Download Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dan Uraian Lengkap

Download Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dan Uraian Lengkap

Dvcodes.com. Aplikasi analisis butir soal pilihan ganda dan uraian ini dibagikan untuk membantu guru dalam melakukan analisis butir soal sebagai bagian dari kegiatan evaluasi pembelajaran.

Aplikasi analisis butir soal pilihan ganda dan uraian ini dapat digunakan untuk menganalisis beberapa penilaian, seperti Penilaian Harian, Penilaian Tengah Semester, dan Penilaian Akhir Semester.

Analisis butir soal (item analysis) merupakan suatu kegiatan dalam menentukan tingkat kebaikan butir-butir soal suatu tes, sehingga informasi yang diperoleh dari kegiatan tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki butir soal yang sudah dibuat.

Analisis butir soal dapat dilakukan apabila suatu tes telah selesai dilaksanakan dan diperoleh jawaban terhadap butir-butir soal yang diteskan.

Identifikasi terhadap setiap butir item soal perlu dilakukan untuk penyempurnaan kembali terhadap butir-butir soal yang dibuat guru, sehingga akan tersusun soal yang berfungsi sebagai alat pengukur hasil belajar dengan kualitas tinggi.

Soal yang bermutu adalah soal yang dapat memberikan informasi sejelas-jelasnya tentang peserta didik yang sudah dan yang  belum menguasai materi pembelajaran.

Analisis butir soal dapat dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis secara kualitatif berkaitan dengan isi dan bentuk soal (validitas isi dan validitas konstruk).

Sedangkan analisis kuantitatif berhubungan dengan ciri-ciri statistiknya (pengukuran validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran butir soal).

Pengertian Soal Pilihan Ganda dan Uraian

Soal pilihan ganda terdiri atas pokok soal (stem) dan pilihan jawaban (option). Pokok soal terdiri atas stimulus yang berupa kalimat/gambar/grafik dan pernyataan atau pertanyaan yang tidak lengkap. Sedangkan pilihan jawaban terdiri atas 1 (satu) kunci jawaban  dan jawaban pengecoh.

Kelebihan soal pilihan ganda adalah dapat mengukur berbagai jenjang pengetahuan (kognitif). Selain itu, penskoran soal pilihan ganda dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan objektif.

Bentuk soal pilihan ganda juga sangat tepat untuk ujian yang pesertanya sangat banyak atau yang bersifat massal.

Sedangkan kelemahan dari soal pilihan ganda antara lain memerlukan waktu yang relatif lama untuk menulisnya, sulit membuat jawaban pengecoh yang homogen, dan terdapat peluang untuk menebak kunci jawaban.

Ruang lingkup soal pilihan ganda dapat mencakup bahan, materi, dan kompetensi dasar yang luas. Jenis soal ini tepat digunakan untuk tes atau ujian dengan jumlah peserta banyak (masal).

Soal uraian adalah soal yang jawabannya menuntut peserta didik untuk mengingat dan mengorganisasikan gagasan-gagasan atau hal-hal yang telah dipelajarinya dengan cara mengemukakan atau mengekspresikan dalam bentuk uraian tertulis.

Bentuk soal uraian dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu soal uraian objektif dan soal uraian non objektif.

Soal uraian objektif adalah soal uraian yang rumusan soal atau pertanyaannya menuntut sekumpulan jawaban dengan konsep tertentu, sehingga penskorannya dapat dilakukan secara objektif.

Soal uraian non objektif merupakan soal uraian yang rumusan soalnya menuntut sekumpulan jawaban berupa pengertian atau konsep menurut pendapat masing-masing peserta didik, sehingga penskorannya sulit dilakukan secara objektif.

Soal uraian memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan soal pilihan ganda. Kelebihan soal uraian antara lain sebagai berikut.

1. Dapat mengukur kemampuan peserta didik dalam hal mengorganisasikan pikiran, mengemukakan pendapat, dan mengekspresikan gagasan dengan kalimatnya sendiri.

2. Jumlah materi yang ditanyakan terbatas dan fokus.

3. Faktor penebak jawaban dapat dikurangi.

4. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyatakan pendapat.

5. Penyusunan tes lebih mudah dilaksanakan.

Sedangkan kelemahan dari soal uraian adalah sebagai berikut.

1. Jumlah materi atau pokok bahasannya relatif terbatas,

2. Waktu untuk memeriksa jawaban lama.

3. Penskorannya relatif subjektif.

4. Tingkat reliabilitasnya relatif rendah dibanding soal pilihan ganda.

Tujuan dan Manfaat Analisis Butir Soal

Beberapa tujuan dari kegiatan analisis butir soal adalah sebagai berikut.

1. Mengkaji dan menelaah setiap butir soal agar diperoleh soal yang bermutu,

2. Meningkatkan kualitas butir tes melalui revisi atau membuang soal yang tidak efektif (tidak valid),

3. Mengetahui informasi diagnostik pada peserta didik tentang pemahaman materi yang diajarkan.

Analisis butir soal memiliki banyak manfaat, antara lain sebagai berikut.

1. Membantu pengguna tes dalam mengevaluasi kualitas tes yang digunakan,

2. Sesuai untuk penyusunan tes informal, seperti tes yang disiapkan guru untuk peserta didik.

3. Mendukung penulisan soal yang efektif dan berkualitas.

4. Meningkatkan validitas dan reliabilitas soal sehingga tercipta soal yang berkualitas.

Melalui kegiatan analisis butir soal, guru akan dapat menentukan soal-soal yang baik dan soal-soal yang cacat atau tidak berfungsi dengan baik.

Selain itu, guru dapat merevisi soal-soal yang sudah tidak relevan dengan materi yang diajarkan dengan melihat banyaknya peserta didik yang tidak mampu menjawab butir soal tertentu.

Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dan Uraian

Di dalam membantu guru melakukan kegiatan analisis butis soal, berikut dibagikan aplikasi analisis butir soal berbentuk Pilihan Ganda dan Uraian.

Aplikasi analisis butir soal ini dapat dipilih sesuai sesuai kebutuhan guru. Tersedia beberapa pilihan aplikasi analisis butir soal, sehingga guru dapat memilih sesuai yang dibutuhkan.

Aplikasi analisis butir soal Pilihan Ganda dan Uraian secara lengkap dapat diunduh pada link berikut ini.

1. Analisis Butir Soal 10 Uraian (Download)

2. Analisis Butir Soal 10 Pilihan Ganda dan 5 Uraian (Download)

3. Analisis Butir Soal 20 Pilihan Ganda (Download)

4. Analisis Butir Soal 20 Pilihan Ganda  dan 5 Uraian (Download)

5. Analisis Butir Soal 40 Pilihan Ganda dan 5 Uraian (Download)

6. Analisis Butir Soal 50 Pilihan Ganda (Download)

Baca juga :

Demikian yang dapat dibagikan mengenai aplikasi analisis butir soal bentuk pilihan ganda dan uraian. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *