Pendaftaran CPNS 2019 Resmi Dibuka 25 Oktober, Berikut Penjelasannya

Pembukaan cpns 2019 menjadi informasi yang paling ditunggu oleh para pelamar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019.

Jadwal pendaftaran CPNS 2019 secara resmi memang belum dirilis, sehingga link pendaftaran CPNS 2019 sampai saat ini masih ditutup.

Akan tetapi, ada informasi terbaru yang cukup menggembirakan terkait dengan pendaftaran CPNS 2019 tersebut.

Para hari Rabu kemarin (16/10/2019), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Syarifuddin, mengumumkan proses pendaftaran CPNS online 2019 akan dimulai pada tanggal 25 Oktober 2019, termasuk pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Informasi ini disampaikan MenPANRB di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Pendaftaran CPNS 2019
Pendaftaran CPNS 2019

Lebih lanjut, MenPANRB menambahkan bahwa ada sekitar 100 ribu formasi dalam seleksi CPNS 2019 ini.

Akan tetapi, MenPANRB tidak merinci lebih lanjut mengenai kementerian yang akan membuka pendaftaran CPNS online 2019, karena hal tersebut adalah kewenangan Presiden.

Dari 100 ribu formasi tersebut, akan lebih banyak dari tenaga pendidikan dan kesehatan, seperti halnya penerimaan CPNS pada periode sebelumnya.

Di dalam sebuah tayangan resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), M. Ridwan selaku Kepala Biro Humas BKN menyebutkan bahwa terdapat kurang lebih 140 ribu dari 197 ribu formasi akan disediakan untuk guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis dalam pendaftaran CPNS 2019.

M. Ridwan menambahkan bahwa terdapat empat besar formasi seleksi CPNS 2019. Empat besar formasi tersebut adalah guru yang berjumlah sekitar 63 ribu; tenaga kesehatan, bidan, dokter, dokter gigi, dan perawat berjumlah sekitar 31 ribu; tenaga teknis fungsional sebanyak 23 ribuan; dan tenaga teknis lainnya berjumlah sekitar 28 ribuan.

Karena sudah mulai ada kejelasan mengenai jadwal pendaftaran CPNS 2019, maka ada baiknya pelamar mulai mempersiapkan syarat pendaftaran CPNS yang dibutuhkan.

Syarat pendaftaran CPNS 2019 tidak jauh berbeda dengan syarat-syarat pendaftaran CPNS sebelumnya.

Baca : Pahami Tahapan SKD dan SKB Seleksi CPNS 2019.

Persyaratan umum pendaftaran CPNS tahun 2019 sebagai berikut.

1. Usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 2 (dua) tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2. Tidak pernah dipidana penjara dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan penjara 2 (dua) tahun atau lebih.

3. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.

5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

6. Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan.

7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan pesyaratan jabatan yang dilamar.

Selain persyaratan umum yang perlu diperhatikan oleh pelamar, panitia seleksi CPNS 2019 juga akan mewajibkan pelamar untuk menyiapkan beberapa dokumen penting.

Baca : Seleksi CPNS 2019 Memberi Peluang Pelamar Lulusan S2 dan S3

Berikut ini empat dokumen wajib yang dibutuhkan sebagai syarat pendaftaran CPNS 2019 dan juga PPPK.

1. Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)

Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) merupakan identitas resmi pelamar yang diterbitkan oleh Dukcapil setempat dan dibuat secara elektronik, dalam artian baik dari segi fisik maupun penggunaannya yang berfungsi secara komputerisasi.

Pelamar yang belum mempunyai e-KTP, dapat menggunakan bukti identitas berupa surat keterangan perekaman e-KTP yang diterbitkan oleh Dukcapil setempat.

2. Kartu Keluarga

Kartu Keluarga atau sering disebut KK adalah kartu yang memuat data tentang susunan, hubungan dan jumlah anggota keluarga.

Pelamar wajib memiliki Kartu Keluarga, berisi data lengkap tentang identitas Kepala Keluarga dan anggota keluarga pelamar.

3. Ijazah dan Transkrip Nilai

Ijazah adalah surat tanda kelulusan yang berbentuk dokumen negara yang berisikan nilai kompetensi pelamar yang diperoleh melalui pendidikan.

Sedangkan transkrip nilai merupakan daftar nilai keseluruhan hasil belajar dan indeks prestasi dari matakuliah program studi yang diberikan sebagai lampiran ijazah.

4. Foto Diri

Pelamar juga perlu menyiapkan foto diri terbaru sesuai dengan ketentuan persyaratan. Mengutip persyaratan CPNS tahun 2018 terkait dengan foto diri, dijelaskan bahwa pelamar wajib mengunggah foto diri dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun pendaftaran.

Tinggalkan Balasan