Buku Model Penilaian Karakter SD SMP SMA SMK Tahun 2019

Buku Model Penilaian Karakter SD SMP SMA SMK Tahun 2019

Dvcodes.com – Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Buku Model Penilaian Karakter Tahun 2019.

Buku Model Penilaian Karakter ini disusun untuk membantu pendidik dan sekolah dalam melakukan penilaian karakter peserta didikdengan tujuan memantau, mengembangkan dan menguatkan karakter.

Buku Model Penilaian Karakter SD SMP SMA SMK Tahun 2019
Buku Model Penilaian Karakter SD SMP SMA SMK Tahun 2019

Karena lingkup karakter yang luas, dalam Buku Model Pendidikan Karakter  ini diberikan contoh bagaimana suatu karakter dapat dinilai dengan menggunakan indikator perilaku.

Buku ini diharapkan memberi inspirasi bagaimana penilaian karakter yang bermanfaat dapat dilakukan. Sekolah dapat menggunakan contoh yang diberikan buku ini atau mengembangkan danmenyusun pedoman penilaian karakter yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan situasi sekolah.

Konsep Pendidikan Karakter

Pemerintah telah mengintensifkan peran sekolah dalam pembangunan karakter dengan menerbitkan Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Program PPK didasari oleh filosofi pendidikan karakter Ki Hajar Dewantara, yang berkaitan dengan olahhati (etik), olah pikir (literasi), olah rasa (estetik), dan olahraga (kinestetik).

Baca :

Olah hati meliputi kerohanian mendalam; olah pikir meliputi keunggulan akademis sebagai hasil pembelajaran dan pembelajar sepanjang hayat; olah rasa meliputi integritas moral, rasa berkesenian, dan berkebudayaan; dan olahraga meliputi sehat dan mampu berpartisipasi aktif sebagai warga negara.

Penguatan Pendidikan Karakter dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter.

Prinsip dalam pelaksanaan PPK adalah:

  • berorientasi pada berkembangnya potensi peserta didik secara menyeluruh dan terpadu,
  • keteladanan dalam penerapan pendidikan karakter pada masing-masing lingkungan pendidikan; dan
  • berlangsung melalui pembiasaan dan sepanjang waktu dalam kehidupan sehari-hari.

Karakter yang terbentuk pada peserta didik diharapkan dapat menumbuhkan semangat belajar dan mengoptimalkan potensi dirinya, mencintai bangsanya, dan mampu menjawab tantangan zaman di era global ini.

Sekolah memiliki peranan penting dalam pengembangan pendidikan karakter karena sekolah merupakan pusat pembudayaan yang strategis dalam pembentukan karakter positif peserta didik.

Penilaian Karakter

Pada hakikatnya pendidikan karakter bertujuan menanamkan nilai-nilai dan mengembangkansikap dan perilaku yang baik untuk membentuk karakter peserta didik di sekolah.

Baca :

Di dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh warga sekolah dengan dukungan keluarga peserta didik untuk penerapan di luar sekolah.

Dengan demikian, tujuan penilaian karakter yang utama bukan untuk memberi nilai terhadap karakter peserta didik, tetapi untuk memperoleh informasi mengenai perkembangan karakter peserta didik sehingga usaha untuk pengembangan atau penguatan karakter peserta didik dapat dilakukan dengan tepat.

Prinsip Penilaian Karakter

Prinsip penilaian karakter sebagai berikut

  1. Terintegrasi dengan aktivitas belajar peserta didik sehari-hari dalam pembelajaran, baik di kelas maupun di lingkungan sekolah.
  2. Dilakukan untuk keberhasilan proses pembelajaran, penilaian sebagai dan untuk pembelajaran (Assessment as learning and for learning).
  3. Multidata, menggunakan banyak cara untuk mendeskripsikan karakter peserta didik serta berbagai sumber informasi, baik primer maupun sekunder.
  4. Lintas mata pelajaran, memandang karakter peserta didik sebagai satu kesatuan utuh sebagai pengalaman belajar lintas mata pelajaran.
  5. Edukatif, memiliki fungsi mendidik, membina, mengembangkan karakter positif peserta didik, dan tidak bersifat menghukum.
  6. Bersistem, terpadu dengan program sekolah, melibatkan semua unsur satuan pendidikan, yaitu tenaga pendukung (satpam, petugas kebersihan, dll) pendidik, peserta didik, kepala sekolah, dan orang tua.
  7. Berkesinambungan, merupakan hasil belajar yang terus dikembangkan.

Komponen Penilaian Karakter

Pada Buku Model Penilaian Karakter ini, terdapat lima karakter utama, yaitu : Religius, Integritas, Mandiri, Nasionalis, dan Gotong Royong, yang akan menjadi acuan untuk pembinaan.

Pengertian lima karakter utam atersebut sebagai berikut.

  1. Religius, mencerminkan keberimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Nasionalis, menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan diri dan kelompoknya.
  3. Mandiri, tidak bergantung kepada orang lain dan mempergunakan tenaga, pikiran, waktu untuk merealisasikan harapan, mimpi, dan cita-cita.
  4. Gotong royong, mencerminkan tindakan menghargai semangat kerja sama dan bahu membahu menyelesaikan persoalan bersama.
  5. Integritas, upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

Materi penilaian karakter dalam Buku Model Penilaian Karakter secara lengkap dapat di unduh pada link berikut ini.

Demikian informasi mengenai Buku Model Penilaian Karakter SD SMP SMA SMK Tahun 2019. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan