Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 : Standar Nasional Perguruan Tinggi

Dvcodes.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi.

Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 diterbitkan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 52 ayat (3) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Standar Nasional Pendidikan Tinggi adalah satuan standar yang meliputi Standar Nasional Pendidikan, Standar Penelitian, dan Standar Pengabdian kepada Masyarakat.

Ketiga standar tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkandalam pelaksanaan tridharma Perguruan Tinggi.

Tujuan Standar Nasional Perguruan Tinggi

Standar Nasional Pendidikan Tinggi bertujuan untuk :

1. menjamin tercapainya tujuan Pendidikan Tinggi yang berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menerapkan nilai humaniora serta pembudayaan dan pemberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan;

2. menjamin agar Pembelajaran pada Program Studi, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi; dan

3. mendorong agar Perguruan Tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu Pembelajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat melampaui kriteria yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi secara berkelanjutan.

Fungsi Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Standar Nasional Pendidikan Tinggi wajib dipenuhi oleh setiap Perguruan Tinggi untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Standar Nasional Pendidikan Tinggi berfungsi untuk :

a. dijadikan dasar untuk pemberian izin pendirian Perguruan Tinggi dan izin pembukaan Program Studi;

b. dijadikan dasar penyelenggaraan Pembelajaran berdasarkan Kurikulum pada Program Studi;

c. dijadikan dasar penyelenggaraan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat;

e. dijadikan dasar pengembangan dan penyelenggaraan sistem penjaminan mutu internal; dan

f. dijadikan dasar penetapan kriteria sistem penjaminan mutu eksternal melalui akreditasi.

Standar Nasional Pendidikan Tinggi wajib dievaluasi dan disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan, sesuai dengan tuntutan perubahan lokal, nasional, dan global oleh badan yang ditugaskan untuk menyusun dan mengembangkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Baca : Perpres Nomor 72 Tahun 2019 : Pendidikan Tinggi Kembali Ke Kemendikbud

Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi secara lengkap dapat dilihat dan di unduh pada link di bawah ini.

 

Unduh

Demikian informasi mengenai Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 : Standar Nasional Perguruan Tinggi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan