Download Revisi POS Ujian Nasional UN Tahun 2020 BSNP

Download Revisi POS Ujian Nasional UN Tahun 2020 BSNP

Dvcodes.com. Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Nasional tahun pelajaran 2019/2020 perlu disusun untuk acuan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional tahun 2020.

POS UN tahun 2020 diterbitkan secara resmi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) untuk mengatur penyelenggaraan Ujian Nasional, baik dari segi teknik pelaksanaan maupun adminsitrasi.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah melakukan revisi terhadap Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020.

Di dalam Siaran Pers Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor : 0001/PR/BSNP/I/2020, salah satu poinnya disebutkan bahwa telah berlaku POS UN Tahun Pelajaran 2019/2020 yang baru sebagaimana tertuang dalam Peraturan BSNP Nomor: 0053/P/BSNP/I/2020

Berdasarkan ketentuan tersebut, maka POS UN Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdapat pada peraturan Nomor 0051/O/BSNP/I/2019 sudah tidak berlaku.

Selain itu, di dalam siaran pers tersebut juga diinformasikan bahwa BSNP sudah tidak lagi menerbitkan POS USBN. Hal ini berarti bahwa mulai tahun 2020, USBN sudah ditiadakan dan akan diganti dengan Ujian Sekolah.

Pelaksanaan Ujian Sekolah selanjutnya merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Revisi POS UN Tahun 2020 ini dilakukan oleh BSNP sebagai tindak lanjut atas amanat dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, yang mengganti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi Ujian yang diselenggarakan oleh sekolah.

Mendikbud menegaskan bahwa konsep ujian yang diselenggarakan oleh sekolah harus dikembalikan pada esensi undang-undang, yaitu untuk memberikan kemerdekaan sekolah dalam menginterpretasi kompetensi-kompetensi dasar kurikulum. Dengan demikian, penilaian ujian dilakukan oleh satuan pendidikan itu sendiri.

Secara konseptual dan prosedural, regulasi Ujian Nasional Tahun 2020 sudah disiapkan oleh BSNP, sedangkan teknis pelaksanaannya dilakukan oleh kementerian, dinas pendidikan, dan pihak-pihak yang terkait.

Terkait dengan penyusunan soal Ujian Nasional, BSNP memiliki kewenangan dalam penyusunan kisi-kisi soal Ujian Nasional (UN).

Selanjutnya, Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) yang akan lebih rinci menyusun soal Ujian Nasional tersebut.

Kisi-kisi soal Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2019/2020 secara lengkap dapat di unduh di sini.

Revisi POS Ujian Nasional UN Tahun 2020

Secara prinsip, tidak ada perubahan jadwal dan sistem Ujian Nasional Tahun 2020. Ujian Nasional tahun 2020 masih dilaksanakan dalam dua bentuk, yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Berikut ini beberapa regulasi penting dalam Ujian Nasional Tahun 2020.
  1. Pelaksanaan Ujian Nasional diutamakan melalui ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Di dalam hal UNBK tidak dapat dilaksanakan, maka Ujian Nasional dilaksanakan berbasis kertas dan pensil (UNKP).
  2. Ujian Nasional merupakan penilaian hasil belajar oleh Pemerintah Pusat yang bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu.
  3. Ujian Nasional untuk peserta didik atau siswa pada sekolah menengah kejuruan/madrasah aliyah kejuruan, termasuk ujian kompetensi keahlian.
  4. Peserta didik pada akhir jenjang sekolah menengah pertama luar biasa (SMPLB) dan sekolah menengah atas luar biasa (SMALB) tidak wajib mengikuti Ujian Nasional.
  5. Biaya penyelenggaraan dan pelaksanaan Ujian Nasional menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan sekolah. Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan/atau Satuan Pendidikan tidak diperkenankan memungut biaya pelaksanaan Ujian Nasional dari peserta didik, orang tua/wali, dan/atau pihak yang membiayai peserta didik.
Perubahan atau perbedaan antara POS UN Tahun 2020 lama dengan POS UN Tahun 2020 baru ditampilkan dalam tabel berikut.

Siaran Pers BSNP tentang Revisi POS UN 2020, POS UN 2020 lama, dan POS UN 2020 baru (revisi) secara lengkap dapat diunduh pada link di bawah ini.

– Siaran Pers BSNP tentang Revisi POS UN Tahun 2020 (Unduh)
– POS Ujian Nasional (UN) Tahun 2020 Lama (Unduh)
– POS Ujian Nasional (UN) Tahun 2020 Baru (Unduh)

Demikian informasi mengenai revisi POS Ujian Nasional UN tahun 2020 BSNP. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan