Buku Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS

Buku Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS

Dvcodes.com – Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Buku Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Keberhasilan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M), terlihat dan tercermin pada perilaku hidup bersih dan sehat serta meningkatnya derajat kesehatan peserta didik khususnya dan masyarakat sekolah pada umumnya.

Hal ini merupakan dampak yang diharapkan dari terlaksananya pembinaan dan pengembangan program UKS/M disemua satuan pendidikan mulai dari tingkat TK/RA, SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK/MA.

Program peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi peserta didik perlu dilakukan sedini mungkin secara terpadu, terencana, terarah dan terkordinasi dari 4 (empat) Kementerian terkait mulai dari tingkat pusat sampai daerah serta melibatkan kerjasama dengan stakeholder.

Buku Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS ini memuat materi tentang : (1) Penyusunan Rencana Kegiatan UKS; (2) Pelaksanaan Tiga Program Pokok UKS/M dan Strata; (3) Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan; dan (4) Indikator Keberhasilan.

Sasaran

Sasaran Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/M ini adalah Tim Pembina UKS/M danTim Pelaksana UKS/M di sekolah/madrasah baik negeri maupun swasta.

Tujuan

Tujuan disusunnya buku pedoman pembinaan dan pengembangan UKS/M adalah sebagai berikut.

1. Sebagai Pedoman Penyelenggaraan Pembinaan dan Pengembangan UKS/M bagi Tim Pembina dan Pelaksana UKS/M dalam menyusun program dan kegiatan UKS/M.

2. Membantu warga sekolah dalam memahami dan melaksanakan Trias UKS/M Guru dan Kepala Sekolah sebagai Tim Pelaksana UKS/M dalam memahami dan menguasai cara melaksakan tiga program pokok UKS/M (Trias UKS).

3. Pelaksanaan program harus dilakukan secara terpadu, terarah, intensif dan berkesinambungan.

4. Membantu Guru dan Kepala Sekolah dalam mempersiapkan sarana dan prasarana UKS/M di sekolah.

5. Membantu Guru dan Kepala Sekolah sebagai Tim Pelaksana UKS/M dalam memahami, memonitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan UKS/M.

6. Membantu Tim Pembina pada Tingkat Kecamatan, Kab./Kota dalam melaksanakan pembinaan dan pengembangan UKS/M.

Ruang Lingkup

Pedoman pembinaan dan pengembangan UKS/M mencakup:

1. TP UKS/M dalam pembinaan dan pengembangan UKS/M secara berjenjang;

2. Tim Pelaksana UKS/M dalam mengimplementasikan Trias UKS/M di sekolah.

Buku Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS dapat dilihat dan di unduh pada link di bawah ini.

Baca juga :

Demikian informasi mengenai Buku Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan