Perbedaan Profesi, Profesional, Profesionalitas, dan Profesionalisme

Dvcodes.com – Istilah profesi, profesional, profesionalitas, dan profesionalisme memiliki pengertian yang kadang membingungkan untuk yang belum mengetahui.

Beberapa istilah tersebut sering kita dengar, khususnya dalam hal penyelenggaraan pelayanan publik. Dengan demikian, memahami pengertian dan perbedaan profesi, profesional, profesionalitas, dan profesionalisme penting untuk menjadi acuan tingkat kinerja kita.

Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan profesi, profesional, profesionalitas, dan profesionalisme.

1. Profesi

Profesi merupakan jabatan atau pekerjaan pada bidang tertentu yang menuntut keahlian dan dapat dipertanggungjawabkan. Keahlian tersebut diperoleh dari pendidikan dan pelatihan resmi.

Kata profesi berasal dari bahasa Latin, proffesio, yang memiliki dua pengertian, yaitu janji dan pekerjaan.

Di dalam pengertian luas, profesi adalah kegiatan apa saja dan siapa saja untuk memperoleh nafkah yang dilakukan dengan keahlian tertentu.

2. Profesional

Profesional merupakan orang yang yang menyandang suatu pekerjaan atau jabatan yang dilakukan dengan keahlian atau keterampilan tinggi.

Profesional akan memengaruhi penampilan seseorang dalam melakukan pekerjaan sesuai profesinya.

Profesional merujuk pada sebutan orang yang menyandang profesi dan sebutan terhadap penampilan seseorang dalam mewujudkan unjuk kerja sesuai profesinya.

Penyandangan gelar profesional ini telah mendapatkan pengakuan secara formal dan nonformal. Misalnya pemberian gelar guru profesional.

Baca : Guru Profesional : Pengertian dan Kompetensi yang Harus Dimiliki

Seorang profesional mampu hidup dengan mempraktekkan suatu keahlian tertentu atau terlibat dalam kegiatan tertentu menurut keahlian di bidangnya.

3. Profesionalitas

Profesionalitas adalah sebuah sebutan terhadap kualitas sikap anggota suatu profesi terhadap profesinya.

Profesionalitas juga terkait dengan derajat pengetahuan dan keahlian yang dimiliki untuk dapat melakukan tugas-tugasnya.

Profesionalitas merupakan bentuk sikap para anggota profesi yang benar-benar menguasai di bidangnya dan sungguh-sunuguh terhadap profesinya.

4. Profesionalisme

Profesionalisme adalah sebutan yang mengacu pada sikap mental dalam bentuk komitmen dari anggota suatu profesi untuk selalu mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesinya.

Baca : Perbedaan Pendekatan, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran

Profesionalisme merupakan pemahaman seorang profesional dalam menjalankan profesinya.

Profesionalisme adalah perpaduan antara kompetensi yang dikuasai dengan karakter yang menunjukkan adanya tanggung jawab secara moral.

Demikian ulasan mengenai perbedaan profesi, profesional, profesionalitas, dan profesionalisme. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan