Materi Pengayaan Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2020

Materi Pengayaan Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2020

Dvcodes.com. Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2019/2020 sebentar lagi akan diselenggarakan. Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2020 ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Di dalam Undang-Undang Sisdiknas tersebut, disebutkan bahwa tujuan Ujian Nasional (UN) adalah  untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Pelaksanaan UN Tahun 2020 mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah.

Meskipun bukan lagi sebagai penentu kelulusan peserta didik, tetapi hasil Ujian Nasional tahun akan dijadikan sebagai pemetaan mutu pendidikan untuk meningkatkan kualitas sekolah di masing-masing daerah.

Hasil Ujian Nasional juga dapat dijadikan sebagai pertimbangan seleksi masuk ke jenjang berikutnya. Selain itu, hasil ujian nasional dapat menjadi dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.

Hasil Ujian Nasional dijadikan sebagai indikator mutu pendidikan di tingkat nasional, propinsi, kabupaten/kota, dan sekolah/madrasah.

Setiap peserta didik pada pendidikan dasar dan menengah wajib mengikuti Ujian Nasional satu kali untuk seluruh mata pelajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Peserta didik yang berhak untuk mengikuti Ujian Nasional adalah yang telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu.

Selain itu, peserta didik memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu mulai semester satu pada tahun pertama sampai dengan semester pertama pada tahun terakhir.

Pencapaian kompetensi lulusan dalam Ujian Nasional dinyatakan dalam kategori sangat baik, baik, cukup, dan kurang.

Sedangkan penilaian pencapaian kompetensi lulusan dalam Ujian Nasional didasarkan pada rentang nilai 0 sampai 100 dengan kategori sebagai berikut.

a. Sangat Baik dengan kriteria 85 < Nilai ≤ 100

b. Baik dengan kriteria 70 < Nilai ≤ 85

c. Cukup dengan kriteria 55 < Nilai ≤ 70

d. Kurang dengan kriteria 0 ≤ Nilai ≤ 55

Soal Ujian Nasional Tahun 2020

Soal Ujian Nasional tahun 2020 disusun dan dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penilaian Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Soal dipilih dan dirakit dari bank soal sesuai dengan kisi-kisi Ujian Nasional yang telah ditetapkan.

Proses pengembangan soal ini melibatkan unsur-unsur guru mata pelajaran, dosen perguruan tinggi, anggota BSNP, dan tentunya pakar penilaian pendidikan.

Penyelenggaran Ujian Nasional tahun pelajaran 2019/2020 masih menggunakan dua bentuk ujian, yaitu Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Akan tetapi, persentase satuan pendidikan penyelenggara Ujian Nasional dengan sistem UNBK tahun ini lebih banyak jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca : Ringkasan Materi dan Contoh Soal UN SMP MTs 2020.

Berdasarkan jadwal yang dirilis oleh BNSP, Ujian Nasional SMP MTs tahun pelajaran 2019/2020 akan diselenggarakan pada tanggal 20, 21, 22, dan 23 April 2020.

Sedangkan ujian susulan akan dilaksanakan pada tanggal 29 April – 3 Mei 2020. Pengumuman hasil Ujian Nasional di Satuan Pendidikan rencananya pada tanggal 5 Juni 2020.

Soal Ujian Nasional 2020 akan menggunakan bentuk soal HOTS  (Higher Order Thinking Skill) atau soal dengan kemampuan analisis tinggi.

Peserta didik diharapkan dapat mempersiapkan diri sejak awal untuk dapat mengerjakan soal Ujian Nasional tahun 2020 ini dengan baik, sehingga mampu memperoleh hasil maksimal.

Materi Pengayaan Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2020

Salah satu persiapan yang harus dilakukan peserta didik dalam menghadapi Ujian Nasional SMP MTs tahun 2020 adalah berlatih mengerjakan soal Ujian Nasional.

Di dalam membantu peserta didik mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional tahun pelajaran 2019/2020, berikut admin bagikan materi pengayaan soal UN IPA Biologi SMP tahun 2020.

Ruang lingkup materi Ujian Nasional IPA SMP MTs tahun 2020 adalah sebagai berikut.

1. Pengukuran, zat, dan sifatnya

2. Mekanika dan tata surya

3. Gelombang, listrik, dan magnet

4. Makhluk hidup dan lingkungannya

5. Struktur dan fungsi makhluk hidup

Contoh materi pengayaan soal UN IPA Biologi SMP tahun 2020.

Soal nomor 1

Indikator SKL :

Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.

Indikator soal : 

Disajikan gambar makhluk hidup yang memiliki ciri tertentu, peserta didik dapat menentukan ciri makhluk hidup sesuai dengan ciri yang ditunjukkan oleh gambar.

Soal :

Perhatikan gambar berikut!

Dibalik daun tanaman tersebut tampak bintik-bintik berwarna cokelat kehitaman seperti ditunjuk dengan tanda panah.

Sesuai dengan dengan adanya tanda bintik-bintik tersebut menunjukkan bahwa makhluk hidup memiliki ciri ….

A. iritabilita

B. reproduksi

C. adaptasi

D. nutrisi

Kunci : A

Pembahasan :

Bintik-bintik berwarna cokelat kehitaman seperti ditunjuk dengan tanda panah pada tanaman paku adalah sorus, dalam sorus terdapat kumpulan sporangia yang merupakan tempat atau wadah dari spora. Spora adalah alat perkembangbiakan vegetatif.

Soal nomor 2

Perhatikan gambar tumbuhan di bawah ini!

Kelompok tumbuhan yang memiliki kekerabatan terdekat berdasar ciri yang dimiliki ditunjukkan oleh ….

A. I dan III

B. II dan III

C. III dan IV

D. IV dan I

Kunci : C

Pembahasan:

Gambar I adalah contoh tanaman paku jenis Pteris excelsa

Gambar II adalah contoh tanaman paku Tanduk Rusa (Platycerium bifurcatum)

Gambar III Lumut hati Hepaticopsida

Gambar IV jenis lumut Musci sp

Soal nomor 3

Indikator SKL   :

Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.

Indikator soal  :

Disajikan gambar tentang rantai makanan, peserta didik dapat menentukan makhluk hidup yang menduduki tingkat trofik tertentu.

Soal :

Perhatikan gambar berikut!

Tingkat trofik kedua ditunjukkan oleh individu nomor ….

A. I

B. II

C. III

D. IV

Kunci : B

Pembahasan :

Tiap tingkat dari rantai makanan dalam suatu ekosistem disebut tingkat trofik. Pada tingkat trofik pertama adalah organisme yang mampu menghasilkan zat makanan sendiri yaitu tumbuhan hijau atau organisme autotrof dengan kata lain sering disebut produsen.

Organisme yang menduduki tingkat tropik kedua disebut konsumen primer (konsumen I). Konsumen I biasanya diduduki oleh hewan herbivora.

Organisme yang menduduki tingkat tropik ketiga disebut konsumen sekunder (Konsumen II), diduduki oleh hewan pemakan daging (karnivora) dan seterusnya. Organisme yang menduduki tingkat tropik tertinggi disebut konsumen puncak.

Soal nomor  4

Indikator SKL   :

Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Indikator Soal  :

Disajikan pernyataan tentang dampak bahan tertentu terhadap lingkungan, peserta didik dapat menjelaskan usaha untuk mengurangi dampak kerusakan yang lebih besar.

Soal : 

Lepasnya emisi karbon dioksida ke atmosfer telah mengakibatkan meningkatnya kerusakan lingkungan dan pemanasan global. Usaha yang dapat dilakukan agar hal tersebut tidak berdampak lebih besar adalah ….

A.   melakukan reboisasi pada lahan-lahan gundul

B.   mempercepat pembukaan lahan melalui deforestasi

C.   menata kembali struktur bangunan di daerah perkotaan

D.   memanfaatkan lahan gambut sebagai daerah pertanian

Kunci : A

Pembahasan :

Emisi gas karbondioksida adalah bersifat racun bagi manusia dan apabila terakumulasi di atmosfir akan mengakibatkan efek rumah kaca  dan bumi menjadi panas. Gas karbondioksida dapat mengalami peningkatan terutama akibat kerusakan hutan.

Tumbuhan hijau adalah penyerap alami gas CO2 di lingkungan (untuk proses fotosintesis). Maka usaha yang paling tepat dalam mengendalikan peningkatan gas ini adalah mengurangi lahan gundul dengan cara reboisasi.

Soal nomor 5

Indikator SKL   :

Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/ kasus.

Indikator Soal  :

Disajikan data berupa histogram/grafik tentang kepadatan penduduk di beberapa daerah, peserta didik dapat memprediksikan daerah yang memiliki tingkat kebutuhan air bersih paling sedikit.

Soal : 

Perhatikan gambar berikut!

Prediksi daerah yang memiliki kebutuhan sumber air bersih paling sedikit ditunjukkan oleh daerah ….

A. I

B. II

C. III

D. IV

Kunci : B

Pembahasan :

Kebutuhan air bersih sangat tergantung dari seberapa besar jumlah penduduk di daerah tersebut. Berdasar histogram maka daerah II memiliki jumlah penduduk paling sedikit, maka sangat dimungkinkan bahwa daerah tersebut memerlukan air bersih juga sedikit.

……

Materi pengayaan soal UN IPA Biologi SMP tahun 2020 secara lengkap dapat di unduh di sini.

Baca : Materi Pengayaan Soal UN IPA Fisika SMP Tahun 2020

Demikian materi pengayaan soal UN IPA Biologi SMP tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan