Pendaftaran Seleksi MAN IC, MAN PK, dan MAKN Kemenag 2020

Pendaftaran Seleksi MAN IC, MAN PK, dan MAKN Kemenag 2020

Dvcodes.com. Kementerian Agama (Kemenag) kembali memberikan kesempatan kepada lulusan terbaik MTs/SMP, baik negeri maupun  swasta, untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu di MAN Insan Cendikia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia merupakan salah satu prototipe madrasah unggulan berbasis madrasah di Indonesia.

Pendirian MAN Insan Cendikia ini bertujuan untuk :

  1. mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang keimanan dan ketakwaan (IMTAK),
  2. menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK),
  3. mempunyai wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik, dan
  4. mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa, dan bernegara.

Keberadaan MAN Insan Cendikia diharapkan dapat menjadi Magnet School, yaitu menjadi model dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di sekitarnya.

Sedangkan Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK), merupakan salah satu program peminatan unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis madrasah yang menjadi bagian dari MAN Reguler yang sudah ada.

MAN PK dan MAN Reguler bertujuan untuk merevitalisasi prakti, baik penyelenggaraan Madrasah Aliyah Program Kejuruan (MAPK) yang pernah diprakarsai oleh Menteri Agama Munawir Sjadzali pada akhir tahun 1987 yang dibuka pertama kali di lima daerah, yaitu Ujung Pandang, Jember, Yogyakarta, Ciamis, dan Padang Panjang.

Dengan penekanan pada kurikulum keagamaan yang padat serta penekanan pada penguasaan Bahasa Arab dan Inggris, MAN PK saat itu dinilai berhasil menghasilkan lulusan yang berwawaskan ke-Islaman, ke-Indonesiaan, dan ke-modernan yang baik.

Di dalam beberapa tahun terakhir, Kementerian Agama terus menggalakkan program diversifikasi madrasah aliyah. Selain MAN Reguler, MAN INsan Cendikia, dan MAN Program Keagamaan, Kementerian Agama juga membuka Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) yang fokus pada penyelenggaraan pendidikan kejuruan.

MAKN adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal dalam binaan Kementerian Agama yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan menengah.

Terkait dengan pelaksanaan seleksi tersebut, maka Dirjen Pendidikan Islam telah mengeluarkan Keputusan Nomor 7264 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Khusus Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri Tahun Pelajaran 2020/2021.

Tujuan Seleksi

Tujuan seleksi MAN Insan Cendikia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri Tahun Pelajaran 2020/2021 sebagai berikut.

1. Memberikan kesempatan kepada lulusan MTs/SMP negeri dan swasta untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu.

2. Memberikan peluang untuk menjaring calon peserta didik baru yang memiliki potensi kecerdasan yang tinggi dan berkualitas.

Tahapan Kegiatan dan Tanggal Penting

Berikut ini beberapa tahapan kegiatan dan tanggal penting dalam pendaftaran seleksi MAN IC, MAN PK, dan MAKN Kemenag 2020.

1. MAN Insan Cendikia

2. MAN Program Keagamaan

3. MA Kejuruan Negeri

Seleksi Administrasi

Panitia SNPDB MAN Insan Cendikia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri Tahun Pelajaran 2020/2021 melaksanakan seleksi berkas dengan meneliti kelengkapan persyaratan dan memeriksa data online.

Pendaftar yang memenuhi persyaratan dan berhak mengikuti tes seleksi akan ditetapkan dalam bentuk Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam.

Pendaftar yang lolos seleksi berkas diumumkan di website Kementerian Agama www.kemenag.go.id dan https://madrasah.kemenag.go.id/snpdb2020, dan website MAN  IC, MAN PK, dan MAKN setempat.

Materi Seleksi

1. MAN Insan Cendikia

Materi seleksi calon peserta baru MAN Insan Cendikia meliputi Tes Potensi Belajar (90 Menit) dan Tes Akademik (120 Menit) untuk bidang studi Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Pendidikan Agama Islam.

2. MAN Program Keagamaan

Materi seleksi calon peserta baru MAN Program Keagamaan meliputi meliputi Tes Potensi Belajar (90 Menit) dan Tes Akademik (120 Menit) untuk bidang studi Matematika, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab, serta wawancara.

3. MA Kejuruan Negeri

Materi seleksi calon peserta baru MA Kejuruan Negeri meliputi meliputi Tes Potensi Belajar (90 Menit) dan Tes Akademik (120 Menit) untuk bidang studi Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Pendidikan Agama islam.

Informasi lengkap mengenai pendaftaran seleksi MAN IC, MAN PK, dan MAKN Kemenag 2020 dapat di unduh di sini.

Baca : Petunjuk Teknis Juknis BOP RA dan BOS Madrasah Tahun 2020

Demikian informasi mengenai pendaftaran seleksi MAN IC, MAN PK, dan MAKN Kemenag tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan