Buku Modul Implementasi UKS di Satuan Pendidikan SD

Buku Modul Implementasi UKS di Satuan Pendidikan SD

Dvcodes.com – Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemdikbud telah menerbitkan buku modul Implementasi UKS di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar (SD).

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan kegiatan di lingkungan sekolah dalam rangka memupuk kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dan mempertinggi derajat kesehatan peserta didik.

Kegiatan UKS diselenggarakan meliputi aspek sikap, pengetahuan,danketerampilan untuk melaksanakan prinsip hidup bersih dan sehat.

Dengan demikian, peran Kepala Sekolah dan Guru sangat strategis dalam pelaksanaan UKS. Kerjasama diantara warga sekolah sangat diperlukan supaya UKS dapat berjalan efektif.

Hal tersebut penting dalam menciptakan suasana organisasi yang harmonis dalam membangun kebersamaan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Disusunnya Modul Implementasi UKS diharapkan dapat memberikan panduan bagi Tim Pelaksana UKS di jenjang Sekolah Dasar.

Implementasi UKS ini diharapkan dapat membentuk karakter peserta didik dan warga sekolah dalam pembiasaan pola hidup bersih dan sehat.

Latar Belakang

UKS merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Penerapan UKS di satuan pendidikan sekolah dasar dapat dilakukan dengan tiga pendekatan, yaitu :

(1) Penerapan  UKS Berbasis Kelas

(2) Penerapan UKS Berbasis Budaya Sekolah, dan

(3) Penerapan UKS Berbasis Masyarakat.

Ketiga pendekatan ini saling terkait dan merupakan satu kesatuan yang utuh.

Penerapan UKS Berbasis Kelas merupakan integrasi Trias UKS dalam proses pembelajaran pada muatan mata pelajaran yang relevan.

Pengintegrasian Trias UKS tersebut mengacu pada kurikulum. Pengintegrasian dilakukan dengan menghubungkan konsep muatan kurikulum dengan Trias UKS.

Penerapan UKS Berbasis Budaya Sekolah merupakan integrasi Trias UKS dalam kegiatan keseharian di lingkungan sekolah, melalui berbagai aktivitas di satuan pendidikan yang melibatkan seluruh warga sekolah.

Aktivitas budaya sekolah yang sejalan dengan penerapan Trias UKS, antara lain tata kelola sekolah,ekstrakurikuler, pembiasaan, serta peraturan dan tata tertib sekolah yang sejalan dengan pengembangan Trias UKS.

Penerapan UKS Berbasis Masyarakat adalah pengembangan UKS melalui jalinan kemitraan dengan masyarakat sekitar satuan pendidikan.

Kemitraan dan sinergisitas antara satuan pendidikan dengan masyarakat (tokoh agama, asosiasi profesi) dan lembaga pemerintah maupun swasta,sangat membantu keberhasilan pendidikan.

Tujuan

Tujuan disusun Modul Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah pada jenjang SD ini untuk memberikan panduan kepada Tim Pelaksana UKS dalam melaksanakan pembinaan tentang kesehatan sekolah.

Kegiatan ini dalam rangka penanaman sikap, pengetahuan, dan keterampilan kepada peserta didik dalam membentuk kebiasaan pola hidup bersih dan sehat.

Secara khusus tujuan disusunnya modul Kegiatan UKS, yaitu untuk memberikan panduan dalam pelaksanaan pebinaan pola hidup bersih dan sehat melalui Trias Usaha Kesehatan Sekolahdan Pengelolaan UKS yang terdiri;

(1) Pendidikan Kesehatan,

(2) Pelayanan Kesehatan

(3) Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat, dan

(4) Pengelolaan UKS

Sasaran Pengguna Modul Penerapan UKS

Sasaran penggunaan Modul Penerapan UKS ini adalah Tim Pelaksana UKS pada satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD).

Manfaat Modul Penerapan UKS

Manfaat Modul Penerapan UKS yaitu untuk memberikan panduan kepada Tim Pelaksana UKS dalam melaksanakan pembinaan UKS SD.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup materi pada modul ini disusun dalam enam bagian, yaitu bagian Pendahuluan, Modul Pendidikan Kesehatan, Modul Pelayanan Kesehatan, Modul Pembinaan Lingkungan Sekolah dan Modul Pengelolaan UKS, dan Penutup

Buku Modul Implementasi UKS di Satuan Pendidikan SD secara lengkap dapat di unduh pada link berikut ini.

 

Baca juga :

Demikian informasi mengenai modul implementasi UKS di satuan pendidikan SD. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan