atau tidak, maka perlu dilakukan cek nama penerima bansos secara online.

Ada tiga jenis data yang dapat dilakukan untuk cek nama penerima bansos secara online, yaitu Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Bansos Pangan/Karti Keluarga Sejahtera (BPS/KKS) Rastra/BPNT, dan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBIJK).

Di dalam pencarian secara online tersebut, akan diketahui apakah nama kita terdaftar di sistem. Jika ada namanya, maka kita termasuk sebagai penerima bansos dari pemerintah. Sebalinya, jika tidak keluar nama kita, maka tidak termasuk yang berhak menerima bansos.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan cek nama penerima bantuan sosial secara online.

1.Buka website https://cekbansos.siks.kemsos.go.id./kemsos/pencarian, sehingga akan muncul tampilan seperti berikut.

2. Pilih jenis bansos yang ingin kita cek kepesertaannya. Misalkan kita akan melakukan cek kepesertaan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (BPI JK) atau KIS, maka kita pilih NOMOR PBI JK/KIS pada kolom PILID ID.

3. Isi kolom NOMOR PBI JK/KIS dengan nomor KIS kita. Pengisian nomor KIS harus sesuai dengan yang tertera di kartu kepsertaan.

4. Isi kolom NAMA PESERTA dengan nama sesuai yang tertera pada Kartu KIS.

5. Isi Kode Keamanan (Captha) sesuai karakter yang muncul.
6. Klik CARI. Jika berhasil, akan muncul tampilan data seperti berikut.

Demikian cara cek nama penerima bansos secara online. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan