Panduan dan Jadwal BDR TVRI Minggu Ke-35 (7 – 13 Desember 2020)

Panduan dan Jadwal BDR TVRI Minggu Ke-35 (7 – 13 Desember 2020)

Dvcodes.com. Kemendikbud bekerjasama dengan TVRI telah membuat program Belajar Dari Rumah di TVRI selama masa pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 berdampak pada seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali di bidang pendidikan.

Selama pandemi Covid-19, Kemendikbud meminta peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran di rumah, baik secara daring (online) maupun luring (luar jaringan). Keputusan ini diambil sebagai upaya untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19.

Meskipun dalam kondisi darurat seperti sekarang ini, Kemendikbud tetap memastikan agar pendidikan tetap berjalan. Peserta didik harus terus mendapatkan kesempatan untuk belajar, meskipun dilakukan dari rumah.

Program Belajar Dari Rumah di TVRI ini menjadi alternatif untuk pembelajaran yang tidak bisa dilakukan secara daring.

Program ini dapat diikuti oleh peserta didik dari semua jenjang pendidikan, mulai PAUD sederajat sampai dengan SMA sederajat. Beberapa program juga ada yang dikhususkan untuk guru dan orangtua.

Tujuan Program Belajar Dari Rumah di TVRI

Program Belajar Dari Rumah di TVRI ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerisasi peserta didik. Sebagaimana diketahui bahwa kedua kompetensi tersebut sangat dibutuhkan dalam pembelajaran abad 21.

Pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang mempersiapkan generasi abad 21 dengan tiga subjek utama dalam pembelajaran, yaitu : (1) keterampilan belajar dan berinovasi; (2) Keterampilan memperoleh informasi, media, dan teknologi; dan (3) Keterampilan hidup dan berkarir.

Keterampilan berpikir yang harus dikuasai peserta didik dalam pendidikan pada abad 21 adalah berpikir kreatif, kritis, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan.

Kompetensi literasi dan numerisasi yang dimiliki peserta didik menjadi syarat untuk menguasai keterampilan tersebut.

Program Belajar Dari Rumah di TVRI juga bertujuan untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak.

Bentuk kelekatan dan ikatan emosional tersebut adalah melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Selain materi pembelajaran jenjang PAUD hingga pendidikan menengah, program tersebut juga menayangkan materi bimbingan untuk orangtua dan guru, Setiap akhir pekan (Sabtu dan Minggu), akan ditayangkan program-program kebudayaan.

Kemendikbud telah menyiapkan 720 episode dalam pelaksanaan program Belajar Dari Rumah di TVRI.  Materi pelajaran diambilkan dari berbagai sumber. Akan tetapi, sebagian besar materinya merupakan produksi dari Kemendikbud melalui program Televisi Edukasi.

Selain itu, untuk program kebudayaan, TVRI menyediakan durasi waktu selama tiga jam, khusus menayangkan program-program kebudayaan.

Beberapa program kebudayaan tersebut berbentuk talkshow (gelar wicara), podcast, kesenian, dan magazine mengenai perkembangan budaya di seluruh Indonesia.

Ada juga tayangan film Indonesia pilihan pada malam hari untuk berbagai genre, seperti film anak-anak, drama, dan juga dokumenter.

Panduan BDR di TVRI Minggu Ke-35 (7 – 13 Desember 2020)

Kemendikbud melalui laman resminya telah menerbitkan Panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI minggu Ke-35 (7 – 13 Desember 2020).

Di dalam Panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI minggu Ke-35 (7 – 13 Desember 2020), terdapat beberapa program acara yang menarik untuk dilihat, antara lain sebagai berikut.

1. Gema Rempah Arka Kinari

Episode 1
Gema Rempah Arka Kinari Banda Neira

Senin, 7 Desember, 20:30

Titik Nol dari jalur rempah Indonesia kala itu bermula di sini… Perbincangan di atas kapal antara host dan Nova mengenai titik nol jalur rempah yang dimulai dari pulau Banda Neira sebagai runutan perjalanan kapal Arka Kinari.

Ragam budaya asli dari Banda Neira menyambut kedatangan Arka Kinari beserta para awaknya seperti mendoakan perjalanan awal kembali menyusuri jalur rempah Indonesia seperti yang pernah terjadi kala itu.

Bukti peninggalan jalur rempah di Banda Neira masih banyak dapat ditemui, antara lain benteng Belgica yang masih gagah berdiri disana.

Tak hanya itu, perkebunan pala beserta keturunan dari pemilik kebun kala itu pun masih ada dan masih berfungsi sebagaimana aslinya. Itulah Banda Neira, magnet dunia dari kekayaan rempahnya.

2. Susur Budaya Khatulistiwa

Episode 1
Susur Budaya Khatulistiwa Nias “Ono Niha”

Selasa, 8 Desember, 09:30 – 10:00

Masyarakat Nias, menganut kepercayaan adanya tiga dunia; pertama dunia atas tempat leluhur, kedua dunia manusia, ketiga dunia bawah tempat yang buruk berada. Pengaruh kosmologi ini jelas terlihat dalam arsitektur Nias, baik dari sisi bentuk rumah adat maupun perkampungannya.

Bagian atas adalah bagian yang paling dihormati. Semakin tinggi letak kampung berada, semakin dekat dengan dunia atas maka semakin aman dan sejahtera perkampungan tersebut.

Masyarakat Nias mempunyai tradisi perang yang tinggi. Hal tersebut dapat dimengerti karena sering terjadinya peperangan antar desa yang disebabkan tradisi mengayau dan penculikan warga desa untuk dijual sebagai budak.

Batu di Nias dijadikan sebagai ornament dalam tradisi lompat batu, fahombo di masyarakat Nias Selatan. Sebagai tradisi yang sengaja diciptakan untuk menghapus tradisi berburu kepala manusia, yaitu Mangani binu untuk keperluan memuliakan harga diri.

Menyusuri tempat,masyarakat dan budaya di khatulistiwa membuat kita semakin mencintai Indonesia.

3. Talkshow Asli Indonesia

TALKSHOW:
“Jamu Nusantara, Geliat Industri Berbasis Tradisi” (RR)
Senin, 7 Desember 2020, 19:00 – 20:00

Wabah Covid-19 membangkitkan perhatian dan minat orang pada kesehatan, minimal yang terkait dengan kondisi tubuhnya sendiri. Setelah ada info bahwa pertahanan terkuat menghadapi Covid-19 ini adalah daya tahan tubuh sendiri, maka banyak orang mulai mengonsumsi jamu-jamuan.

Bagaimana khasiatnya? Bagaimana Bagaimana pemanfaatan tanaman dalam kebudayaan kita? Apa sesungguhnya potensi dari pengetahuan tradisional mengenai tanaman makanan berkhasiat? Saksikan pembahasannya dalam talkshow ini.

TALKSHOW:
“Pangan dalam Kebudayaan Kita (Ani-ani untuk Dewi Sri)” (RR)
Sabtu, 12 Desember 2020, 09:00 – 10:00

Pangan berperan sentral dalam pembentukan budaya kita. Dalam masyarakat tradisional pangan bukan hanya terkait pemenuhan kebutuhan fisik, namun juga budaya.

Berbagai praktek terkait produksi, distribusi, dan konsumsi pangan membentuk tatanan sosial dan sistem simbolik yang kompleks dan menarik. Bagaimana pangan dalam kebudayaan kita?

TALKSHOW:
“Cagar Budaya, Jaga dan Lestarikan” (RR)
Minggu, 13 Desember 2020, 09:00 – 10:00

Indonesia memiliki beraneka ragam kekayaan cagar budaya. Sejak zaman prasejarah, Hindu Budha, kedatangan Islam, hingga kehadiran kolonialisme telah meninggalkan puluhan hingga ratusan ribu warisan budaya yang sebagian telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya.

Dengan jumlah yang sedemikan besar cagar budaya yang kita miliki, tentu bisa menjadi modal budaya yang luar biasa jika dikelola secara benar.

4. Tayangan Akhir Minggu

CERITA PAGI:
Sabtu, 12 Desember 2020, 08:00 – 09:00
Minggu, 13 Desember 2020, 08:00 – 09:00

Saksikan keseruan petualangan si Unyil dan teman-teman episode 4 dan 5. Setelah itu adik-adik akan menyaksikan Klub Rumah Pohon Episode ke-15.

Pada minggu pagi, adik-adik akan menonton tayangan Kita Wayang Kita episode ke-3 dilanjutkan dengan Kriya Riya episode ke-5.

Game Edutainment
Sabtu, 12 Desember 2020, 10:00 – 10:30
Cerdas Jangan Lupa Cermat Episode 3

Minggu, 13 Desember 2020, 10:00 – 10:30
Cerdas Jangan Lupa Cermat Episode 4

Pekan Kebudayaan Nasional
Minggu, 13 Desember 2020, 10:30 – 11:00
Kompetisi Congklak
Virtual Antar Provinsi (RR)

Panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI Minggu Ke-35  secara lengkap dapat diihat dan diunduh di sini.

Jadwal Acara BDR di TVRI Minggu Ke-35

Program acara Belajar Dari Rumah di TVRI sudah memasuki minggu Ke-35. Jadwal program Belajar Dari Rumah di TVRI minggu ke-34 akan dimulai hari pada hari Senin, 7 Desember 2020, dan berakhir di hari Minggu, 13 Desember 2020. Program acara Belajar Dari Rumah dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 23.30 WIB.

Setiap hari Senin hingga Jumat digunakan untuk pembelajaran dengan total durasi tiga jam per hari bagi semua tayangan.

Tiap jenjang akan mendapatkan jatah waktu belajar selama setengah jam. Setengah jam untuk PAUD, setelah jam untuk kelas 1 sampai kelas 3 SD, setengah jam untuk kelas 4 hingga 6 SD, dan setengah jam lagi masing-masing untuk jenjang SMP, SMA, dan parenting.

Jadwal acara kelas program Belajar Dari Rumah di TVRI untuk Minggu ke-35 (7 – 13 Desember 2020) secara lengkap dapat diunduh di sini.

Catatan :

  • Jadwal acara Belajar Dari Rumah tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.
  • Program Acara tersebut tidak bersifat wajib dan merupakan alternatif belajar dari rumah.

Demikian panduan dan jadwal BDR di TVRI Minggu Ke-35 (7 – 13 Desember 2020). Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *