Daftar Lulus Seleksi Beasiswa Santri Berprestasi Tahap 1 Kemenag 2020

Dvcodes.com – Program Beasiswa Santri Berprestasi disingkat menjadi PBSB adalah sebuah program afirmatif perluasan akses santri untuk melanjutkan studi sarjana dan profesi melalui suatu program yang terintegrasi.

Program tersebut mulai dari proses kerjasama, pengelolaan, sistem seleksi khusus bagi santri, serta pemberian bantuan pembiayaan yang diperlukan bagi santri yang memenuhi syarat, sampai dengan pembinaan masa studi dan pembinaan pengabdian setelah lulus.

Kebijakan Pengelolaan PBSB

Kebijakan pengelolaan PBSB diarahkan kepada hal sebagai berikut.

1. Menjalin kerjasama lebih erat dengan perguruan tinggi sebagai upaya untuk meningkatkan mutu lulusan.

2. Optimalisasi pilihan studi, dengan memperhatikan kebutuhan pesantren serta upaya mempercepat pembangunan nasional.

3. Tindakan afirmatif melalui kemudahan bagi peserta dari daerah perbatasan dan/atau tertinggalyang umumnya berada di luar pulau jawa untuk mengikuti seleksi, serta melalui program bertujuan khusus.

4. Tindakan afirmatif untuk santri berprestasi melalui program studi pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dari pondok pesantren salafiyah dan muadalah, serta melalui program bertujuan khusus.

5. Tindakan afirmatif melalui pengetatan bagi kriteria santri yang dapat mendaftar sebagai peserta seleksi PBSB, dimana lebih mengutamakan santri asal keluarga kurang mampu dan berprestasi.

6. Penguatan tata kelola Bantuan Beasiswa Santri Berprestasi.

7. Menjalin kerjasama dengan pondok pesantren sebagai upaya untuk meningkatkan wawasan kepesantrenan dan meneguhkan komitmen pengabdian.

8. Pemberian arahan yang lebih jelas dan tegas dalam meneguhkan komitmen pengabdian, serta kewajiban peserta PBSB lainnya.

9. Maksimalisasi fungsi pembinaan masa studi oleh Kemenag dan Perguruan Tinggi dalam memperluas wawasan serta intensifikasi dan  diversifikasi keilmuan.

Strategi Arah Kebijakan PBSB

Adapun strategi untuk menjalankan arah kebijakan tersebut PSBBadalah sebagai berikut.

1. Strategi Umum

Program Beasiswa Santri Berprestasi S1 Sains Teknologi, Sosial Humaniora, dan Keagamaan melalui sistem seleksi terbuka untuk peserta baru, dengan pengetatan kriteria peserta seleksi, yaitu santri berprestasi yang diutamakan dari latar belakang keluarga kurang mampu dan memberian kemudahan bagi peserta seleksi dari daerah tertinggal/terpencil.

2. Strategi Khusus

  • Program Beasiswa Santri Berprestasi Bertujuan Khusus pada Perguruan Tinggi Agama Islam berbasis pesantren.
  • Program Beasiswa Santri Berprestasi Bertujuan Khusus dengan program tertentu.
  • Penguatan tata kelola Bantuan Beasiswa Santri Berprestasi.
  • Pemberdayaan santri peserta PBSB melalui pembinaan dan pendampingan, serta pembimbingan pada paguyuban/organisasi peserta PBSB maupun alumni dengan fokus pada peningkatan kualitas dan peneguhan komitmen pengabdian.

Tujuan PBSB

  1. Sebagai pemberdayaan sosial bagi santri melalui upaya memperluas akses bagi santri berprestasi yang memiliki kematangan pribadi, kemampuan penalaran, dan prestasi untuk memperoleh pendidikan tinggi, melalui tindakan afirmatif dalam seleksi masuk perguruan tinggi.
  2. Sebagai pemberdayaan sosial bagi pesantren melalui upaya meningkatkan kualitas SDM pondok pesantren di bidang sains, teknologi serta sosial kemasyarakatan agar dapat mengoptimalkan peran pembangunan dimasa mendatang, melalui penguatan keilmuan di perguruan tinggi dan program pengabdian paska lulus.
  3. Upaya pemberdayaan pesantren melalui upaya penguatan pesantren sebagai lembaga pendidikan, dakwah dan pengembangan masyarakat, dengan pembentukan jaringan kerjasama antara dunia pendidikan tinggi dengan pondok pesantren;

Mekanisme Pendaftaran PBSB Tahun 2020

Pendaftaran calon peserta seleksi PBSB Tahun 2020 telah dilakukan secara online di https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pbsb.

Mengingat kebijakan pemerintah terkait kondisi darurat Covid-19, maka seleksi PBSB Tahun 2020 yang semula menggunakan pola Computer Based Test (CBT) diganti dengan mekanisme 2 (dua) tahap seleksi, yaitu Portofolio untuk Tahap I dan wawancara/tes lisan online untuk Tahap II.

Pengumuman Kelulusan Santri Peserta Seleksi Tahap 1 PBSB Kemenag Tahun 2020

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia menerbitkan Pengumuman Nomor B-962.1/DJ.I/Dt.I.V/HM.01/06/2020 tentang Kelulusan Santri Peserta Seleksi Tahap 1 Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun Anggaran 2020.

Di dalam pengumuman tersebut, disampaikan nama-nama santri yang dinyatakan lulus seleksi calon mahasantri PBSB Tahun 2020 tahap 1 (portofolio).

Kelulusan tersebut berdasarkan hasil penilaian seleksi calon mahasantri PBSB tahun 2020 tahap I (portofolio) oleh Perguruan Tinggi Mitra (PTM) terkait.

Selanjutnya, santri yang dinyatakan lulus dapat mengikuti seleksi calon mahasantri PBSB tahun 2020 Tahap II, yang meliputi wawancara atau tes lisan online).

Tata cara pelaksanaan seleksi PBSB tahap II (wawancara/tes lisan online) dapat dilihat pada Pengumuman B-719/DJ.I/Dt.I.V/PP.04/04/2020 tentang Pendaftaran dan Pelaksanaan Seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Tahun 2020.

Santri lulus seleksi calon mahasantri PBSB Tahun 2020 tahap 1 (portofolio) yang tidak mengikuti seleksi tahap II (wawancara/tes lisan online) sesuai jadwal yang telah ditentukan, dianggap mengundurkan diri.

Santri yang dinyatakan lulus dan terbukti menggunakan data atau dokumen palsu akan didiskualifikasi secara sepihak.

Di dalam pengumuman tersebut juga diinformasikan agar santri yang dinyatakan lulus untuk waspada terhadap segala bentuk penipuan dan pungutan liar yang mengatasnamakan Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kemenag Tahun 2020.

Pengumuman dan informasi resmi terkait seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kemenag Tahun 2020 akan disampiakan melalui website resmi PBSB, akun registrasi masing-masing pendaftar, dan Contact Center PBSB.

Pengumuman tentang Kelulusan Santri Peserta Seleksi Tahap 1 Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kementeri Agama Republik Indonesia Tahun Anggaran 2020 secara lengkap dapat dilihat dan di unduh pada link di bawah ini.

Unduh

Demikian informasi mengenai Pengumuman Kelulusan Santri Peserta Seleksi Tahap 1 Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun Anggaran 2020. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply