Buku Pedoman Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah UKS

Buku Pedoman Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah UKS

Dvcodes.com – Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Buku Pedoman Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah UKS di Sekolah.

Buku Pedoman Pelaksanaan UKS di Sekolah ini memuat materi tentang : (1) Penyusunan Rencana Kegiatan UKS; (2) Pelaksanaan Tiga Program Pokok UKS; (3) Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan; dan (4) Indikator Keberhasilan.

Tujuan Usaha Kesehatan Sekolah adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta derajat kesehatan peserta didik dan menciptakan lingkungan yang sehat.

Dengan demikian memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.

Sedangkan tujuan  khusus UKS adalah memupuk kebiasaan hidup sehat dan meningkatkan derajat kesehatan peserta didik yang di dalamnya mencakup:

  • memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat serta berpartisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan;
  • sehat, baik dalam arti fisik, mental maupun sosial dan;
  • memiliki daya hayat dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk penyalahgunaan narkotika, obat-obatan dan bahan berbahaya, alkohol (minuman keras), rokok, dan sebagainya.

Latar Belakang

Keberhasilan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) pada akhirnya akan tercermin pada perilaku hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik.

Hal ini merupakan dampak yang diharapkan dari keseluruhan pola pembinaan dan pengembangan UKS. UKS merupakan wadah dan program untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin.

Usaha membina, mengembangkan, dan meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik dilaksanakan melalui program pendidikan di sekolah dengan berbagai kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

Selain itu melalui usaha-usaha lain di luar sekolah yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan masyarakat.

Sasaran

Sasaran Pedoman Pelaksanaan UKS ini adalah Tim Pelaksana UKS di sekolah baik negeri maupun swasta.

Tujuan

Tujuan dari Pedoman Pelaksanaan UKS ini agar UKS dapat dilaksanakan di sekolah sesuai dengan panduan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Tim Pembina UKS. Secara rinci tujuan yang hendak dicapai adalah sebagai berikut.

1. Membantu guru dan kepala sekolah sebagai Tim Pelaksana UKS dalam memahami berbagai informasi tentang UKS dan dapat melaksanakannya di sekolah masing-masing.

2. Membantu guru dan kepala sekolah sebagai Tim Pelaksana UKS dalam memahami cara menyusun dan melaksanakan rencana kegiatan UKS di sekolah masing-masing.

3. Membantu guru dan kepala sekolah sebagai Tim Pelaksana UKS dalam memahami dan menguasai cara melaksakan tiga program pokok UKS (Trias UKS).

4. Membantu guru dan kepala sekolah sebagai Tim Pelaksana UKS dalam memahami dan menguasai cara melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan UKS.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup buku ini adalah bagaimana melaksanakan UKS secara benar, meliputi bagaimana pembentukan Tim Pelaksana UKS, penyusunan rencana/program UKS bagi Tim Pelaksana UKS, dan cara melaksanakan program UKS serta bagaimana cara melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporannya.

Materi lengkap pelaksanaan UKS dapat dilihat pada Buku Pedoman Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah UKS di Sekolah dan di unduh pada link di bawah ini.

 

Baca juga :

Demikian informasi mengenai Buku Pedoman Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah UKS. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan