Bukti Fisik PKKS Tahun 2020 2021 : Laporan Administrasi K7

Bukti Fisik PKKS Tahun 2020 2021 : Laporan Administrasi K7

Dvcodes.com. Berikut ini dibagikan contoh laporan administrasi K17 untuk bukti fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah PKKS Tahun 2020 2021.

Contoh laporan administrasi K7 PKKS tahun 2020 2021 ini dapat dikembangkan dan disempurnakan sendiri sesuai kebutuhan dan kondisi sekolah masing-masing.

Di dalam Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, disebutkan bahwa Penilaian Kinerja Kepala sekolah setiap masa periode dilaksanakan dalam kurun waktu 4 (empat) tahun.

Sesuai ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah pasal 12 ayat (1) s.d ayat (10) diantaranya diatur bahwa Penilaian Kinerja Kepala Sekolah setiap masa periode dilaksanakan dalam kurun waktu 4 tahun.

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah merupakan salah satu strategi pembinaan untuk menjaga profesionalitas kepala sekolah dalam melaksanakan tugas, melakukan pembinaan karir, serta peningkatan kompetensi dan penjaminan mutu.

Unsur strategi dalam peningkatan mutu pendidikan adalah standar pendidik dan  tenaga kependidikan. Fokus utamanya adalah bagaiman meningkatkan kemampuan profesional kepala sekolah secara terencana melalui proses perbaikan mutu secara berkelanjutan.

Dengan demikian, perkembangan mutu satuan pendidikan perlu dipetakan secara berkala, sehingga terwujud profil kepala sekolah berbasis data hasil pengukuran. Pemetaan mutu tersebut dapat dilakukan melalui Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS).

Standar Minimal Prosedur Tugas Kepala Sekolah

Kepala sekolah memiliki tugas yang kompleks dan berperan penting terhadap peningkatan mutu satuan pendidikan yang dipimpinnya.

Standar minimal prosedur tugas kepala sekolah dapat dikelompokkan menjadi tujuh tugas pokok, sebagai berikut.

1. Kepala Sekolah sebagai Pendidik

2. Kepala Sekolah sebagai Manajer

3. Kepala Sekolah sebagai Administrator

4. Kepala Sekolah sebagai Supervisor

5. Kepala Sekolah sebagai Pemimpin

6. Kepala Sekolah sebagai Inovator

7. Kepala Sekolah sebagai Motivator

Bukti Fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah

Di dalam Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS), terdapat 6 (enam) dokumen bukti fisik yang akan diperiksa oleh tim penilai (pengawas).

Bukti fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah tersebut sebagai berikut.

1. Bukti Fisik Komponen 1 : Kepribadian dan Sosial

2. Bukti Fisik Komponen 2 : Kepemimpinan Pembelajaran

3. Bukti Fisik Komponen 3 : Pengembangan Sekolah

4. Bukti Fisik Komponen 4 : Manajemen Sumber Daya

5. Bukti Fisik Komponen 5 : Kewirausahaan

6. Bukti Fisik Komponen 6 : Supervisi Pembelajaran

Laporan Administrasi K7 PKKS Tahun 2020 2021

DI bawah ini adalah contoh laporan Administrasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Tahun 2020 2021.

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten ………….. Tahun 20…. yang mendorong terciptannya lingkungan sekolah yang bersih dan upaya seluruh warga sekolah untuk melestarikan lingkungan hidup sebagai tempat peningkatan dan meningkatkan kesadaran warga sekolah terutama meningkatkan rasa tanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan, maka SMP Negeri ……….. berupaya untuk menerapkan program Ketaqwaan, Kebersihan, Keindahan, Kerindangan, Kerapian, Ketertiban, dan Keamanan  melalui program 7K di sekolah.

Dalam program ini di harapkan seluruh warga SMP Negeri ……….., mulai dari Kepala Sekolah, Guru, Karyawan, Siswa, serta masyarakat di sekitar sekolah ikut terlibat dalam menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, berwawasan lingkungan serta menghindari dampak lingkungan yang negative.

Untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, maka semua warga sekolah SMP Negeri ……….. harus sadar akan membuang sampah yang baik, yaitu pada tempatnya. Dengan demikian, diberlakukanlah satu program khusus yaitu Program kegiatan 7K (Ketaqwaan, Kebersihan, Keindahan, Kerindangan, Kerapian, Ketertiban, dan Keamanan).

Penyusunan dan pelaksanaan program 7K ini akan merupakan bagian dari program sekolah dan dalam pelaksanaannya, semua unsur sekolah baik siswa, guru dan karyawan sangat berpengaruh dalam kesuksesan program ini. Untuk itu penerapan disiplin bagi semua unsur sekolah merupakan prioritas.

Kegiatan ini berlaku untuk seluruh tingkat, tiap-tiap kelas diberi  jatah  kapling untuk dirawat dan dibersihkan. Kapling-kapling tersebut menjadi tanggung jawab kelas yang ditunjuk. Kegiatan yang dapat dikerjakan adalah menyapu,memangkas, dan menyirami.

Dengan diadakannya program 7K tiap hari sabtu, dapat mengkondisikan sekolah agar selalu terlihat hijau,rapi, dan bersih. Dengan bersih, rapi, dan hijaunya lingkungan sekolah, maka diharapkan SMP Negeri ……….. bisa mewujudkan 7K (Ketaqwaan, Kebersihan, Keindahan, Kerindangan, Kerapian, Ketertiban, dan Keamanan)

B. Indentifikasi Masalah

Dari pokok permasalahan yang akan di bahas dalam program ini adalah bagaimana SMPN ……….. bisa melaksanakan program Ketaqwaan, Kebersihan/Kesehatan, Ketertiban/Kerapihan, Keindahan/Kerindangan melalui program 7K yang sangat berperan penting dalam mewujudkan sekolah berbasis lingkungan.

Selain pelaksanaan di dalam program ini juga akan di bahas peserta didik yang terlibat dalam program Ketaqwaan, Kebersihan/Kesehatan, Ketertiban/Kerapihan, Keindahan/Kerindangan yang dilaksanakan baik di dalam kelas maupun di luar kelas demi terwujudnya sekolah yang ramah lingkungan, dan peserta didik yang peduli lingkungan menjadi lingkungan yang asri dan enak dan pandang.

C. Tujuan

Tujuan diadakannya program Ketaqwaan, Kebersihan/Kesehatan, Ketertiban/Kerapihan, Keindahan/Kerindangan melalui program 7K di SMP Negeri ……….. adalah agar semua warga sekolah yaitu guru, peserta didik serta masyarakat non pendidikan ikut memelihara lingkungan yang berwawaskan lingkungan, di mana program 7K ini  dilaksanakan hari sabtu berbarengan dengan hari bersih-bersih (sabtu bersih). Tujuan dari program ini juga untuk meningkatkan ketaqwaan peserta didik dalam menjalankan kebersihan, keindahan, kerapian, kerindangan, ketertiban dan keamanan.

……

Contoh laporan administrasi K7 bukti fisik PKKS tahun 2020 2021 selengkapnya dapat diunduh di sini.

Contoh bukti fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah PKKS tahun 2020 2021 lainnya dapat diunduh pada link di bawah ini.

  1. Laporan Analisis SWOT – Unduh
  2. Angket Manajemen Kepala Sekolah – Unduh
  3. Buku Pembinaan Guru – Unduh
  4. Buku Pembinaan Tata Usaha – Unduh
  5. SK Tim Pengembang Sekolah – Unduh
  6. Rencana Kerja Tahunan Sekolah – Unduh
  7. Evaluasi Diri Sekolah – Unduh
  8. Agenda Harian Kepala Sekolah – Unduh
  9. Laporan Monitoring dan Evaluasi – Unduh
  10. Laporan Peningkatan Kompetensi Guru – Unduh
  11. Program Kerjasama dengan Lembaga Lain – Unduh
  12. Laporan KKG MGMP – Unduh
  13. Laporan Program Supervisi Akademik – Unduh
  14. Format Struktur Organisasi Sekolah – Unduh
  15. Laporan Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan – Unduh

Demikian contoh laporan administrasi K7 untuk bukti fisik PKKS tahun 2020 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan