Indonesia Maju Sebagai Tema HUT RI Ke 75 Tahun 2020

Indonesia Maju Sebagai Tema HUT RI Ke 75 Tahun 2020

Dvcodes.com. Bangsa Indonesia akan kembali memperingati hari ulang kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 ini.

Tepat pada tanggal 17 Agustus 2020, nanti Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke 75 akan diperingati.

Sebagai bagian dari upaya untuk menyambut HUT RI tersebut, maka pemerintah telah memperkenalkan tema dan logo HUT ke 75 Kemerdekaan RI tahun 2020.

Tema dan logo HUT RI ke 75 tahun 2020 secara resmi dikenalkan melalui Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara bernomor B-27/M.Sesneg/Set/TU.00.04/01/2020.

Baca : Naskah Doa Upacara Peringatan HUT Ke 75 RI Tahun 2020

Melalui surat edaran tersebut, Pratikno, selaku Menteri Sekretaris Negara mengimbau agar para pimpinan lembaga negara, menteri, gubernur Bank Indonesia, panglima TNI, kapolri, dan pejabat kementerian untuk menyosialisasikan tema dan logo tersebut.

Pratikno juga meminta kepada pimpinan lembaga non struktural, gubernur, bupati dan wali kota di seluruh Indonesia untuk turut serta mensosialisasikan tema dan logo HUT Republik Indonesia ke 75 tahun 2020.

Tema dan logo HUT RI ke 75 ini selanjutnya akan menjadi branding rangkaian kegiatan peringatan Kemerdekaan Indonesia tahun 2020.

Indonesia Maju Sebagai Tema HUT RI Ke 75 Tahun 2020

HUT RI ke 75 tahun 2020 mengusung tema Indonesia Maju. Tema “Indonesia Maju” merupakan sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Penetapan tema HUT ke 75 RI tahun 2020 memiliki relevansi dengan tujuan pemerintah Kabinet Indonesia Maju, yaitu pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, penciptaan lapangan kerja, serta pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah.

Sedangkan pemilihan   logo HUT RI ke 75 tahun 2020 terinspirasi oleh simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila.

Berikut adalah visual tema dan logo Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 75 tahun 2020.

Logo HUT RI ke 75 tahun 2020 menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan serta menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Logo tersebut menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia.

Selain itu, logo yang dipilih juga menggambarkan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada rakyat Indonesia.

Berikut ini adalah makna lengkap dari logo HUT RI ke 75 tahun 2020.
  1. Pemerataan ekonomi dan kualitas hidup untuk seluruh rakyat Indonesia yang diintegrasikan ke dalam elemen bagian angka 7, yang melambangkan kesetaraan untuk kesejahteraan dan keadilan yang ekual bagi semua individu.
  2. Progres kerja dinamis dan kepentingan progres infrasutruktur direpresentasikan ke dalam elemen badan angka 7, meskipun tidak berganti lurus, tetapi progres kerja yang dinamis akan mencapai hasil akhir yang optimal, tanpa harus menjadi lurus dan kaku.
  3. Regenerasi kerja yang konsisten adanya progres yang nyata dalam bekerja direpresentasikan dalam elemen badan angka 5 yang menyerupai lingkaran hampir sempurna; semua lingkaran ini melambangkan progres yang terus menerus dan terlihat nyata, selalu memperbaiki dan selalu mengejar target.
  4. Melambangkan kesatuan Indonesia sebagai negara yang mampu menjaga dan mengamankan bangsa, memperkokoh kedaulatan, memperkokoh persatuan dan kesatuan yang diambil dari simbol perisai di dalam Garuda Pancasila.

Pedoman Penggunaan Tema dan Logo HUT RI ke 75

Penggunaan desain tema dan logo untuk peringatan hari ulang tahun kemerdekaan  RI, harus sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Berikut ini adalah beberapa pedoman penggunaan tema dan logo HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun 2020.

  • Tipografi Jenis font yang digunakan untuk semua aplikasi desain dan branding 75 tahun Indonesia adalah Monsterra typeface primer.
  • Tipografi Jenis font yang digunakan untuk semua aplikasi desain dan branding 75 tahun Indonesia adalah Monsterra typeface primer.
  • Warna latar belakang yang dapat digunakan adalah merah, putih, dan hitam, dengan kode sebagai berikut.
  1. Merah; C: 4%, M: 97%, Y: 93%, K: 0% R: 228, G: 44, B: 45 # E42C2D
  2. Putih; C: 0%, M: 0%, Y: 0%, K: 0% R: 255, G: 255, B: 255 # FFFFFF
  3. Hitam; C: 0%, M: 0%, Y: 0%, K: 100% R: 35, G: 31, B: 32 #231F20
  • Aplikasi logo dalam kombinasi warna dan berbagai latar belakang warna tampak dalam visualisasi gambar berikut.
Surat Edaran dan Pedoman Visual Penggunaan Logo Peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 dapat di unduh pada link berikut.
  1. Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara tentang Penyampaian Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 (Unduh)
  2. Pedoman Visual Penggunaan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 (Unduh)

Soft copy tema dan logo peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 beserta pedomannya juga dapat diunduh melalui website resmi Kementerian Sekretariat Negara (Kemsetneg), www.setneg.go.id.

Tinggalkan Balasan