Download Soal Seleksi Guru Berprestasi Tahun 2020 dan Kunci Jawaban

Download Soal Seleksi Guru Berprestasi Tahun 2020 dan Kunci Jawaban

Dvcodes.com. Seleksi Guru Berprestasi Tahun 2020 kembali akan diselenggarakan sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada guru yang berprestasi.

Seleksi Guru Berprestasi Tahun 2020 dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat satuan pendidikan, Kabupaten/Kota, tingkat Provinsi, hingga tahap final pada tingkat nasional.

Pemilihan Guru Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2020 diselenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi dan menumbuhkan keteladanan guru di Indonesia.

Peningkatan kompetensi ini diharapkan akan berdampak positif terhadap karier guru dan mutu pendidikan secara nasional.

Program Seleksi Guru Berprestasi merupakan salah satu bentuk implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Guru.

Latar Belakang

Guru adalah tenaga pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Di dalam melaksanakan tugasnya, guru harus memiliki sejumlah kompetensi yang dapat diandalkan, sehingga menjadi teladan bagi peserta didik. Kompetensi tersebut, meliputi kompetensi profesional, kompetensi pedagogik. kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial.

Kompetensi profesional adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan guru dapat membimbing peserta didik sesuai standar kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan.

Baca : Download Contoh Soal Pemilihan Guru SD Berprestasi Tahun 2020

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap karakteristik peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensinya.

Kompetensi kepribadian adalah kemampuan personal berupa kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, teladan bagi peserta didik masyarakat, dan berakhlak mulia.

Kompetensi sosial adalah kemampuan guru sebagai bagian dari masyarakat dalam berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

Tujuan

Seleksi Guru Berprestasi Tahun 2020 bertujuan sebagai berikut.

  1. Mengangkat derajat guru sebagai profesi yang terhormat dan bermartabat.
  2. Meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru dalam menjalankan tugasnya.
  3. Meningkatkan kompetensi guru melalui kompetisi secara sehat dengan pemberian penghargaan di bidang pendidikan.
  4. Membangun komitmen guru dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran menuju standar nasional pendidikan.
  5. Membangun keteladanan guru terhadap peserta didik dan sesama guru dalam menghadapi abad ke-21 dan revolusi industri 4.0.

Hasil yang diharapkan

Hasil yang diharapkan dari pemilihan guru berprestasi adalah sebagai berikut.

  1. Terpilihnya guru berprestasi tingkat satuan pendidikan, Kabupaten/kota, provinsi, dan tingkat nasional.
  2. Meningkatnya mutu guru, sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan nasional.
  3. Meningkatnya penghargaan dan pengakuan terhadap guru berprestasi.

Prinsip Penyelenggaraan

Prinsip penyelenggaraan seleksi Guru Berprestasi Tahun 2020 adalah sebagai berikut.

1. Kompetitif

Pelaksanaan Pemilihan Guru Berprestasi berdasarkan persaingan yang sehat di semua jenjang, bukan berdasarkan penunjukan atau pemerataan.

2. Objektif

Pemilihan Guru Berprestasi mengacu pada proses penilaian dan penetapan predikat guru di sekolah dasar berprestasi pada tiap tingkatan, dilaksanakan secara adil, tidak diskriminatif, dan memenuhi standar penilaian yang ditetapkan.

3. Transparan

Pemilihan Guru Berprestasi mengacu pada proses yang memberikan peluang kepada semua pemangku kepentingan untuk memperoleh akses informasi mengenai penilaian dan penetapan predikat guru sekolah dasar berprestasi pada semua tingkatan.

4. Akuntabel

Pemilihan Guru Berprestasi mengacu pada proses penilaian dan penetapan predikat Guru SD Berprestasi pada semua tingkatan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pemangku kepentingan pendidikan, baik secara akademik maupun administratif.

Sasaran Peserta

Seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2020 diikuti oleh 34 peserta yang mewakili 34 provinsi (1 peserta mewakili 1 provinsi).

Soal Seleksi Guru Berprestasi Tahun 2020

Berikut dibagikan contoh soal Seleksi Guru Berprestasi tahun 2020 dan kunci jawabannya. Contoh soal terdiri dari soal pedagogik, soal kepribadian, dan soal model pembelajaran.

Soal nomor 1

Pemanfaatan fasilitas internet dalam pembelajaran yang digunakan untuk berkorespondensi antara seseorang dengan lainnya di mana pun dan kapan pun mereka berada. Dengan fasilitas ini mereka dapat saling mengirim dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas ini dapat pula mengirim lampiran berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas ini, pengguna dapat pula mengarsipkan surat-surat yang dianggap penting dengan menyimpannya pada folder yang disediakan untuk itu disebut dengan ….

a. Teleconverence

b. Email

c. Website

d. Chatting

e. Browsing

Soal nomor 2

Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; belajar dari aneka sumber; menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain; memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan disebut kegiatan ….

a. Elaborasi

b. Eksplorasi

c. Konfirmasi

d. Browsing

e. Contextual teaching learning

Soal nomor 3

Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu ….

a. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.

b. Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

c. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.

d. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.

e. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.

Soal nomor 4

Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur ….

a. 1) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2) penyiapan kondisi psilogis peserta didik 3) respons peserta didik untuk merespons; 4) reaksi guru terhadap respons peserta didik.

b. 1. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 3. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 4. respons peserta didik untuk merespons;

c. 1) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2) respons peserta didik untuk merespons; 3) reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4) penyiapan kondisi psilogis peserta didik

d. 1) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2) respons peserta didik untuk merespons; 3) reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4) penyiapan kondisi psilogis peserta didik

e. 1) penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 2) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 3) respons peserta didik untuk merespons; 4) reaksi guru terhadap respons peserta didik.

Soal nomor 5

Di dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada….

a. Metode pembelajaran

b. Pendekatan pembelajaran

c. Strategi pembelajaran

d. Gaya pembelajaran

e. Kemampuan belajar

Soal nomor 6

Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor ….

a. Intake Siswa

b. Tingkat kesulitan

c. Sarana pendukung

d. Bakat dan Minat siswa

e. Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung

……

Contoh soal Seleksi Guru Berprestasi tahun 2020 dan kunci jawabannya secara lengkap dapat di unduh di sini.

Demikian contoh soal Pemilihan Guru Berprestasi Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan