Panduan dan Jadwal BDR TVRI Minggu Ke 38 (28 – 31 Desember 2020)

Panduan dan Jadwal BDR TVRI Minggu Ke 38 (28 – 31 Desember 2020)

Dvcodes.com. Kemendikbud bekerjasama dengan TVRI telah membuat program Belajar Dari Rumah di TVRI selama masa pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 berdampak pada seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali di bidang pendidikan.

Selama pandemi Covid-19, Kemendikbud meminta peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran di rumah, baik secara daring (online) maupun luring (luar jaringan). Keputusan ini diambil sebagai upaya untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19.

Meskipun dalam kondisi darurat seperti sekarang ini, Kemendikbud tetap memastikan agar pendidikan tetap berjalan. Peserta didik harus terus mendapatkan kesempatan untuk belajar, meskipun dilakukan dari rumah.

Program Belajar Dari Rumah di TVRI ini menjadi alternatif untuk pembelajaran yang tidak bisa dilakukan secara daring.

Program ini dapat diikuti oleh peserta didik dari semua jenjang pendidikan, mulai PAUD sederajat sampai dengan SMA sederajat. Beberapa program juga ada yang dikhususkan untuk guru dan orangtua.

Tujuan Program Belajar Dari Rumah di TVRI

Program Belajar Dari Rumah di TVRI ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerisasi peserta didik. Sebagaimana diketahui bahwa kedua kompetensi tersebut sangat dibutuhkan dalam pembelajaran abad 21.

Pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang mempersiapkan generasi abad 21 dengan tiga subjek utama dalam pembelajaran, yaitu : (1) keterampilan belajar dan berinovasi; (2) Keterampilan memperoleh informasi, media, dan teknologi; dan (3) Keterampilan hidup dan berkarir.

Keterampilan berpikir yang harus dikuasai peserta didik dalam pendidikan pada abad 21 adalah berpikir kreatif, kritis, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan.

Kompetensi literasi dan numerisasi yang dimiliki peserta didik menjadi syarat untuk menguasai keterampilan tersebut.

Program Belajar Dari Rumah di TVRI juga bertujuan untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak.

Bentuk kelekatan dan ikatan emosional tersebut adalah melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Selain materi pembelajaran jenjang PAUD hingga pendidikan menengah, program tersebut juga menayangkan materi bimbingan untuk orangtua dan guru, Setiap akhir pekan (Sabtu dan Minggu), akan ditayangkan program-program kebudayaan.

Kemendikbud telah menyiapkan 720 episode dalam pelaksanaan program Belajar Dari Rumah di TVRI.  Materi pelajaran diambilkan dari berbagai sumber. Akan tetapi, sebagian besar materinya merupakan produksi dari Kemendikbud melalui program Televisi Edukasi.

Selain itu, untuk program kebudayaan, TVRI menyediakan durasi waktu selama tiga jam, khusus menayangkan program-program kebudayaan.

Beberapa program kebudayaan tersebut berbentuk talkshow (gelar wicara), podcast, kesenian, dan magazine mengenai perkembangan budaya di seluruh Indonesia.

Ada juga tayangan film Indonesia pilihan pada malam hari untuk berbagai genre, seperti film anak-anak, drama, dan juga dokumenter.

Panduan BDR di TVRI Minggu Ke 38 (28 – 31 Desember 2020)

Kemendikbud melalui laman resminya telah menerbitkan Panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI minggu Ke 38 (28 – 31 Desember 2020)

Di dalam Panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI minggu Ke 38 (28 – 31 Desember 2020), terdapat beberapa program acara yang menarik untuk dilihat, antara lain sebagai berikut.

1. Gema Rempah Arka Kinari

Episode 5
Gema Rempah Arka Kinari
“Jakarta Batavia”

Senin, 28 Desember 2020, 20:30 – 21:00

Jakarta atau Batavia adalah kota muara dari perjalanan rempah nusantara. VOC membangun kota tersebut menjadi titik untuk memperluas penyebaran komoditi rempah semakin mendunia, dikarenakan letaknya yang strategis dekat dengan Malaka dan Selat Sunda.

Tidak salah, kalau episode kali ini berisi rangkuman dari perjalanan empat episode sebelumnya. Dimana perjalanan tersebut akan diperbincangkan secara santai oleh Hilmar Farid (Kemendikbud) beserta Nova Ruth (Arka Kinari) dan Putri Ayudya (host program) membahas maksud dan tujuan dari perjalanan Jalur Rempah itu sendiri.

Sejarah yang kuat harus dijadikan landasan untuk memajukan masa depan Indonesia untuk lebih jaya dalam mengisi ruang hidup di muka bumi ini.

2. Susur Budaya Khatulistiwa

Episode 4
Susur Budaya Khatulistiwa
Kalimantan Barat

Selasa, 29 Desember 2020, 09:30 – 10:00

Film ini menceritakan perjalanan Host, Kristina Novelia menyusuri peradaban jejak budaya bumi khatulistiwa di Kota Pontianak. Sejak kota ini didirikan oleh Sultan Abdurrahman dari Kesultanan Kadriah Pontianak.

Kemudian datang masyarakat dari berbagai suku, seperti Suku Tionghoa dan Suku Dayak serta Suku Melayu yang mendiami tepian Sungai Kapuas, yang menjadi urat nadi dan pusat perdagangan di masa lalu.

Penelusuran ini dapat melihat keharmonisan masyarakat, aneka kuliner khas, dan seni budaya tiga suku besar di Kota Pontianak. Hal ini menjadi daya tarik keberagaman budaya hingga kini.

Selain itu, kota ini juga memiliki Monumen Tugu Khatulistiwa dimana monumen tersebut menandakan garis nol bumi berada di Kota Pontianak.

3. Empat Sahabat : Sampah Jadi Berkah

Senin, 28 Desember 2020, 08:00 – 08:30

Toko sedang sibuk. Mami, Papi dan Koko Chandra sibuk bekerja di toko, namun Chandra tidak ada. Ternyata Chandra sibuk dengan sampah.

Tukang sampah tidak datang sehingga sampah di rumahnya menumpuk dan berbau tidak sedap. Chandra bertanya pada Pak Guru untuk mencari solusi. Pak Guru mengajarkan tentang pemilahan sampah, juga pembuatan komposter takakura.

4. Empat Sahabat : Terima Kasih Ibu

Selasa, 29 Desember 2020, 08:00 – 08:30

Nisa mengerjakan berbagai tugas dan PR yang membuat kamarnya berantakan. Ibu Icut minta Nisa membereskan kamar, namun Nisa masih capek. Umi Icut tidak mau tahu, ia ingin kamar Nisa bersih lagi. Nisa pun ngambek dan menutup pintu kamarnya.

Nisa mengingat almarhum ayahnya dulu yang mengerti dirinya. Ketika tengah malam, Nisa terbangun dan melihat ibunya sudah bangun dan mulai bekerja.

5. Senandung Anak Nusantara

Kamis, 31 Desember 08:15 – 08:30

Saksikan tayangan yang menampilkan kembali Lagu Anak-anak Daerah yang pernah populer. Lagu yang dikemas baru dan lebih modern serta lebih kental elemen tradisional. Selain itu, dinyanyikan kembali oleh penyanyi cilik yang populer di era tahun 1990-an.

Panduan Belajar Dari Rumah BDR di TVRI Minggu Ke 38 secara lengkap dapat diihat dan diunduh di sini.

Jadwal Acara BDR di TVRI Minggu Ke 38

Program acara Belajar Dari Rumah di TVRI sudah memasuki minggu Ke-38. Jadwal program Belajar Dari Rumah di TVRI minggu ke-38 akan dimulai hari pada hari Senin, 20 Desember 2020, dan berakhir di hari Kamis, 31 Desember 2020. Program acara Belajar Dari Rumah dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 23.30 WIB.

Setiap hari Senin hingga Jumat digunakan untuk pembelajaran dengan total durasi tiga jam per hari bagi semua tayangan.

Tiap jenjang akan mendapatkan jatah waktu belajar selama setengah jam. Setengah jam untuk PAUD, setelah jam untuk kelas 1 sampai kelas 3 SD, setengah jam untuk kelas 4 hingga 6 SD, dan setengah jam lagi masing-masing untuk jenjang SMP, SMA, dan parenting.

Jadwal acara kelas program Belajar Dari Rumah di TVRI untuk Minggu ke-38 (28 – 31 Desember 2020) secara lengkap dapat diunduh di sini.

Catatan :

  • Jadwal acara Belajar Dari Rumah tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.
  • Program Acara tersebut tidak bersifat wajib dan merupakan alternatif belajar dari rumah.

Demikian panduan dan jadwal BDR di TVRI Minggu Ke 38 (28 – 31 Desember 2020). Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *