Menu Makanan Yang Tepat Dikonsumsi Saat Berbuka dan Sahur

Menu Makanan Yang Tepat Dikonsumsi Saat Berbuka dan Sahur

Dvcodes.com –  Menjaga pola makan yang sehat dan seimbang merupakan hal penting yang harus dilakukan saat berpuasa.

Kebutuhan nutrisi pada saat berbuka dan sahur perlu diperhatikan, karena menyangkut imun tubuh. Jika menu makanan yang dikonsumsi saat puasa tepat, sistem imun tubuh juga akan terjaga dengan baik, meskipun seharian tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman.

Sebaliknya, apabila kita salah dalam memilih menu makanan saat berpuasa dan sahur, maka justru akan menguras energi tubuh, sehingga sistem imun menjadi menurun.

Lantas menu makanan apa yang tepat dikonsumsi saat berbuka dan sahur? Untuk menjawab hal tersebut, kita perlu mengetahui terlebih dahulu makanan-makanan yang harus dihindari saat berpuasa.

Makanan yang harus dihindari saat berpuasa karena berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, antara lain makanan yang terlalu manis, makanan pedas, makanan asin, dan makanan kaleng.

Baca : 5 Makanan Berikut Wajib Dihindari Saat Puasa Ramadhan

Menu Buka Puasa

Menurut pakar gizi, makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat berbuka puasa adalah makanan yang mengandung pemanis alami dan menyehatkan, seperti semangka, kurma, pisang, dan melon.

Pada saat berbuka puasa, yang pertama dikonsumsi, yaitu makanan manis untuk meningkatkan glukosa, asalkan tidak berlebihan. Terlalu banyak makan makanan manis berakibat pada menurunnya sistem imun.

Dengan demikian, ketika berbuka puasa, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan manis alami, seperti buah-buahan.

Untuk menu utama ketika berbuka, diupayakan mencakup semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh, khususnya protein, baik nabati maupun hewani.

Menu utama buka puasa bisa nasi dengan daging ayam (tanpa kulit), ikan, tempe, tahu, atau daging yang tidak banyak lemak. Dapat juga dilengkapi dengan sayur sop, bayam, atau sayur bening lainnya.

Protein dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem imun, akan tetapi dengan lemak yang rendah. Sebaiknya memasak makanan yang mengandung protein tidak dengan cara digoreng.

Sebelum tidur, kita dapat mengonsumsi susu hangat, kacang rebus, yogurt, atau pisang dengan keju. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah tidak mengonsumsi banyak karbohidrat.

Menu Sahur

Menu sahur dapat juga sama dengan menu berbuka, yaitu mencakup semua kandungan gizi yang diperlukan tubuh.

Menu untuk sahur dapat dipilih nasi dengan sayur bening dan makanan berprotein, tetapi hindari mengonsumsi sayur yang bersantan. Jika menginginkan tumis. olah tumis dengan sedikit minyak.

Tambahkan bumbu rempah-rempah di dalam masakan sahur karena akan ikut membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Misalnya, sayur bayam ditambahkan daun kunyit atau tumis kol dengan bawang putih yang digeprek.

Menu Makanan Yang Tepat Dikonsumsi Saat Berbuka dan Sahur

Makanan yang sehat sudah cukup mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh, termasuk vitamin dan mineral.

Sebaiknya kita tidak perlu menambahkan suplemen lain ke tubuh saat berpuasa. Suplemen bisa digunakan pada saat kondisi tubuh terasa tidak enak.

Demikian informasi mengenai menu makanan yang tepat dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Selamat berpuasa dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan