Perpres Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK

Perpres Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK

Dvcodes,com. Perpres Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) telah diterbitkan.

Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020  tentang Gaji dan Tunjangan PPPK yang ditandatangani Presiden Joko Widodo ini merupakan regulasi yang sudah ditunggu-tunggu sekitar 51 ribu honorer Kategori-2 (K2) yang telah lulus seleksi pada bulan Februari 2019 tahun lalu.

PPPK merupakan Pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai dengan perjanjian kerja oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) sesuai dengan kebutuhan Instansi Pemerintah dan ketentuan Undang-Undang ASN.

Baca : Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 38 Tahun 2020 tentang Jenis Jabatan PPPK

Pelaksanaan pengadaan calon PPPK mempertimbangkan kriteria tertentu. Kriteria tersebut adalah jumlah dan jenis jabatan, waktu pelaksanaan, jumlah instansi pemerintah yang dibutuhkan, dan wilayah persebaran.

Pengadaan calon PPPK sendiri dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah. Penilaian dilakukan secara objektif berdasarkan kompetensi, kualifikasi, kebutuhan Instansi Pemerintah, dan persyaratan lain yang dibutuhkan dalam jabatan

Informasi mengenai terbitnya Perpres Nomor 98 Tahun 2020 tersebut disampaikan oleh Bima Haria Wibisana, selaku Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Senin (28/9).

Lebih lanjut Bima menjelaskan bahwa Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK tersebut sedang dalam proses administrasi di Kementerian Hukum dan HAM untuk selanjutnya diundangkan.

Bima juga berharap bahwa kabar tentang terbitnya Perpres Nomor 98 Tahun 2020 ini dapat melegakan seluruh tenaga honorer K2 yang telah lulus seleksi PPPK

Dengan keluarnya peraturan ini, maka secara otomatis honorer K2 yang lulus seleksi PPPK tahun 2019 dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu pemberkasan NIP oleh Badan Kepegawaian Negara.

Penetapan SK PPPK ini akan dilakukan oleh masing-masing kepala daerah. Diharapkan NIP PPPK dapat lebih dahulu ditetapkan dibandingkan NIP CPNS formasi tahun 2019.

Jika NIP CPNS 2019 ditetapkan pada tanggal 1 hingga 30 November 2020, maka berarti NIP PPPK bisa saja diterbitkan pada bulan Oktober 2020.

Dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK ini, semoga pada honorer K2 yang telah lulus seleksi PPPK segera dapat mengantongi NIP.

Perraturan Presiden (Perpres) Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK dapat di unduh di sini.

Tinggalkan Balasan