Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi MAME Tahun 2021

Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi MAME Tahun 2021

Dvcodes.com. Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi MAME Tahun 2021 akan diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK).

Konsep utama diadakan MAME ini adalah “mendapatkan konten bahan ajar mobile edukasi yang dikembangkan oleh komunitas”.

MAME 2021 merupakan perubahan nama dari Lomba Aplikasi Mobile Kihajar. MAME memilih karya Aplikasi Mobile Edukasi yang layak untuk dimanfaatkan bagi pendidikan di Indonesia. Karya ini merupakan aplikasi yang dapat beroperasi di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan.

Tujuan

1. Memotivasi masyarakat untuk mengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat mobile/handphone.

2. Memotivasi pelajar, guru, dan masyarakat akan pentingnya bahan ajar/media pembelajaran berbasis mobile sebagai salah satu media pembelajaran alternatif.

3. Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh siswa sekolah melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.

4. Membentuk komunitas untuk mengembangkan konten yang memperkaya konten pendidikan di internet.

Sasaran

Sasaran dalam kegiatan ini adalah pelajar yang sedang mempelajari proses pengembangan aplikasi mobile untuk pendidikan.

Berikutnya adalah guru yang menjadi ujung tombak dalam pengembangan dan pemanfaatan aplikasi mobile untuk pendidikan. Selain itu juga khalayak umum yang tertarik dengan pengembangan aplikasi mobile untuk pendidikan.

Target yang hendak diraih adalah 100 konten sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang ditetapkan untuk dijadikan bahan ajar guna memperkaya konten-konten mobile edukasi di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id.

Tahapan Pelaksanaan

Program mobile edukasi merupakan salah satu model pembelajaran multimedia yang dikembangkan oleh BPMPK.

Keunikan dari model ini adalah dapat menggunakan alat (devicesmartphone, yang banyak digunakan dan dimanfaatkan masyarakat sebagai alat komunikasi.

Di dalam mempopulerkan program mobile edukasi yang dikembangkan oleh BPMPK, maka BPMPK mengajak masyarakat khususnya pelajar, guru dan masyarakat umum untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia berbasis mobile edukasi, dalam bentuk kegiatan Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi MAME Tahun 2021 dengan 4 kategori, sebagai berikut.

1. Kategori Pelajar bertema Sosial Budaya

2. Kategori Guru bertema Mata Pelajaran

3. Kategori Umum bertema Virtual, dan

4. Kategori Umum bertema Game Edukasi.

Pelaksanaan kegiatan Membuat Aplikasi Mobile Edukasi MAME 2021 ini terbagi dalam 4 tahapan, yaitu Sosialisasi/Publikasi, Pendaftaran dan Pengumpulan Karya, Seleksi Karya Kontributor, dan Seleksi Karya Terbaik.

Waktu dan Tempat

Pendaftaran dan pengumpulan karya pada 1 April 2021 sampai 31 Juli 2021 secara online melalui laman https://m-edukasi.kemdikbud.go.id.

Langkah Pendaftaran

1. Kunjungi website resmi MAME kemudian mendaftar menjadi peserta

2. Akun user peserta adalah alamat email yang didaftarkan

3. Peserta mendapatkan konfirmasi email

4. Peserta wajib :

a. Melengkapi biodata

b. Mengunggah identitas bukti diri (kartu identitas dan foto diri)

c. Mengunggah karya beserta surat pernyataan orisinalitas karya

d. Mengunggah video demo karya dengan durasi 30-60 detik.

e. Upload ikon ( 512 x 512 px) dan 3 screenshot karya (ukuran sesuai smartphone)

f. Peserta memberikan deskripsi atau sinopsis mengenai karya yang diunggah

5. Biodata, karya lomba, video demo, ikon, dan deskripsi bisa diperbaharui dan diunggah ulang sampai batas akhir waktu pendaftaran.

Persyaratan Peserta

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Peserta wajib aktif mengikuti berita/informasi dari panitia MAME melalui website, email, dan media sosial resmi MAME .

3. Kegiatan terbagi menjadi empat kategori yaitu :

a. Kategori Pelajar :
  • SD, SMP, SMA/SMK atau sederajat dan saat Seleksi Karya Terbaik  masih berstatus pelajar dengan menunjukkan bukti yang sah.
  • Wajib melampirkan/mengunggah surat izin dari kepala sekolah untuk mengikuti MAME.
  • Apabila lolos ke Seleksi Karya Terbaik, peserta masih berstatus pelajar dan wajib membawa surat tugas dari kepala sekolah
  • Panitia memberi fasilitas satu guru pendamping setiap peserta untuk menghadiri acara Seleksi Karya Terbaik
  • Guru pendamping wajib membawa surat tugas dari kepala sekolah peserta.
  • Panitia akan menanggung transportasi dan akomodasi (konsumsi dan penginapan) guru pendamping.
b. Kategori Guru :
  • Guru segala jenjang (SD, SMP, SMA/SMK atau sederajat)
  • Pamong belajar, tutor keaksaraan, pendidik PAUD
  • Wajib melampirkan/mengunggah surat izin yang mencantumkan mata pelajaran yang diampu, dari atasan langsung untuk mengikuti MAME.
  • Jika lolos ke Seleksi Karya Terbaik, peserta masih berstatus guru, pamong belajar,tutor keaksaraan atau pendidik PAUD, dengan menunjukkan surat tugas dari kepala sekolah/atasan langsung.
c. Kategori Umum Virtual: masyarakat umum
d. Kategori Umum Game Edukasi: masyarakat umum

Persyaratan Karya

1. Satu karya yang diunggah dalam format APK (Android) dan HTML5. Jika peserta hanya mengunggah satu format saja, maka panitia berhak mendiskualifikasi.

2. Karya berupa konten mata pelajaran mencantumkan  nama mapel, topik, jenjang, dan tujuan pembelajaran. Sedangkan karya untuk konten umum mencantumkan topik, tujuan, dan sasarannya (semisal Pendidikan Khusus, Pendidikan Masyarakat Budaya atau Bahasa).

3. Karya adalah hasil ide dan kreasi original peserta (dilampiri surat pernyataan orisinalitas karya), isi karya menjadi tanggung jawab peserta.

4. Karya berupa aplikasi mobile yang bisa dimanfaatkan melalui website m-edukasi.kemdikbud.go.id

5. Aplikasi mobile adalah aplikasi yang dapat berjalan pada perangkat smartphone atau tablet.

6. Aplikasi yang terkoneksi dengan server atau internet harus dapat berjalan tanpa koneksi internet.

7. Aplikasi yang terkoneksi server harus menyertakan dokumentasi dan panduan instalasi.

8. Konten karya adalah kreasi original tanpa mengambil dari pihak ketiga.

9. Karya peserta tidak boleh lebih dari 200 MB. Jika karya melebihi ukuran tersebut, maka karya tidak bisa diunggah.

10. Karya belum pernah dipublikasikan.

11. Karya tidak mengandung unsur komersial

12. Karya belum pernah menjadi juara di lomba yang lain.

13. Karya wajib mencantumkan splash screen dengan logo standar yang telah disediakan oleh panitia (dapat diunduh di website resmi lomba), tetapi animasi dan musik boleh dimodifikasi dengan durasi maksimal 5 detik.

14. Tema karya tidak boleh sama  dengan karya yang sudah dipublish pada m-edukasi.kemdikbud.go.id. (gunakan fitur pencarian pada portal m-edukasi.kemdikbud.go.id untuk menghindari kesamaan pemilihan tema).

15. Di dalam aplikasi, peserta diwajibkan mencantumkan kredit yang berisi info pengembang, dan sumber/referensi (apabila menggunakan aset dari pihak lain).

16. Pelajar : Berisi tentang sosial budaya (Misalnya : Pelajar Pancasila, Kenakalan Remaja, Pendidikan Karakter, Budi Pekerti, Kesenian Indonesia, Kebudayaan Indonesia, Peninggalan Sejarah, dan lain-lain).

Guru : Berisi tentang materi pembelajaran sesuai mata pelajaran yang diampu dengan mencantumkan tujuan pembelajaran (mata pelajaran yang diampu dicantumkan dalam surat izin).

Umum Virtual : Umum Virtual dapat berupa Virtual Lab, Virtual Reality, atau Augmented Reality. Untuk karya Virtual Lab berisi simulasi praktikum di laboratorium sekolah, dengan menyertakan lembar kerja praktikum (judul, tujuan, dasar teori, hasil pengamatan, pernyataan, dan kesimpulan) dalam bentuk PDF.

Umum Game Edukasi : Berisi tentang aplikasi permainan yang mengandung unsur pembelajaran, Membantu orang untuk mempelajari subjek tertentu, mengembangkan konsep, memperkuat pengembangan, memahami peristiwa atau budaya historis, atau membantu mempelajari keterampilan saat bermain. Mengandung prinsip-prinsip pembelajaran dan cenderung instruksional (ditunjukan adanya storyline) serta dapat memberikan pengalaman yang menarik dan menyenangkan.

16. Penyajian dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kecuali mata pelajaran bahasa asing/daerah/muatan lokal.

17. Peserta yang masuk Seleksi Karya Kontributor 25 peserta per kategori, menyertakan Source Code atau Resource guna keperluan sinkronisasi karya ke website resmi BPMPK untuk keperluan publikasi dan Seleksi Karya Terbaik.

18. Satu karya hanya boleh di ikut sertakan pada satu kategori saja. Jika terdapat karya yang sama dan terdaftar pada lebih dari satu kategori, maka panitia berhak mendiskualifikasi.

Aspek Penilaian

1. Tanpa kesalahan program/bebas bug

2. Kemudahan pengoperasian.

3. Kompleksitas fungsi dan fitur.

4. Keunikan dan keselarasan penyajian materi.

5. Kelengkapan komponen menu.

6. Keunikan penyajian dan kelancaran tampilan Media.

7. Keselarasan icon dengan fungsi.

8. Kemenarikan tampilan secara menyeluruh.

9. Cakupan materi

10. Kesesuaian tujuan dengan isi materi

Penghargaan

Total keseluruhan penghargaan untuk semua kategori dalam MAME 2021 kurang lebih Rp. 358.000.000,-

Hadiah Untuk Pemenang Kategori Pelajar
  • Karya Terbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
  • Karya Terbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
  • Karya Terbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 8.000.000,-
  • Peringkat 4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
Hadiah Untuk Pemenang Kategori Guru 
  • Karya Terbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
  • Karya Terbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
  • Karya Terbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
  • Peringkat 4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
Hadiah Untuk Pemenang Kategori Umum Virtual
  • Karya Terbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
  • Karya Terbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
  • Karya Terbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
  • Peringkat 4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
Hadiah Untuk Pemenang Kategori Umum Game Edukasi
  • Karya Terbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
  • Karya Terbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
  • Karya Terbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
  • Peringkat 4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-

Perkiraan Waktu

1. Sosialisasi : Maret 2021

2. Pendaftaran dan Pengumpulan Karya : 1 April – 31 Juli 2021

3. Seleksi Kontributor : Agustus 2021

4. Seleksi Karya Terbaik : September 2021

Informasi selengkapnya mengenai Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi MAME  Tahun 2021 dapat Anda lihat pada laman https://m-edukasi.kemdikbud.go.id.

Demikian yang dapat kami informasikan mengenai penyelenggaran Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi MAME Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *