Bukti Fisik PKKS Tahun 2020 2021 : Laporan Analisis SWOT

Bukti Fisik PKKS Tahun 2020 2021 : Laporan Analisis SWOT

Dvcodes.com. Berikut ini dibagikan contoh laporan analisis SWOT untuk bukti fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah PKKS Tahun 2020 2021.

Contoh laporan analisis SWOT PKKS tahun 2020 2021 ini dapat dikembangkan dan disempurnakan sendiri sesuai kebutuhan dan kondisi sekolah masing-masing.

Di dalam Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, disebutkan bahwa Penilaian Kinerja Kepala sekolah setiap masa periode dilaksanakan dalam kurun waktu 4 (empat) tahun.

Sesuai ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah pasal 12 ayat (1) s.d ayat (10) diantaranya diatur bahwa Penilaian Kinerja Kepala Sekolah setiap masa periode dilaksanakan dalam kurun waktu 4 tahun.

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah merupakan salah satu strategi pembinaan untuk menjaga profesionalitas kepala sekolah dalam melaksanakan tugas, melakukan pembinaan karir, serta peningkatan kompetensi dan penjaminan mutu.

Unsur strategi dalam peningkatan mutu pendidikan adalah standar pendidik dan  tenaga kependidikan. Fokus utamanya adalah bagaiman meningkatkan kemampuan profesional kepala sekolah secara terencana melalui proses perbaikan mutu secara berkelanjutan.

Dengan demikian, perkembangan mutu satuan pendidikan perlu dipetakan secara berkala, sehingga terwujud profil kepala sekolah berbasis data hasil pengukuran. Pemetaan mutu tersebut dapat dilakukan melalui Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS).

Standar Minimal Prosedur Tugas Kepala Sekolah

Kepala sekolah memiliki tugas yang kompleks dan berperan penting terhadap peningkatan mutu satuan pendidikan yang dipimpinnya.

Standar minimal prosedur tugas kepala sekolah dapat dikelompokkan menjadi tujuh tugas pokok, sebagai berikut.

1. Kepala Sekolah sebagai Pendidik

2. Kepala Sekolah sebagai Manajer

3. Kepala Sekolah sebagai Administrator

4. Kepala Sekolah sebagai Supervisor

5. Kepala Sekolah sebagai Pemimpin

6. Kepala Sekolah sebagai Inovator

7. Kepala Sekolah sebagai Motivator

Bukti Fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah

Di dalam Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS), terdapat 6 (enam) dokumen bukti fisik yang akan diperiksa oleh tim penilai (pengawas).

Bukti fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah tersebut sebagai berikut.

1. Bukti Fisik Komponen 1 : Kepribadian dan Sosial

2. Bukti Fisik Komponen 2 : Kepemimpinan Pembelajaran

3. Bukti Fisik Komponen 3 : Pengembangan Sekolah

4. Bukti Fisik Komponen 4 : Manajemen Sumber Daya

5. Bukti Fisik Komponen 5 : Kewirausahaan

6. Bukti Fisik Komponen 6 : Supervisi Pembelajaran

Laporan Analisis SWOT PKKS Tahun 2020 2021

DI bawah ini adalah contoh laporan analisis SWOT Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Tahun 2020 2021.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Menuju masyarakat informasi berbasis pengetahuan merupakan tujuan yang hendak dicapai oleh bangsa Indonesia, khususnya dalam menciptakan dan meningkatkan kemandirian bangsa. Untuk itu berbagai kegiatan dan aktivitas dalam mencapai tujuan tersebut perlu dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan.

Hal ini tentu saja mengacu pada upaya membekali pengetahuan, keterampilan, keimanan dan ketakwaan, nilai-nilai sosial dan moral, berbudaya dan berkepribadian Indonesia untuk memperkokoh rasa kebangsaan dalam NKRI.

Di dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat, cerdas, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, perlu persiapan dan penataan yang strategis melalui pendidikan.

Setiap pengelola sekolah memiliki pengolahan masing-masing dalam mengembangkan sekolahnya agar dapat memnuhi standar mutu sesuai perkembangan zaman. Standar mutu dapat dikatakan berhasil apabila komponen mutu itu dapat dipenuhi.

Komponen yang terdapat di dalam standar mutu pendidikan yaitu diantaranya : Input, Proses dan Output. Tugas manajemen itu diharuskan dapat memunculkan suatu ide-ide yang dapat menjadikan sekolah itu berkembang lebih baik lagi dari sebelumnya, sehingga bagian manajemen ini mampu mengubah komponen proses dengan menggunakan strategi-strategi manajemen dan penggunaan strategi yang digunakan dalam SMP Negeri  ……….. adalah menggunakan analisis SWOT.

Strategi merupakan cara atau siasat yang dipakai dalam melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu dengan tepat. Demikian pula dengan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dalam rangka mewujudkan pendidikan dan pengajaran. Pendidikan yang dilakukan di SMP Negeri ……….. tentunya juga mempunyai tujuan dan memerlukan strategi yang tepat untuk mencapainya.

Salah satu tahapan manajemen strategi yang merupakan pendekatan analisis lingkungan, digunakan untuk melihat kekuatan dan kelemahan di dalam sekolah sekaligus memantau peluang dan tantangan yang harus dihadapi sekolah.

Analisis SWOT yang di gunakan di SMP Negeri ……….. bertujuan untuk menemukan aspek-aspek penting dalam hal kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Tujuan pengujian adalah memaksimalkan kekuatan, meminimalkan kelemahan, mereduksi ancaman, dan membangun peluang.

B. Tujuan dan Sasaran

1. Tujuan

Tujuan diadakannya program kerja SWOT ini diharapkan untuk dapat melihat seberapa besar pengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMP Negeri ……….. .

2. Sasaran

Adapun sasaran yang ingin kami capai dalam Program Kerja SWOT di SMP Negeri ……….. adalah proses pengambilan keputusan strategis selalu berkaitan dengan pengembangan misi, tujuan, strategi dan kebijakan sekolah.

Perencana strategis harus menganalisis faktor-faktor strategis sekolah dalam hal kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam kondisi saat ini. Hal tersebut dapat dilakukan dengan analisis situasi yang populer dengan analisis SWOT

…..

Contoh laporan analisis SWOT PKKS tahun 2020 2021 selengkapnya dapat diunduh di sini.

Contoh bukti fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah PKKS tahun 2020 2021 lainnya dapat diunduh pada link di bawah ini.

  1. Laporan Administrasi K7 – Unduh
  2. Angket Manajemen Kepala Sekolah – Unduh
  3. Buku Pembinaan Guru – Unduh
  4. Buku Pembinaan Tata Usaha – Unduh
  5. SK Tim Pengembang Sekolah – Unduh
  6. Rencana Kerja Tahunan Sekolah – Unduh
  7. Evaluasi Diri Sekolah – Unduh
  8. Agenda Harian Kepala Sekolah – Unduh
  9. Laporan Monitoring dan Evaluasi – Unduh
  10. Laporan Peningkatan Kompetensi Guru – Unduh
  11. Program Kerjasama dengan Lembaga Lain – Unduh
  12. Laporan KKG MGMP – Unduh
  13. Laporan Program Supervisi Akademik – Unduh
  14. Format Struktur Organisasi Sekolah – Unduh
  15. Laporan Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan – Unduh

Demikian contoh laporan analisis SWOT PKKS tahun 2020 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan