Pembelajaran Abad 21 dan Keterampilan yang Harus Dikuasai

Pembelajaran Abad 21 dan Keterampilan yang Harus Dikuasai

Dvcodes.com. Reformasi pembelajaran perlu diilakukan dalam mengimplementasikan pendidikan Abad 21.

Hal tersebut penting dilakukan seiring diberlakukannya Kurikulum 2013 yang menghendaki adanya pengembangan potensi guru dan peserta didik secara komprehensif.

Salah satu peran utama pendidikan adalah mempersiapkan generasi masa depan dalam menghadapi tantangan jaman.

Berbagai upaya untuk mempersiapkan generasi abad 21 telah dilakukan, salah satunya melalui perubahan kurikulum nasional menjadi kurikulum 2013 yang berbasis pada pembelajaran abad 21.

Pembelajaran abad 21 hendaknya relevan dengan tantangan dan tuntutan pada kehidupan nyata, antara lain memunculkan kemampuan bekerjasama, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan untuk menguasai diri, kemampuan berpikir kritis, menguasai teknologi, dan mampu mengolah informasi serta berkomunikasi dengan efektif.

Pengetahuan mengenai dunia kerja seperti jenis pekerjaan yang akan dibutuhkan dalam dekade mendatang bisa dilakukan di mana saja oleh siapa saja yang memiliki keahlian, teknologi, dan jaringan.

Akan tetapi untuk mendapatkan pengetahuan mengenai pekerja ahli, setiap negara membutuhkan sistem pendidikan yang menghasilkan generasi yang dibutuhkan. Dengan demikian, pendidikan menjadi kunci untuk kelangsungan hidup di abad ke-21.

Keterampilan Abad 21

Keterampilan abad 21 umumnya digunakan sebagai acuan pada kompetensi tertentu seperti kolaborasi, kemahiran teknologi, pemikiran kritis, dan pemecahan masalah yang perlu dilakukan oleh sekolah formal maupun non formal untuk membantu siswa menghadapi perkembang dunia seperti sekarang.

Keterampilan abad 21 muncul dari sebuah asumsi bahwa saat ini individu hidup dan tinggal dalam lingkungan yang sarat akan teknologi, dimana terdapat berlimpah informasi, percepatan kemajuan teknologi yang sangat tinggi dan pola pola komunikasi dan kolaborasi yang baru.

Kesuksesan dalam dunia digital ini sangat tergantung pada keterampilan yang penting untuk dimiliki dalam era digital, antara lain keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, berkomunikasi, dan berkolaborasi.

Baca : Bentuk-bentuk Penilaian Formatif Pembelajaran Abad 21

Elemen-elemen penting yang perlu dimunculkan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan abad 21, yaitu : (1) Keterampilan belajar dan berinovasi; (2) Keterampilan peguasaan informasi, media, dan teknologi; dan (3) Keterampilan hidup dan berkarir.

1. Keterampilan Belajar dan Berinovasi

Keterampilan belajar dan berinovasi terdiri dari cara berpikir dan cara bekerja. Cara berpikir meliputi beberapa kemampuan berpikir yang harus dikuasai siswa untuk menghadapi dunia abad 21.

Kemampuan berpikir tersebut, antara lain kreatif, berpikir kritis, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan

Cara bekerja adalah kemampuan bagaimana mereka harus bekerja dengan dunia yang global dan dunia digital. Beberapa kemampuan yang harus dikuasai peserta didik adalahkemampuan berkolaborasi dan berkomunikasi.

Generasi abad 21 harus mampu berkomunikasi dengan baik, dengan menggunakan berbagai metode dan strategi komunikasi. Mereka juga harus mampu berkolaborasi dan bekerja sama dengan individu maupun komunitas dan jaringan.

2. Keterampilan Menguasai Informasi, Media, dan Teknologi

Keterampilan menguasai Informasi, media, dan teknologi yaitu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik untuk menguasai alat dalam belajar. Penguasaan terhadap Information and Communications Technology (ICT) dan sumber informasi (information literacy) merupakan sebuah keharusan.

Tanpa ICT dan sumber informasi yang berbasis segala sumber akan sulit pekerja didik dapat mengembangkan potensi belajarnya.

3. Keterampilan Hidup dan Berpikir

Keterampilan hidup dan berkarir adalah kemampuan untuk menjalani kehidupan di abad 21, yaitu menjadi warga negara yang baik, memiliki kehidupan dan karir yang mapan, bertanggung jawab secara pribadi dan sosial.

Selanjutnya sebagai seorang pendidik, bagaimana dapat mengatur dan mendesain pembelajaran agar peserta didik memiliki keterampilan abad 21.

Tinggalkan Balasan