Jadwal Bantuan Kuota Internet Kemendikbud Mulai September 2020

Jadwal Bantuan Kuota Internet Kemendikbud Mulai September 2020

Dvcodes,com. Kemendikbud telah melakukan beberapa penyesuaian kebijakan di bidang pendidikan selama masa pandemi Covid-19.

Selain penyesuaian kebijakan, Kemendikbud juga menyediakan inisiatif dan solusi penyelenggaraan pembelajaran selama pandemi Covid-19.

Selama pandemi Covid-19. pembelajaran jarak jauh merupakan pilihan yang tepat. Kebijakan ini diharapkan dapat mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Satuan Pendidikan dan Pendidikan TInggi.

Baca : Inilah 5 Kebijakan Kemendikbud di Masa Pandemi Covid-19

Terkait dengan penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh ini, maka Kemendikbud berencana memberikan bantuan subsidi kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen selama empat bulan (September sampai dengan Desember 2020).

Pemberian kuota internet bagi tersebut untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh selama pandemi Covid-19.

Bantuan kuota internet ini bertujuan untuk mempermudah dalam penyelenggaraan Pembelajaran Jarak Jauh. Pemberian pulsa pada berupa kuota internet karena sifat pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara daring (online).

Pemerintah menyadari bahwa selama ini proses pembelajaran daring banyak mengalami kendala. Kendala terutama pada ketersediaan kuota internet.  Untuk itulah maka kebijakan pemberian  bantuan kuota untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen dilakukan.

Pemberian bantuan kuota ini juga untuk menerapkan SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun Ajaran 2020/2021.

Baca : Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2020/2021 Sesuai SKB 4 Menteri

Jadwal Penyaluran

Penyaluran bantuan kuota data internet untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen akan dilakukan selama 4 bulan, mulai September sampai dengan Desember 2020.

Petunjuk Teknis bantuan kuota internet ini diatur dalam Peraturan  Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2020, tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020.

Petunjuk teknis tersebut menjadi pedoman dalam penyaluran bantuan kuota data internet bagi pendidik dan peserta didik sehingga dapat mendukung penerapan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid-19.

Bentuk bantuan yang diberikan Kemendikbud berupa kuota data internet dengan rincian dibagi atas kuota umum dan kuota belajar.

Kuota umum dimaksud adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi. Kuota Belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran, dengan daftar yang tercantum pada http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Ketentuan besarnya bantuan kuota untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen adalah sebagai berikut.

  • Paket kuota internet peserta didik PAUD mendapatkan 20 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB.
  • Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 35 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.
  • Paket kuota internet pendidik (guru) pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 42 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar.
  • Paket kuota internet untuk mahasiswa dan dosen mendapatkan 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

Penyaluran kuota data internet dilakukan selama 4 (empat) bulan dari September sampai dengan Desember 2020 dengan jadwal sebagai berikut:

1. Bantuan Kuota Data Internet Untuk Bulan Pertama

  • Tahap I pada tanggal 22 sampai 24 September 2020.
  • Tahap II pada tanggal 28 sampai 30 September 2020.

2. Bantuan Kuota Data Internet Untuk Bulan Kedua

  • Tahap I pada tanggal 22 sampai 24 Oktober 2020.
  • Tahap II pada tanggal 28 sampai 30 Oktober 2020.

3. Bantuan Kuota Data Internet Untuk Bulan Ketiga dan Keempat Dikirim Bersamaan

  • Tahap I pada tanggal 22 sampai 24 November 2020.
  • Tahap II pada tanggal 28 sampai 30 November 2020.

Masa Berlaku Kuota

Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama dan kedua memiliki masa berlaku masing-masing 30 hari terhitung sejak kuota data internet diterima oleh nomor ponsel pendidik dan peserta didik.

Sedangkan bantuan kuota data internet bulan ketiga dan keempat yang dikirim secara bersamaan di November berlaku selama 75 hari terhitung sejak kuota data internet diterima. Setiap penerima bantuan hanya dapat menerima bantuan kuota data internet untuk satu nomor ponsel setiap bulannya.

 

Tinggalkan Balasan