Dokumen dan Tata Cara Pendaftaran CPNS 2019 Pada SSCASN

Dokumen persyaratan dan tata cara pendaftaran online CPNS 2019 pada portal SSCASN perlu dipahami dengan baik oleh pelamar agar dapat melakukan pendaftaran sesuai alur yang ditentukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Terkait dengan dokumen dan tata cara pendaftaran online CPNS 2019 pada SSCASN, BKN baru saja menerbitkan Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS Tahun 2019.

Di dalam Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS 2019 tersebut berisi informasi mengenai dokumen yang harus disiapkan pelamar dan tata cara pendaftaran CPNS secara online pada SSCASN. Download Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS 2019 dalam format pdf di sini.

Seperti yang sudah diinformasikan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) nomor 23 tahun 2019, bahwa pendaftaran CPNS 2919 secara online akan terintegrasi melalui portal resmi BKN, https://sscasn.bkn.go.id.

Prioritas penetapan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil tahun 2019 adalah untuk Jabatan fungsional dan Jabatan Pelaksana, meliputi bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan jabatan lain yang mendukung pembangunan sumber daya manusia.

Penetapan kebutuhan CPNS 2019 terbagi dalam Formasi Umum dan Formasi Khusus. Penetapan kebutuhan Formasi Umum bagi Instansi Pusat meliputi Jabatan Fungsional dan Jabatan Pelaksana yang melaksanakan tugas teknis dan merupakan tugas inti (core business) dari instansi dan mendukung pencapaian visi dan misi Indonesia Maju.

Sedangkan penetapan kebutuhan Formasi Khusus terdiri dari : (1) Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat “Dengan Pujian”/Cumlaude; (2) Diaspora; (3) Penyandang Disabilitas; (3) Putra/Putri Papua dan Papua Barat; dan (4) Tenaga Pengamanan Siber (cyber security).

Pelamar hanya dapat melakukan pendaftaran pada satu instansi penyelenggara dan satu formasi jabatan.

Dokumen dan Tata Cara Pendaftaran Online CPNS 2019 Pada SSCASN

Di dalam membantu pelamar melakukan pendaftaran online CPNS 2019, maka ada beberapa dokumen persyaratan yang wajib disiapkan oleh pelamar.

Masing-masing dokumen persyaratan tersebut sudah merupakan hasil scan dengan format dan ketentuan yang diberlakukan.

Berikut ini dokumen persyaratan yang dibutuhkan dalam pendaftaran online CPNS 2019.

1. Kartu Keluarga

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

3. Ijazah

4. Transkrip Nilai

5. Pas foto

6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

Data dan dokumen yang dikirimkan pelamar secara online melalui portal SSCASN akan diverifikasi secara teliti oleh tim verifikator untuk selanjutnya diputuskan lulus seleksi administrasi atau tidak memenuhi syarat (TMT).

Pelamar yang sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi, nantinya memperoleh Kartu Ujian untuk mengikuti tes seleksi berikutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Panitia seleksi hanya memberikan waktu sanggah bagi pelamar yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) seleksi administrasi selama 3 (tiga) hari pasca pengumuman.

Instansi penyelenggara seleksi juga diberikan waktu maksimal 7 (tujuh) hari oleh BKN untuk memberikan jawaban sanggahan bagi pelamar yang melakukan penyanggahan karena dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) tersebut.

Alur Pendaftaran Online CPNS 2019

Berikut ini alur pendaftaran online CPNS tahun 2019.

Tata Cara Pendaftaran CPNS 2019

Tata cara pendaftaran online CPNS 2019 dimulai dengan pelamar masuk ke portal SSCASN 2019 sehingga muncul tampilan berikut.

Dari menu Layanan Informasi, lalu Klik (Info Lowongan) untuk mencari informasi terkait Instansi, Jabatan, Lokasi penempatan, Pendidikan, Jenis Formasi dan Jumlah Formasi SSCN 2019 yang buka, sehingga akan tampak contoh tampilan seperti berikut.

Klik untuk melihat tata cara pendaftaran CPNS 2019. Pelamar hanya dapat melamar 1 (satu) jabatan dalam 1 (satu) jenis formasi (Formasi Umum/Formasi Khusus Lulusan Terbaik (cumlaude)/Formasi Khusus Putra-Putri Papua dan Papua Barat/Formasi Khusus Disabilitas/Formasi Diaspora/Formasi Tenaga Keamanan Siber) di 1 (satu) instansi.

Untuk melanjutkan ke proses pendaftaran, klik dan akan tampil halaman Pendaftaran Akun SSCASN 2019.

Pendaftaran Pada Menu SSCN

Berikut ini urutan langkah pendaftaran CPNS 2019 pada menu SSAN.

Lakukan klik pada menu sehingga akan muncul tampilan seperti berikut.

Selanjuitnya, aasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK), Nama Lengkap sesuai KTP, Tempat Lahir sesuai KTP dan Tanggal Lahir sesuai KTP.

Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data KTP, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipilsesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Masukan kode captcha yang terlampir. Kode captcha tidak bersifat case sensitive. Setelah semua data dimasukan, klik untuk proses selanjutnya.

Pada proses ini, pelamar mengisi dan membandingkan data di KTP dengan data Ijazah. Proses pemberkasan CPNS menggunakan data Ijazah sebagai data pokok kepegawaian yang terdiri dari Nama Lengkap sesuai yang tercantum di ijazah, Tempat dan Tanggal Lahir. Pastikan bahwa Anda mengisi data tersebut dengan benar

Langkah berikutnya adalah pelamar meng-upload pas foto sesuai dengan keterangan di aplikasi dengan mengklik , cari foto yang akan diunggah kemudian klik seperti contoh di bawah ini.

Pelamar dapat memilih untuk mengunggah ulang Pas Foto

Data lain yang perlu diisi adalah :

1. E-mail ; Masukan e-mail aktif dan valid

2. Password dan Konfirmasi Password; masukan password yang mudah diingat.

3. Pertanyaan Pengaman 1; Pilih pertanyaan pengaman Anda.

4. Jawaban Pengaman 1; Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih.

5. Pertanyaan Pengaman 2; Pilih pertanyaan pengaman Anda.

6. Jawaban Pengaman 2; Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih.

7. Captcha; Masukan kode captcha yang tampil di layar

Pastikan Anda mengisi semua data dengan lengkap dan benar. Data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau diubah.

Langkah Selanjutnya adalah klik . Halaman pemberitahuan bahwa pendaftaran ke portal SSCASN 2019 berhasil, klik untuk mencetak Kartu Informasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun SSCN 2019. Harap menyimpan kartu tersebut dengan baik.

Pada tahap ini, pendaftar harus melakukan pengecekan ulang terhadap Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Pas Foto dan juga data lainnya. Jika nantinya terdapat kesalahan penulisan setelah Proses Pendaftaran, maka peserta TIDAK DAPAT memperbaiki kesalahan penulisan

Sebelum akhiri proses pendaftaran akun, pelamar akan ditanyakan kembali, apakah data yang diinput sudah sesuai atau belum, seperti pada gambar di bawah ini.

Jika sudah sesuai, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini.

Untuk dapt mencetak Kartu Informasi Akun, pilih menu :

Source : Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS Tahun 2019, BKN

Demikian informasi mengenai dokumen dan tata cara pendaftaran Online CPNS 2019 pada SSCASN. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan