Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis 3 Bulan Selama Pandemi Covid-19

Pemerintah telah membuat kebjiakan terkait pembayaran listrik di tengah-tengah pandemi Covid-19. Kebijakan tersebut berupa pemberian keringanan listrik kepada 31 juta pelanggan PLN selama tiga bulan.

Untuk merealisasikan program tersebut, pemerintah menyiapkan dana sekitar 3,5 Triliun. Ada dua kelompok pelanggan PLN yang akan mendapatkan keringanan pembayaran listrik tersebut, yaitu pengguna daya 450 VA dan 900 VA subsidi.

Khusus untuk pengguna daya 450 VA , akan diberikan tarif gratis selama tiga bulan. Sedangkan pengguna listrik 900 VA subsidi, akan memperoleh diskon pembayaran selama tiga bulan sebesar 50%.

Syarat Memperoleh Token Listrik Gratis

Kebijakan keringanan pembayaran listrik selama masa darurat Covid-19 ini berlaku untuk golongan pelanggan PLN tertentu berupa tarif gratis dan subsidi 50%.

1. Tarif Gratis

Tarif gratis pembayaran listrik diberikan kepada golongan pelanggan dengan kapasitas daya listrik sebesar 450 VA. Layanan tarif gratis ini berlaku untuk pelanggan 450 VA, baik yang prabayar maupun pascabayar.

Data PLN mencatat bahwa ada sekitar 24 juta pelanggan listrik 450 VA yang merupakan masyarakat golongan menengah ke bawah.

2. Subsidi 50 persen

Diskon pembayaran listrik diberikan kepada golongan pengguna listrik bersubsidi dengan daya 900 VA. PT PLN telah mencatat ada sekitar 7 juta pelanggan yang menggunakan listrik berdaya 900 VA subsidi.

Fasilitas listrik gratis untuk pelanggan 450 VA dan subsidi 50% bagi pengguna daya 900 VA subsidi berlaku selama tiga bulan, mulai dari bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Mekanisme Pemberian Keringanan Listrik

Mekanisme pemberian keringanan listrik, baik yang berupa pemberian tarif listrik gratis maupun diskon pembayaran sebesar 50% adalah sebagai berikut.

1. Mekanisme tarif listrik gratis

Untuk pemberian tarif gratis bagi pelanggan 450 VA reguler dapat langsung mendapatkan keringanan biaya listrik gratis selama tiga bulan berturut-turut (April, Mei. dan Juni 2020).

Sedangkan pelanggan 450 VA Prabayar, mekanismenya adalah dengan diberikan token gratis selama tiga bulan tersebut. Token gratis ini diberikan sebesar pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

2. Mekanisme pemberian diskon 50 persen

Pelanggan 900 VA reguler akan memperoleh diskon 50% dari biaya pemakaian dan juga biaya beban. Kemudian untuk pelanggan 900 VA Prabayar, pemerintah akan memberikan potongan biaya listrik 50% dari pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

Cara Memperoleh Token Listrik Gratis

Pelanggan 450 VA pascabayar secara otomatis akan langsung memperoleh pembebasan biaya tagihan listrik pada bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Untuk pelanggan 450 VA prabayar dan pelanggan 900 VA subsidi, ada dua cara mendapatkan token listrik gratis, yaitu melalui situs PLN dan melalui chat Whatsapp.

1. Cara memperoleh token listrik melalui situs PLN

  • Buka situs www.pln.co.id
  • Masuk menu Pelanggan, kemudian ke pilihan Stimulus Covid-19
  • Masukkan ID Pelanggan
  • Token gratis akan muncul di layar
  • Masukkan token gratis ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

2. Cara memperoleh token listrik melalui chat Whatsapp

  • Buka aplikasi Whatsapp
  • Chat Whatsapp ke nomor 08122-123-123
  • Ikuti petunjuk (salah satunya memasukkan ID pelanggan)
  • Token gratis akan muncul di layar
  • Masukkan token gratis ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan

Demikian informasi mengenai cara mendapatkan token listrik gratis 3 bulan selama pandemi Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis 3 Bulan Selama Pandemi Covid-19Covid-19. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply