Naskah Pidato Peringatan HUT Ke 75 RI Tahun 2020

Naskah Pidato Peringatan HUT Ke 75 RI Tahun 2020

Dvcodes.com. Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 75 Tahun 2020 dilakukan di tengah-tengah pandemi Covid-19.

Kondisi ini tentu berbeda suasananya dengan peringatan tahun-tahun sebelumnya. Suasana kemeriahan HUT RI yang biasanya diwarnai dengan berbagai kegiatan perlombaan tidak dapat dijumpai pada peringatan HUT RI tahun ini.

Pembatasan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa seperti perlombaan merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada peringatan HUT kemerdekaan RI ke 75. 

Bahkan, di dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 secara lebih luas, maka upacara bendera peringatan HUT RI ke 75 tahun 2020 hanya dilakukan di Tingkat Pusat (istana Negara), Kantor Pewakilan RI di Luar Negeri, dan Tingkat Daerah (Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota).

Ketentuan tersebut tertuang dalam Surat Menteri Sekretaris Negara selaku Ketua Panitia Negara  Perayaan Hari-hari Nasional Nomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 tentang Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020.

Baca : Pedoman Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Tingkat Pusat akan dimulai Pukul 10.00 WIB di Halaman Istana Merdeka Jakarta.

Upacara juga akan dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, sangat minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Upacara hanya akan dihadiri oleh Presiden (selaku Inspektur Upacara) dan Wakil Presiden serta Petugas Upacara, yaitu Ketua MPR (selaku Pembaca Teks Proklamasi), Menteri Agama (selaku Pembaca Doa), Panglima TNI, dan Kapolri, serta tidak mengundang pejabat dan masyarakat.

Di dalam Pedoman Peringatan HUT Ke 75 Kemerdekaan RI juga disampaikan bahwa pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10.17 sampai dengan 10.20 WIB nanti (selama 3 menit), segenap masyarakat Indonesia wajib menghentikan aktivitasnya sejenak.

Masyarakat diminta untuk berdiri tegap saat pengumandangan lagu Indonesia Raya secara serentak dan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Pengecualian menghentikan aktivitas sejenak tersebut berlaku bagi warga dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain apabila dihentikan.

Naskah Pidato Peringatan HUT Ke 75 RI Tahun 2020

Salah satu acara seremonial dalam peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI tahun 2020 adalah upacara bendera.

Komponen pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI, antara lain : (1) Inspektur Upacara; (2) Komandan Pasukan; (3) Komandan Pasukan; (4) Pasukan; (5) Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra); (6) Ajudan; (7) Protokol (Pembawa Acara); (8) Pembaca Teks Pancasila; (9) Pembaca Tes Pembukaan UUD 1945; (10) Pembaca Doa; dan (11) Paduan Suara.

Susunan upacara HUT ke 75 Kemerdekaan RI tahun 2020 pada dasarnya sama dengan susunan upacara tahun-tahun sebelumnya.

Berikut adalah contoh susunan upacara HUT Kemerdekaan RI yang dapat dikembangkan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan yang ada.

Acara Pendahuluan
  1. Masing-masing Komandan Pasukan menyiapkan pasukannya.
  2. Komandan Upacara memasuki lapangan upacara
Acara Pokok
  1. Inspektur Upacara memasuki lapangan upacara, pasukan disiapkan
  2. Penghormatan pasukan
  3. Laporan Komandan Upacara
  4. Pengibaran Bendera Kebangsaan Merah Putih, dipimpin Komandan Upacara
  5. Mengheningkan Cipta dipimpin Inspektur Upacara
  6. Detik-detik Proklamasi
  7. Pembacaan Teks Proklamasi oleh Inspektur Upacara
  8. Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  9. Amanat Inspektur Upacara
  10. Pembacaan Doa
  11. Laporan Komandan Upacara
  12. Penghormatan pasukan
Acara Penutup
  1. Inspektur Upacara meninggalkan lapangan upacara
  2. Upacara selesai, pasukan dibubarkan

Salah satu bagian penting dalam upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI adalah pembacaan pidato sambutan.

Pembacaan pidato sambutan HUT ke 75 Kemerdekaan RI tahun 2020 dilaksanakan pada saat amanat inspektur upacara.

Dengan demikian, pidato sambutan upacara HUT Kemerdekaan RI ke 75 tahun 2020 akan dibacakan secara langsung oleh inspektur upacara saat amanat berlangsung.

Baca juga : Naskah Doa Upacara Peringatan HUT Ke 75 RI Tahun 2020

Pada umumnya, pidato sambutan upacara HUT Kemerdekaan RI akan disesuaikan dengan pelaksanaan pada masing-masing instansi.

Misalnya, untuk naskah pidato upacara HUT kemerdekaan RI di lingkungan sekolah, dapat dibuat oleh panitia pelaksana upacara  dengan pengembangan sesuai kebutuhan.

Berikut adalah contoh pidato sambutan HUT ke 75 kemerdekaan RI Tahun 2020.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh/
Shalom/
Om Swastiastu/
Namo Buddhaya/
Rahayu/
Selamat Pagi, dan Salam Sejahtera bagi kita semua,

Marilah senantiasa kita bersyukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, karena pada hari ini kita dapat memperingati 75 tahun Kemerdekaan Negara kita tercinta, Republik Indonesia.

Rasa syukur ini tentu akan lebih bermakna apabila kita juga mengetuk relung hati kembali untuk mengenang jasa-jasa Pahlawan Kemerdekaan seraya berdoa agar Tuhan menempatkannya di tempat terbaik di sisi-Nya.

Peserta upacara yang saya hormati,

Tidak terasa, 75 tahun sudah bangsa ini merdeka. Kemerdekaan Indonesia ke 75 ini hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai lepasnya bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan. Merdeka bukan pula bermakna akhir dari perjuangan.

Kemerdekaan adalah hak segala bangsa, sesuai dengan amanat Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 

Proklamasi menjadi syarat utama kemerdekaan bangsa Indonesia. Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang diproklamirkan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 sekaigus menjadi puncak perjuangan mengusir penjajah dan tonggak sejarah lahirnya Negara Kesatuan Republik.

HUT RI ke 75 Tahun 2020 harus dimaknai sebagai momen pemersatu bangsa, dimana kita memiliki kewajiban untuk mempertahankan dan mengembangkan hasil kemerdekaan tersebut. Kemerdekaan harusnya membuat kita berbuat lebih untuk bangsa dan negara Indonesia. 

Peserta upacara yang berbahagia,

Tema peringatan Hari Ulang Tahun ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 ini adalah “Indonesia Maju”

Indonesia Maju adalah sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebuah simbolisasi dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan, dan kesatuan Indonesia.

Selain itu, tema kemerdekaan Indonesia Maju menjadi simbol ajakan agar masyarakat Indonesia mau fokus bersama ke hal-hal penting dalam menyatukan keberagaman di Tanah Air.

Makna kemerdekaan saat ini bukan hanya sebagai kata, kemerdekaan adalah kesempatan. Kesempatan untuk bermimpi hingga jadi nyata dan kesempatan untuk berkarya tanpa batas. Sekarang saatnya kita fokus kepada hal yang benar-benar penting dalam menyatukan keberagaman melalui kolaborasi untuk memperkenalkan jati diri bangsa Indonesia.

…..

Contoh Pidato Sambutan HUT ke 75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 secara lengkap dapat di unduh pada link berikut.

Pidato Sambutan HUT ke 75 Kemerdekaan RI Tahun 2020

Kelengkapan pelaksanaan upacara bendera HUT Ke 75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 juga dapat di unduh pada link berikut.

Tinggalkan Balasan