Contoh Soal Kompetisi Sains Nasional KSN SD SMP SMA Tahun 2020

Contoh Soal Kompetisi Sains Nasional KSN SD SMP SMA Tahun 2020

Dvcodes.com. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa.

Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat siswa dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Upaya-upaya tersebut dilakukan melalui berbagai lomba atau kompetisi, baik nasional maupun internasional.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) secara konsisten terus dikembangkan sebagai salah satu program pembinaan olah pikir peserta didik.

Kompetisi Sains Nasional diselenggarakan selain sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi sains, teknologi, dan Matematika.

Kegiatan KSN adalah wahana untuk menumbuhkan karakter siswa yang jujur, disiplin, sportIf, tekun, kreatIf, tangguh dan cinta tanah air.

Melalui Kompetisi Sains Nasional juga akan diperoleh siswa terbaik calon-calon duta bangsa yang akan diikutsertakan dalam Kompetisi Sains Internasional.

Penyelenggaraan Kompetisi Sains Nasional (KSN) diharapkan dapat mengantarkan siswa untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetisi sains telah memiliki posisi khusus pada berbagai ajang bergengsi di dunia internasional dalam penguasaan sains oleh para siswa.

Dengan demikian, melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi siswa untuk mengekplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaiknya.

Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukan dengan lahirnya juara-juara kompetsi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional.

Tujuan Kompetisi Sains Nasional

Tujuan umum penyelenggaraan KSN antara lain sebagai berikut.

  1. Mendapatkan dan mengembangkan siswa bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul,
  2. Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan.

Sedangkan tujuan khusus penyelenggaraan KSN adalah sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan seleksi secara berjenjang bagi peserta KSN dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional,
  2. Menyeleksi siswa yang mempunyai kompetensi/kemampuan dalam bidang sains.
  3. Menyiapkan calon peserta yang dapat diandalkan untuk mewakili Indonesia untuk kompetisi tingkat internasional.

Tahapan Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional

Pelaksanaan KSN terdiri atas beberapa tahapan sebagai berikut.

  1. Tahapan seleksi tingkat sekolah disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah (KSNS).
  2. Tahapan seleksi tingkat kabupaten/kota disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K).
  3. Tahapan seleksi tingkat provinsi disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P).
  4. Tahapan seleksi tingkat nasional disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional (KSN).

A. Kompetisi Sains Nasional KSN SD 2020

Tujuan

  1. Menyediakan wahana bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya.
  2. Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik.
  3. Peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, dan IPA di SD dan atau yang sederajat.
  5. Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan.
  6. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

Sasaran

Sasaran seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD adalah peserta didik sekolah dasar yang telah mengikuti seleksi secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, Kabupaten/Kota, provinsi, dan nasional.

Bidang Lomba

Bidang yang dikompetisikan dalam KSN SD Tahun 2020 adalah Matematika dan IPA.

Juknis KSN SD Tahun 2020 dapat di unduh di sini.

B. Kompetisi Sains Nasional KSN SMP 2020

Tujuan

  1. Memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika, IPA, dan IPS.
  2. Membangkitkan minat dan kegemaran siswa terhadap bidang Matematika, IPA, dan IPS.
  3. Menumbuhkembangkan kemampuan siswa untuk berfikir kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan produktif sebagai bekal dalam kehidupan.
  4. Menanamkan kesadaran dan keberanian siswa untuk mencoba, belajar menerapkan secara langsung, dan dapat berprestasi secara optimal.
  5. Menanamkan sifat kompetitif dan kerjasama yang sehat sejak dini.
  6. Memetakan kemampuan siswa dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS sesuai standar mutu pendidikan secara nasional.
  7. Mengidentifikasi siswa berprestasi di setiap sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS.
  8. Menyeleksi siswa terbaik tingkat nasional pada jenjang SMP, MTs atau yang sederajat untuk diikutsertakan pada perlombaan tingkat internasional.
  9. Memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi dalam bidang Matematika, IPA dan IPS.

Sasaran

Sasaran kegiatan OSN (KSN) adalah siswa SMP atau MTs negeri dan swasta atau yang sederajat di seluruh propinsi di Indonesia.

Bidang Lomba

Bidang Lomba OSN KSN SMP meliputi 3 (tiga) bidang pelajaran sebagai berikut.

1. Matematika

2. Ilmu Pengetahuan Alam

3. Ilmu Pengetahuan Sosial

Juknis KSN SMP Tahun 2020 dapat di unduh di sini.

C. Kompetisi Sains Nasional KSN SMA 2020

Tujuan

  1. Menyelenggarakan seleksi secara berjenjang bagi peserta KSN dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional,
  2. Menyeleksi siswa yang mempunyai kompetensi/kemampuan dalam bidangnya masing-masing, yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.
  3. Menyiapkan calon peserta yang dapat diandalkan untuk mewakili Indonesia untuk kompetisi tingkat internasional.

Sasaran

Sasaran seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMA adalah peserta didik sekolah menengah atas yang telah mengikuti seleksi secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, Kabupaten/Kota, provinsi, dan nasional.

Bidang Lomba

Bidang sains yang dilombakan pada KSN SMA tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional terdiri atas 9 (sembilan) bidang sebagai berikut.

1. Matematika

2. Fisika

3. Kimia

4. Informatika

5. Biologi

6. Astronomi

7. Ekonomi

8. Kebumian

9. Geografi

Juknis KSN SMA Tahun 2020 dapat di unduh di sini.

Contoh Soal Kompetisi Sains Nasional KSN SD SMP SMA Tahun 2020

Di dalam membantu belajar peserta KSN tahun 2020, berikut ini dibagikan contoh soal KSN SD SMP SMA tahun 2020.

Contoh soal Kompetisi Sains Nasional KSN SD SMP SMA tahun 2020 ini merupakan kumpulan soal OSN SD, SMP, dan SMA mulai dari tingkat Kabupaten/Kota sampai dengan Nasional.

Download contoh soal Kompetisi Sains Nasional KSN Tahun 2020 jenjang SD SMP SMA  secara lengkap pada link berikut ini.

1. Contoh Soal KSN SD Tahun 2020

  • Soal KSN SD (1) – Unduh
  • Soal KSN SD (2) – Unduh

2. Contoh Soal KSN SMP Tahun 2020

  • Soal KSN SMP (1) – Unduh
  • Soal KSN SMP (2) – Unduh
  • Silabus KSN SMP – Unduh

3. Contoh Soal KSN SMA Tahun 2020

  • Soal KSN SMA (1) – Unduh
  • Soal KSN SMA (2) – Unduh

Demikian contoh soal Kompetisi Sains Nasional KSN SD SMP SMA Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan