Buku Model Penilaian Formatif Pembelajaran Abad 21 Untuk SD

Buku Model Penilaian Formatif Pembelajaran Abad 21 Untuk SD

Dvcodes.com – Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Buku Model Penilaian Formatif Pembelajaran Abad 21 Untuk SD.

Buku Model Penilaian Formatif Pembelajaran Abad 21 ini disusun untuk memberi inspirasi kepada para pendidik SD dalam melaksanakan penilaian formatif yang menyatu dengan pembelajaran yang disajikannya.

Diharapkan pendidik dapat mempelajari dan melaksanakan penilaian formatif, sehingga penguasaan kompetensi peserta didik tercapai.

Penyusunan Buku Model Penilaian Formatif Pembelajaran Abad 21 Untuk SD ini didorong oleh idealisme untuk menciptakan pembelajaran yang efektif agar pencapaian belajar peserta didik optimal.

Sejalan dengan prinsip-prinsip pembelajaran abad ke 21, kegiatan pembelajaran dirancang dan dilaksanakan dengan memperhatikan kebutuhan peserta didik pada setiap tahapan belajar.

Baca :

Buku Model Penilaian Formatif ini secara singkat menyajikan konsep penilaian formatif disertai contoh-contoh yang diambilkan dari praktik sehari-hari para pendidik agar mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan praktis dalam melaksanakan penilaian formatif.

Cakupan dan Sistematika Buku

Di dalam Buku Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad ke-21untuk Sekolah Dasar ini secara ringkas diuraikan pembelajaran abad ke-21, konsep penilaian formatif, teknik dan contoh-contoh praktis penilaian formatif,pemberian umpan balik pada penilaian formatif, dan perencanaan pembelajaran dan penilaian.

Pembelajaran Abad 21

Pembelajaran abad ke-21 adalah proses belajar mengajar yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan multi sumber yang menempatkan peserta didik berperan aktif dalam pemerolehan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) dan kecakapan abad ke-21serta literasi.

Pembelajaran abad ke-21 menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran peserta didikaktif, antara lain :

  1. pembelajaran dengan metode ilmiah,
  2. inquiry/discovery learning,
  3. project-based learning, dan
  4. problem-based learning.

Melalui keterlibatan secara aktif peserta didik dalam aktivitas-aktivitas belajar pada langkah-langkah pembelajaran metode-metode tersebut, sikap/nilaikarakter, pengetahuan, keterampilan, kecakapan abad ke-21, kecakapan literasi, dan kecakapan berfikir tingkat tinggi akan otomatis diperoleh oleh peserta didik

Pengertian Penilaian Formatif

Higgins dkk. (2010), mendefinisikan penilaian formatif sebagai tugas yang dikerjakan oleh peserta didik selama proses pembelajaran agar peserta didikmemperoleh umpan balik dari pendidik untuk memperbaiki capaian belajarnya, terlepas apakah pekerjaan peserta didik tersebut dinilai atau tidak.

Penilaian formatif yang biasa disebut assessment for learning adalah proses mengumpulkan data/informasi/bukti-bukti mengenai sejauh mana (seberapa baik) kemajuan peserta didik dalam menguasai kompetensi, menginterpretasikan data/informasi tersebut, dan memutuskan kegiatan pembelajaran yang paling efektif bagi peserta didik agar dapat menguasai materi/kompetensi secara optimal.

Penilaian formatif merupakan bagian dari langkah-langkah pembelajaran, dilakukan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung yangmerupakan bagian dari praktik keseharian pendidikdan peserta didik di dalam proses belajar mengajar di kelas.

Penilaian formatif yang dilakukan pendidik tidak hanya penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) tetapi juga penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning).

Penilaian sebagai pembelajaran, yaitu proses penilaian yang dilakukan pendidik yang memungkinkan peserta didik melihat capaian dan kemajuan belajarnya untuk menentukan target belajar, misalnya dalam bentuk penilaian diri atau penilaian antarteman.

Penilaian formatif berbeda dengan penilaian sumatif. Berikut ini perbedaan antara penilaian formatif dan penilaian sumatif.

Prinsip-prinsip Penilaian Formatif

Berikut ini beberapa prinsip dalam penilaian formatif.

  1. Penilaian formatif terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung.
  2. Melibatkan peserta didik dalam pelaksanaannya (misalnya melalui penilaian diri, penilaian antar-teman, dan refleksi metakognitif terhadap proses belajarnya).
  3. Berkenaan tidak hanya dengan kemajuan penguasaan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan, tetapi juga motivasi belajar, sikap terhadap pembelajaran, gaya belajar, dan kerjasama dalam proses pembelajaran.

Teknik Penilaian Formatif

Ada banyak teknik yang dapat digunakan untuk memperoleh (mengelisitasi) informasi/data mengenai kemajuan penguasaan kompetensi peserta didikbaik pada ranah sikap, pengetahuan, maupun keterampilan yang dapat dipakai dalam penilaian formatif.

Beberapa contoh teknikpenilaian formatif adalah sebagai berikut.

1. Observasi (pengamatan)

2. Bertanya (Questioning)

3. Diskusi

4. Exit/Admit Slips

5. Lembar Catata Belajar Peserta Didik

6. Penilaian Diri dan Penilaian Antar Teman (Self-dan Peer-Assessment)

7. Latihan Presentasi

8. Peta Konsep

9. Penilaian Kinestetik

10. Papan Bicara

Materi Penilaian Formatif secara lengkap dapat dibaca pada Buku Model Penilaian Formatif Pembelajaran Abad 21 Untuk SD dan bisa di unduh pada link berikut.

Demikian informasi mengenai Buku Model Penilaian Formatif Pembelajaran Abad 21 Untuk SD. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan