Kemdikbud Terbitkan RPP Satu Lembar Inspiratif Untuk Guru

Dvcodes.com – Di dalam upaya merespon keluhan dari guru yang menyatakan bahwa beban administrasi terlalu banyak dan berat, terutama dalam penyusunan RPP, maka Tim Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemdikbud menerbitkan RPP Satu Lembar Inspiratif Tahun 2020.

RPP Satu Lembar Inspiratif untuk Guru ini disusun dari PAUD, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, dan Sekolah Luar Biasa (SLB).

RPP Satu Lembar Kemdikbud ini diharapkan dapat menginspirasu guru dalam mengembangkan RPP sendiri yang komunikatif dan memudahkan untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Tidak semua mata pelajaran yang disusun dalam RPP Satu Lembar Inspiratif, akan tetapi ada beberapa yang mewakili dari satuan pendidikan.

RPP Inspiratif dari Kemdikbud ini hanya satu lembar, dengan komponen utama tujuan pembelajaran, aktivitas, dan penilaian.

Baca : Perbedaan Pendekatan, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran

Tujuan pembelajaran disarikan dari Kompetensi Dasar (KD) dan dirumuskan dengan kalimat yang mudah dipahami.

Aktivitas berisi kegiatan aktif peserta didik selama pembelajaran. Penilaian sebagai gambaran secara umum tagihan untuk mengukur ketercapaian KD.

Penyusunan RPP Satu Lembar Inspiratif ini tidak sekadar mengurangi banyaknya halaman menjadi satu halaman.

Pendidik diberikan kemerdekaan menyusun RPP bukan karena banyaknya jumlahnya halaman, tetapi bagaimana mengonstruksi rencana itu secara global dan mudah dipahami dalam menerjemahkannya pada saat kegiatan pembelajaran.

Penyusunan RPP Satu Lembar Inspiratif ini menindaklanjuti Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP menjadi tiga komponen, yaitu tujuan, langkah-langkah kegiatan, dan asesmen.

Baca : Format Penyederhanaan RPP Sesuai Program Merdeka Belajar

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model RPP inspiratif ini sebaga contoh dan untuk memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Di dalam pelaksanaannya guru dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta didik.

Tujuan pembelajaran diturunkan dan diekstrak dari kompetensi dasar dan diuraikan menjadi kompetensi-kompetensi yang akan dicapai peserta didik.

Kegiatan pembelajaran diisi dengan aktivi-ran diisi dengan aktivi-tas-aktivitas sesuai sintaks model pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Untuk kegiatan pem-belajaran memuat 3 (tga) komponen pembelajaran, yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.

Kegiatan pembelajaran perlu dilengkapi dengan dokumen pendukung, contohnya pada kegiatan percobaan perlu dilengkapi dengan langkah-langkah percobaan.

Langkah-langkah percobaan tersebut dapat dituliskan dalam buku panduan praktikum. Di akhir kegiatan penutup terdapat refkeksi yang tidak hanya untuk peserta didik, tetapi juga untuk pendidik.

Hal ini memungkinkan guru untuk dapat mendapatkan informasi mengenai keterlaksanaan pembelajaran yang akan menjadi bahan acuan untuk pembelajaran selanjutnya

RPP Satu Lembar Inspiratif Kemdikbud untuk TK SD SMP SMA SMK Tahun 2020 secara lengkap dapat dilihat dan di unduh pada link di bawah ini.

Unduh

Demikian informasi mengenai RPP Satu Lembar Inspiratif untuk Guru. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan