Modul Belajar Mandiri Seleksi Calon Guru PPPK P3K Tahun 2021 Lengkap

Modul Belajar Mandiri Seleksi Calon Guru PPPK P3K Tahun 2021 Lengkap

Dvcodes.com. Modul Belajar Mandiri ini dibagikan untuk referensi belajar Calon Guru PPPK P3K Tahun 2021. Modul tersebut dapat menjadi salah satu bahan belajar mandiri untuk persiapan seleksi guru PPPK tahun 2021.

Kemasan modul dalam konsep pembelajaran mandiri tersebut menyajikan pembelajaran yang berfungsi sebagai bahan belajar untuk mengingatkan kembali substansi materi pada setiap bidang studi.

Calon guru PPPK juga dapat menggunakan bahan belajar lainnya untuk menyiapkan diri mengikuti seleksi guru PPPK. Calon guru PPPK dapat mengkombinasikan modul belajar ini dengan sumber belajar lainnya.

Modul belajar mandiri ini untuk memberikan pengalaman belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep dari pembelajaran di setiap materi dan substansi materi yang tersaji.

Komponen-komponen di dalam modul belajar mandiri seleksi calon guru PPPK tahun 2021 dikembangkan dari beberapa modul yang diterbitkan oleh Dirjen GTK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca : Download Contoh Soal Ujian Seleksi PPPK Tahun 2021 Lengkap

Beberapa modul untuk pengembangan modul belajar mandiri Biologi tersebut adalah Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Modul Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP), dan Modul Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Modul belajar mandiri ini untuk membantu peserta seleksi guru PPPK agar mudah memahami konsep pedagogi dan profesional pada bidang studi PGSD.

Pada tahun 2021, pemerintah kembali akan melaksanakan seleksi guru PPPK, pada guru honorer yang terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan telah memenuhi persyaratan.

Rencana seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja tahun 2021 tersebut meliputi beberapa tahapan, mulai dari pengajuan formasi, pendaftaran, ujian seleksi, penempatan, hingga pemberkasan.

Seleksi guru PPPK kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena pada tahun sebelumnya formasi untuk guru PPPK terbatas. Sedangkan pada tahun 2021 ini, semua guru honorer dan lulusan PPG bisa mendaftar untuk mengikuti seleksi.

Semua yang lulus seleksi akan menjadi guru ASN PPPK hingga batas satu juta guru. Oleh karenanya agar pemerintah bisa mencapai target satu juta guru, maka pemerintah pusat mengundang pemerintah daerah untuk mengajukan formasi lebih banyak sesuai kebutuhan.

Peserta Seleksi Guru PPPK

Materi Ujian Seleksi PPPK 

Materi ujian seleksi guru PPPK tahun 2021 terdiri atas beberapa tipe soal sebagai berikut.

1. Kompetensi Bidang/Teknis

Kompetensi Bidang/Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan bidang teknis jabatan.

2. Tes Bakat Skolastik

Tes Bakat Skolastik adalah tes yang mengukur kemampuan potensial umum yang dirancang untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.

3. Kompetensi Manajerial

Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan untuk memimpin dan mengelola organisasi.

4. Kompetensi Sosio Kultural

Kompetensi Sosial Kultural adalah pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk.

5. Pertanyaan Wawancara

Wawancara adalah tanya jawab antara dua pihak, yaitu pewawancara dan narasumber untuk memperoleh suatu data tentang suatu hal.

Berikut ini adalah tabel mengenai materi ujian seleksi PPPK tahun 2021 (tipe, jumlah soal. waktu, dan bobot soal).

Modul Belajar Mandiri Seleksi Guru PPPK P3K Tahun 2021

Dalam mempersiapkan calon guru ASN PPPK melaksanakan seleksi guru ASN PPPK, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktur jenderal GTK mempersiapkan modul-modul pembelajaran setiap bidang studi sebagai bahan belajar mandiri, salah satunya adalah modul belajar mandiri.

Pemanfaatan komunitas pembelajaran menjadi hal yang sangat penting dalam belajar antara calon guru ASN PPPK secara mandiri.

Penyajian modul dalam konsep pembelajaran mandiri, sehingga menyajikan pembelajaran yang berfungsi sebagai bahan belajar untuk mengingatkan kembali substansi materi pada setiap bidang studi.

Pengembangan dalam modul ini bukanlah modul utama yang menjadi dasar atau satu-satunya sumber belajar dalam pelaksanaan seleksi calon guru ASN PPPK, tetapi calon guru dapat mengkombinasikannya dengan sumber belajar lainnya.

Silakan unduh modul belajar mandiri seleksi calon Guru PPPK P3K tahun 2021 selengkapnya pada link berikut ini.
  1. TK PAUD – Unduh
  2. Pedagogik Umum – Unduh
  3. PGSD – Unduh
  4. PJOK SD – Unduh
  5. Bahasa Indonesia – Unduh
  6. Bahasa Inggris – Unduh
  7. IPA – Unduh
  8. Matematika – Unduh
  9. IPS – Unduh
  10. PPKn – Unduh
  11. Fisika – Unduh
  12. Biologi – Unduh
  13. Ekonomi – Unduh
  14. Sejarah – Unduh
  15. Bimbingan – Unduh

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai modul belajar mandiri seleksi calon Guru PPPK P3K tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *