Perbedaan Pembelajaran Daring dan Luring, Guru Wajib Tahu

Perbedaan Pembelajaran Daring dan Luring, Guru Wajib Tahu

Dvcodes.com – Di dalam pembelajaran pada era modern seperti saat ini, sering muncul istilah-istilah baru yang perlu dipahami oleh guru, misalnya istilah daring dan luring.

Daring dan luring adalah dua istilah yang akhir-akhir ini sering didengar sebagai bentuk pembelajaran.

Dengan demikian, ada namanya pembelajaran moda daring dan pembelajaran moda luring. Guru wajib mengetahui perbedaan kedua bentuk pembelajaran tersebut.

Berikut ini adalah perbedaan dari pembelajaran daring dan pembelajaran luring.

1. Pembelajaran Daring

Daring merupakan singkatan dari “dalam jaringan” sebagai pengganti kata online yang sering kita gunakan dalam kaitannya dengan teknologi internet. Daring adalah terjemahan dari istilah online yang bermakna tersambung ke dalam jaringan internet.

Pembelajaran daring artinya adalah pembelajaran yang dilakukan secara online, mengggunakan aplikasi pembelajaran maupun jejaring sosial.

Baca : Webinar : Pengertian, Manfaat, Tata Cara, dan Medianya

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka, tetapi melalui platform yang telah tersedia.

Segala bentuk materi pelajaran didistribusikan secara online, komunikasi juga dilakukan secara online, dan tes juga dilaksanakan secara online.

Daring juga menyatakan kondisi pada suatu alat perlengkapan atau suatu unit fungsional. Sebuah kondisi dikatakan daring apabila memenuhi beberapa persyaratan berikut.

a. Di bawah pengendalian langsung dari alat yang lainnya.

b. Di bawah pengendalian langsung dari sebuah sistem.

c. Tersedia untuk penggunan segera atau real tima.

d. Tersambung pada suatu sistem dalam pengoperasiannya,

e. Bersifat fungsional dan siap melayani.

2. Pembelajaran Luring

Luring adalah kepanjangan dari “luar jaringan” sebagai pengganti kata offline. Kata “luring”merupkan lawan kata dari “daring”.

Dengan demikian, pembelajaran luring dapat diartikan sebagai bentuk pembelajaran yang sama sekali tidak dalam kondisi terhubung jaringan internet maupun intranet.

Baca : Cara Cek Surat Keputusan Tunjangan Profesi SKTP Guru Terbaru

Perbedaan pemahaman mengenai istilah daring dan luring ini memang perlu diluruskan. Karena sebagian orang mengklasifikasikan daring sebagai online yang terhubung ke internet dan luring dianggap sebagai kegiatan yang terhubung melalui intranet.

Intranet sendiri merupakan terminologi dalam dunia informatika yang merujuk pada sebuah kondisi saling terhubung dalam jaringan dalam cakupan terbatas.

Demikian sekilas perbedaan pembelajaran daring dan luring. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan