Kurma dan Manfaatnya Untuk Jaga Kesehatan di Bulan Puasa

Kurma dan Manfaatnya Untuk Jaga Kesehatan di Bulan Puasa

Dvcodes.comKurma sering dijadikan sebagai menu utama saat berbuka puasa maupun sahur. Kurma memang identik dengan puasa di bulan Ramadhan. Puasa menjadi tidak lengkap rasanya tanpa dihadirkannya kurma.

Menurut catatan sejarah, kurma sudah ditemukan sejak 7000 tahun yang lalu di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Hingga saat ini, sudah ada sekitar 450 jenis kurma di seluruh dunia dengan karakteristik bentuk dan tekstur yang berbeda-beda.

Kurma dipilih sebagai menu wajib puasa karena selain rasanya manis dan tekstur yang empuk, kurma juga dikenal memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ada banyak manfaat kurma bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi lengkap dan tinggi pada kurma, membuat buah tersebut mempunyai semua unsur gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berdasarkan penelitian, di dalam satu biji kurma mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh, yaitu karbohidrat (glukosa dan fruktosa), protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat.

Kandungan gula alami pada buah kurma sangat baik untuk meningkatkan kadar gula darah setelah seharian berpuasa. Zat besi dan juga kalsium pada kurma sangat berperan dalam pertumbuhan tulang.

Berikut ini beberapa manfaat kurma untuk menjaga kesehatan, khususnya di bulan puasa Ramadhan.

1. Mengatasi Sembelit

Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi seseorang yang mengalami kesulitan buang air besar. Pada saat berpuasa, gangguan sembelit ini dapat terjadi jika kita mengonsumsi makanan yang rendah serat.

Akibatnya, organ pencernaan tidak dapat bekerja dengan baik. Usus yang bertugas menyerap nutrisi dan cairan, tidak dapat bekerja maksimal. Jika dibiarkan terus menerus, sembelit akan menyebabkan terjadinya kanker usus.

Kurma dapat menjadi makanan pencahar yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita sembelit, sehingga memperlancar buang air besar.

Kadar seratnya yang tinggi, membuat kurma mampu membantu meningkatkan gerakan usus, sehingga proses penyerapan nutrisi dapat berjalan lancar.

2. Mencegah Penggumpalan Darah

Kurma mengandung banyak asam salsiliat yang berperan dalam mencegah terjadinya penggumpalan darah. Penggumpalan darah menjadi masalah yang serius jika tidak segera ditangani.

Penggumpalan darah akan berakibat fatal jika terjadi di pembuluh darah otak, karena mengakibatkan stroke.

Apabila penggumpalan tersebut terjadi pada pembuluh darah jantung, akan berakibat pada terjadinya serangan jantung.

3. Mencegah Rematik

Kurma kaya akan mineral penting bagi tubuh, khususnya zat besi dan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang.

Penderita rematik dapat mengonsumsi buah kurma untuk mencegah gejala yang ditimbulkannya setiap saat.

Mengonsumsi kurma secara rutin akan mampu memenuhi kebutuhan tubuh terhadap mineral, sehingga mineral tersebut akan terus tersuplai dengan baik dan stabil.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ vital dalam tubuh manusia yang berperan penting dalam kelancaran sirkulasi dari ke seluruh sel-sel tubuh.

Kurma mengandung potasium yang tinggi untuk mengurangi resiko stroke dan penyakit terkait dengan jantung lainnya.

Mengonsumsi kurma menjadi cara yang sehat dalam mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh, pemicu utama penyakit jantung.

5. Mengembalikan Energi Tubuh yang Hilang

Puasa kadang berdampak pada hilangnya energi tubuh karena tidak adanya asupan makanan selama kurang lebih 13 jam.

Kurma mengandung gula alami, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Ketiga gula alami tersebut sangat baik untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

Demikian juga rasa lelah akan dapat segera diatasi dengan mengunyah beberapa butir kurma, sehingga stamina tubuh kembali pulih.

6. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Kandungan vitamin B dan kalium pada kurma berperan penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf. Kalium mampu mengendalikan oksigen dalam tubuh sampai ke otak, sehingga sistem kerja otak tetap terjaga dengan baik.

Mengonumsi kurma secara rutin akan membuat sistem saraf menjadi sehat dan responsif serta meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan aktivitas otak.

Baca :

Kurma dapat menjadi menu makanan pilihan bagi orang-orang yang sudah mulai menua dan sistem sarafnya menjadi lamban untuk menjaga pikiran mereka agar tetap tajam.

Demikian beberapa manfaat kurma untuk menjaga kesehatan di bulan puasa Ramadhan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan