Format Daftar Nilai Ulangan Siswa K13 Sederhana dan Praktis

Format Daftar Nilai Ulangan Siswa K13 Sederhana dan Praktis

Dvcodes.comPenilaian merupakan proses mengumpulkan informasi melalui pengukuran (menafsirkan, mendeskripsikan, dan menginterpretasi hasil pengukuran).

Penilaian Kurikulum 2013  (K13) dapat dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, ulangan, penugasan, tes praktik, projek, dan portofolio disesuaikan denan karakteristik kompetensi.

Ruang lingkup penilaian dalam Kurikulum 2013 meliputi kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan.

Sasaran penilaian hasil belajar pada kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial meliputi tingkatan sikap menerima. menanggapi, menghargai, menghayati, dan mengamalkan nilai spiritual dan nilai sosial.

Sasaran penilaian hasil belajar pada kompetensi pengetahuan, meliputi tingkatan memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan metakognitif.

Sasaran penilaian hasil belajar pada kompetensi keterampilan mencakup keterampilan abstrak dan keterampilan konkrit.

Keterampilan abstrak merupakan kemampuan belajar yang meliputi: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan mengkomunikasikan.

Keterampilan konkrit merupakan kemampuan belajar yang meliputi: meniru, melakukan, menguraikan, merangkai, memodifikasi, dan mencipta.

Penilaian hasil belajar oleh pendidik dalam Kurikulum 2013 untuk kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan menggunakan skala penilaian.

Predikat untuk sikap spiritual dan sikap sosial dinyatakan dengan A = sangat baik, B = baik, C = cukup, dan D = kurang.

Skala penilaian untuk kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan diperoleh dengan cara merata-ratakan hasil pencapaian kompetensi setiap KD selama satu semester.

Nilai akhir selama satu semester pada rapor ditulis dalam bentuk angka 0 – 100 dan predikat serta dilengkapi dengan deskripsi singkat kompetensi yang menonjol berdasarkan pencapaian KD selama satu semester.

Ketuntasan belajar merupakan tingkat minimal pencapain kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan yang meliputi : (1) ketentasan penguasaan substansi; dan (2) ketuntasan belajar dalam konteks kurun waktu belajar.

Kriteria ketuntasan minimal kompetensi sikap ditetapkan dengan predikat B (Baik). Sedangkan skor rerata untuk ketuntasan kompetensi pengetahuan dan keterampilan disesuaikan dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) masing-masing satuan pendidikan.

Format Daftar Nilai Ulangan Siswa K13 Sederhana dan Praktis

Berikut ini dibagikan format daftar nilai ulangan siswa K13 sederhana dan praktis. Format daftar nilai Kurikulum 2013 dibagikan untuk membantu Bapak/Ibu Guru dalam mengolah nilai hasil belajar peserta didik kelas.

Baca :

Format daftar nilai ini dapat digunakan oleh Bapak/Ibu Guru untuk mengolah nilai Ulangan Harian (UH), nilai tugas, nilai Penilaian Tengah Semester (PTS), dan Penilaian Akhir Semester (PAS).

Format daftar nilai ulangan Kurikulum 2013 ini disusun sederhanan berbentuk MS Excel, sehingga mudah digunakan oleh Bapak/Ibu Guru untuk mengolah nilai.

Format daftar nilai ulangan Kurikulum 2013 dapat dilihat dan di unduh pada link di bawah ini.

Format Daftar Nilai K13 (Unduh)

Demikian yang kami bagikan mengenai format Daftar Nilai Kurikulum 2013 (K13). Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan