Edaran Dirjen Dikti tentang Bantuan Kuota Internet Mahasiswa dan Dosen

Edaran Dirjen Dikti tentang Bantuan Kuota Internet Mahasiswa dan Dosen

Dvcodes.com. Pemerintah melalui Dirjen Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana untuk memfasilitasi pemenuhan kuota internet bagi mahasiswa dan dosen.

Pemberian kuota internet bagi tersebut untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh selama pandemi Covid-19.

Bantuan kuota internet ini bertujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam melakukan belajar dari rumah berbentuk Pembelajaran Jarak Jauh.

Pemberian pulsa pada peserta didik berupa kuota internet karena sifat pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara daring (online).

Pembelajaran jarak jauh merupakan pilihan yang tepat pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Kebijakan ini diharapkan dapat mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Pendidikan TInggi.

Pemerintah juga terus berupaya untuk memastikan bahwa pembelajaran jarah jauh ini dapat berjalan dengan baik bagi seluruh mahasiswa di Indonesia.

Semua langkah di bidang pendidikan akan dilakukan pemerintah untuk merespon perkembangan situasi selama pandemi Covid-19.

Langkah tersebut termasuk mengidentifikasi beberapa masalah utama dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.

Pemerintah menyadari bahwa selama ini proses pembelajaran daring banyak mengalami kendala. Kendala terutama pada ketersediaan kuota internet.

Edaran Dirjen Dikti tentang Bantuan Kuota Internet Mahasiswa dan Dosen

Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Surat Edaran Nomor 821/E.E1/SP/2020 tentang Program Pemberian Kuota Internet bagi Mahasiswa dan Dosen.

Surat edaran tersebut ditujukan kepada Pimpinan Perguruang Tinggi Negeri (PTN) dan Kepala Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I – XV di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud.

Program bantuan kuota internet ini sebagai implementasi dari SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi akan memberikan bantuan kuota internet bagi mahasiswa dan dosen sebesar 50 GB per bulan.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka Ditjen Dikti meminta agar dilakukan koordinasi terhadap hal-hal berikut.

1. Melakukan pemutakhiran data kontak mahasiswa dan dosen sesuai Surat Edaran Nomor 813/E/E1/TI/2020 tertanggal 21 Agustus 2020 tentang Pemutakhiran Data pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti).

2. Melengkapi dan melakukan validasi data seluruh mahasiswa aktif dan dosen aktif, terutama data nomor seluler yang masih berlak,

3. Melakukan pengalihan bantuan serupa yang sudah dilakukan agar tidak terjadi duplikasi bantuan.

Proses pemutakhiran data dilakukan hingga selambat-lambatnya, Jumat, 11 September 2020. Pimpinan PTN dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi diharapkan dapat mengawal pengutakhiran tersebut dengan sebaik mungkin, agar bantuan kuota internet nantinya dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Surat Edaran Ditjen Dikti Nomor 821/E.E1/SP/2020 tentang Program Pemberian Kuota Internet bagi Mahasiswa dan Dosen secara lengkap dapat di unduh di sini.

Demikian edaran Dirjen Dikti tentang bantuan kuota internet bagi mahasiswa dan dosen. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan