Cara Ikut Upacara Virtual HUT RI Ke 75 Tahun 2020 di Istana Negara

Cara Ikut Upacara Virtual HUT RI Ke 75 di Istana Negara Tahun 2020

Dvcodes.com. Di dalam Pedoman Peringatan HUT Ke 75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 disampaikan bahwa sehubungan dengan situasi pandemi Covid-19, maka penyelenggaraan Upacara Peringatan HUT Ke 75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 hanya dilaksanakan di tingkat pusat (Istana Merdeka), Kantor Perwakilan RI di Luar Negeri, dan tingkat daerah (Kantor Pemerintah {Provinsi/Kabupaten/Kota).

Upacara Peringatan HUT RI ke 75 tahun 2020 juga harus dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, sangat minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Di tingkat pusat, upacara hanya dihadiri oleh Presiden (selaku Inspektur Upacara) dan Wakil Presiden serta Petugas Upacara, yaitu Ketua MPR (selaku Pembaca Teks Proklamasi), Menteri Agama (selaku Pembaca Doa), Panglima TNI, dan Kapolri.

Baca : Naskah Doa Upacara Peringatan HUT Ke 75 RI Tahun 2020

Komposisi petugas upacara di Istana Merdeka Jakarta terdiri dari :

  • Komandan Upacara sebanyak 1 orang;
  • Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)  sebanyak 3 orang, berasal dari cadangan Paskibraka Tahun 2019;
  • Pasukan Upacara sebanyak 20, berasal dari TNI/Polri;
  • Korps Musik sebanyak 24 orang;
  • MC sebanyak 4 orang; dan
  • Pasukan Pelaksana Tembakan Kehormatan Saat Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI sebanyak 17 orang, berasal dari TNI.

Cara Ikut Upacara Virtual HUT RI Ke 75 Tahun 2020 

Pada Upacara Peringatan HUT RI di tingkat pusat tahun 2020 ini, tidak akan mengundang pejabat dan masyarakat seperti tahun sebelumnya.

Meskipun tidak bisa hadir secara langsung, masyarakat dapat melihat pelaksanaan upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 75 tahun 2020 di Istana Merdeka secara virtual di tempat tinggal masing-masing.

Pemerintah memberikan kesempatan bagi warga masyarakat yang ingin berpartisipasi mengikuti Upacara Peringatan HUT ke 75 Republik Indonesia di Istana Merdeka melalui konferensi video.

Kepala Biro Protokol Sekretaris Presiden, Yayat Hidayat, menginformasikan bahwa penyelenggaraan Upacara Peringatan HUT ke 75 RI Tahun 2020 tersebut sebagai upaya untuk mematuhi protokol kesehatan dan mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Masyarakat dapat ikut serta dalam upacara daring pada tanggal 17 Agustus 2020 besok dengan cara melakukan pendaftaran secara online terlebih dahulu melalui laman https://pandangistana.setneg.go.id. Alamat tersebut akan mulai dibuka pada hari Senin, 10 Agustus 2020 pukul 17.08.45 WIB.

Sekretariat Presiden mengalokasikan sebanyak 17.845 undangan upacara virtual pada 17 Agustus 2020 mendatang.

Setelah melakukan pendaftaran, maka pendaftar akan memperoleh notifikasi melalui pesan WhatsApp dan surel sebagai tanda bahwa permohonan undangan sudah diterima.

Pesan yang diterima melalui WhatsApp tersebut berisi ketentuan untuk mengikuti jalannya Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Istana Negara secara langsung melalui konferensi video.

Setiap pendaftar hanya akan memperoleh satu satuan undangan konferensi video. Nantinya pendaftaran yang mengikuti jalannya upacara peringatan HUT RI ke 75 ini juga akan mendapatkan sertifikat elektronik yang dikirimkan melalui surel setelah mengikuti upacara virtual tersebut.

Tinggalkan Balasan