Begini Cara Mengembalikan Kemampuan Indra Penciuman yang Hilang

Begini Cara Mengembalikan Kemampuan Indra Penciuman yang Hilang 

Dvcodes.com.  Hidung adalah salah satu alat indra manusia yang berfungsi sebagai indra penciuman atau pembau. Sebagai indra pembau, hidung  memiliki kemampuan merespon atau mendeteksi berbagai macam bau di luar tubuh.

Struktur hidung terdiri atas beberapa bagian, yaitu rongga hidung, lubang dan bulu hidung, selaput lendir, tulang rawan, dan saraf pendeteksi bau.

Proses penciuman terjadi pada saat bau yang masuk ke dalam hidung diterima oleh sel-sel saraf pendeteksi bau. Sel-sel saraf pembau tersebut selanjutnya mengirimkan sinyal ke otak untuk diolah, sehingga kita bisa mengetahui jenis bau dari zat kimia tersebut.

Indra pembau dapat mengalami beberapa gangguan, salah satunya adalah hilangnya kemampuan untuk mencium bau. Gangguan ini dalam istilah medis disebut dengan istilah anosmia. Kondisi  tersebut juga dapat menghilangkan kemampuan untuk merasakan makanan.

Anosmia dapat memengaruhi kehidupan seseorang, karena selain tidak dapat mencium bau dan merasakan makanan, penderitanya juga mengalami penurunan napsu makan, malnutrisi, hingga depresi.

Kehilangan kemampuan membau ini dapat bersifat sementara dan juga jangka panjang. Anosmia dalam jangka panjang bisa jadi merupakan tanda penyakir serius, sehingga perlu diperiksakan lebih lanjut ke dokter.

Covid-19 Penyebab Hilangnya Kemampuan Membau

Terdapat beberapa laporan yang mengatakan bahwa infeksi virus Corona atau Covid-19 telah menyebabkan melemahnya indra penciuman seseorang.

Pada awalnya, sulit untuk memahami tingkat akurasi laporan tersebut, karena penderita flu juga dapat mengalami kehilangan indra penciuman.

Akan tetapi dengan cepat para pakar kesehatan menyadari bahwa hilangnya indra penciuman menjadi salah satu gejala dari infeksi virus tersebut, lebih parah dari sekadar hidung tersumbat saat flu.

Bahkan, berdasarkan penelitian ditemukan setelah dari jumlah pasian positif Covid-19 mengalami gejala yang sama, yaitu kehilangan indra pembau atau anosmia. Meskipun demikian, gejala anosmia pada sebagian besar pasien Covid-19 hanyalah bersifat sementara.

Cara Mengembalikan Hilangnya Kemampuan Indra Penciuman

Kehilangan penciuman menjadi gejala utama seseorang terinfeksi virus Corona untuk saat ini. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah mengkategorikan hilangnya kemampuan membau sebagai sebuah gejala baru yang dialami beberapa pasien Covid-19.

Beberapa orang mengalami kehilangan kemampuan penciuman pada awal tertular Covid-19. Sedangkan beberapa orang lainnya, gejala tersebut muncul setelah gejala lainnya hilang.

Untuk dapat mengembalikan kemampuan indra penciuman, ada latihan sederhana yang dapat dilakukan. Seseorang dapat mengendus minimal empat bau berbeda dalam dua kali sehari.

Latihan ini bertujuan untuk membantu memulihkan kemampuan otak mengatur ulang dirinya sendiri, terutama dalam hal merespon sinyal bau.

Kita dapat menggunakan berbagai alat pelatihan penciuman, termasuk bau-bauan yang berbeda, misalnya katu putih, kayu manis, lemon, bunga mawar, kopi, coklat, bunga lavender, dan stroberi.

Demikian cara sederhana untuk mengembalikan hilangnya kemampuan indra pembau. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *