Download Juknis Tunjangan Khusus Guru RA dan Madrasah Tahun 2021

Juknis Tunjangan Khusus Guru RA dan Madrasah Tahun 2021

Dvcodes.com. Di dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran pada RA dan Madrasah, pemerintah memandang perlu untuk pemberian tunjangan khusus bagi guru. Tunjangan khusus bagi guru RA dan Madrasah ini untuk meningkatkan motivasi, kinerja, dan kesejahteraannya.

Pemberian tunjangan khusus merupakan upaya perbaikan kesejahteraan dalam rangka pemenuhan kebutuhan bagi guru RA dan Madrasah.

Tunjangan untuk mendorong peningkatan profesionalisme dan kinerja guru RA dan Madrasah yang bertugas di daerah khusus. Pemberian tunjangan khusus ini tidak permanen atau tidak terus menerus.

Pemberian tunjangan khusus kepada guru sebagai kompensasi dan apresiasi dalam melaksanakan tugas sebagai guru RA dan Madrasah di daerah khusus.

Tunjangan khusus ini untuk mewujudkan amanat Undang-Undang Guru dan Dosen antara lain, yaitu untuk mengangkat martabat guru, meningkatkan kompetensi guru, memajukan profesi guru, meningkatkan mutu pembelajaran, dan meningkatkan pelayanan pendidikan yang bermutu.

Daerah Khusus adalah daerah yang terpencil atau terbelakang, daerah dengan kondisi masyarakat adat yang terpencil, daerah perbatasan dengan negara lain, daerah yang mengalami bencana alam, bencana sosial, atau daerah yang berada dalam keadaan darurat lain.

Terkait dengan hal tersebut, maka Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia menerbitkan Juknis Tunjangan Khusus bagi Guru  RA dan Madrasah Tahun 2021.

Juknis ini tertuang dalam Keputusan Direktur jenderal Pendidikan Islam Nomor 7243 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pemberian Tunjangan Khusus Bagi Guru RA dan Madrasah Tahun 2021.

Petunjuk Teknis Tunjangan Khusus Guru RA dan Madrasah Tahun 2021 ini untuk memastikan agar pemberian tunjangan tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu.

Petunjuk Teknis tersebut selanjutnya sebagai acuan dalam pelaksanaan Pemberian Tunjangan Khusus Bagi Guru Raudlatul Athfal dan Madrasah Tahun 2021.

Baca : Juknis Tunjangan Intensif Guru Bukan PNS RA dan Madrasah Tahun 2021

Sasaran, Kriteria, dan Sumber Dana

Sasaran atau penerima Tunjangan Khusus adalah Guru Bukan PNS pada Raudlatul Athfal dan Madrasah dengan kualifikasi S1/D-IV yang bertugas di daerah khusus yang tercatat di Simpatika. Penerima bantuan diprioritaskan pada guru yang usianya lebih tua dan masa pengabdiannya lebih lama.

Pemberian tunjangan khusus ini dibebankan anggarannya pada DIPA Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Penetapan Penerima dan Penyalura Tunjangan

Penetapan penerima dalam bentuk penerbitan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam berdasarkan hasil verifikasi dan validasi data Simpatika.

Penyaluran Tunjangan Khusus kepada guru yang berhak menerimanya secara langsung ke rekening guru yang bersangkutan. Periode pembayaran penyaluran tunjangan Khusus tersebut adalah setiap semester.

Nominal Tunjangan

Besar Tunjangan Khusus Guru Bukan PNS adalah Rp. 1.350.000,- (satu juta tiga ratus lima puluh ribu rupiah) per-orang per-bulan, dan berlaku untuk 12 (dua belas) bulan (terhitung mulai Bulan JanuariDesember 2021), sehingga total penerimaan untuk 1 (satu) tahun adalah Rp 16.200.000,- (enam belas juta dua ratus ribu rupiah).

Pemberian tunjangan khusus selama 12 (dua belas) bulan. Pemberian Tunjangan khusus kepada guru secara penuh, tanpa pengurangan apa pun, kecuali pajak sesuai ketentuan yang berlaku. Tiap guru yang memenuhi kriteria dan persyaratan hanya berhak menerima satu porsi Tunjangan Khusus.

Meskipun mengajar pada lebih dari satu Madrasah, guru tersebut tidak boleh menerima lebih dari satu porsi Tunjangan Khusus

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7242 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pemberian Tunjangan Insentif Bagi Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil Pada Raudlatul Athfal dan Madrasah Tahun 2021 selengkanya dapat dibaca dan diunduh di sini.

Baca : Download Juknis Bantuan KKG dan Tendik Madrasah Tahun 2021

Demikian informasi mengenai Juknis Tunjangan Khusus bagi Guru RA dan Madrasah Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *