Petunjuk Teknis Juknis Gala Siswa Indonesia GSI SMP 2020

Petunjuk Teknis Juknis Gala Siswa Indonesia GSI SMP 2020

Dvcodes.com. Kemendikbud melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bekerjasama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan melaksanakan kompetisi Gala Siswa Indonesia GSI SMP tahun 2020.

Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP tahun 2020 akan diselenggarakan mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga Nasional.

Gala Siswa Indonesia GSI adalah wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan potensinya di bidang olahraga sepakbola, melalui pembinaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Gala Siswa Indonesia adalah usaha pemerintah untuk memberikan ruang belajar bagi peserta didik, guru, suporter, dan orangtua untuk menyemarakkan dan memotivasi siswa yang mempunyai bakat dan potensi dibidang olahraga sepakbola dalam bentuk kegiatan kompetisi sepakbola di wilayah masing-masing.

Petunjuk teknis juknis Gala Siswa Indonesia GSI SMP 2020 diterbitkan agar pelaksanaan GSI SMP tahun 2020 dapat berjalan dengan lancar.

Juknis GSI SMP tahun 2020 nantinya dijadikan sebagai pegangan panitia, peserta didik, guru, pelatih, wasit, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Juknis Gala Siswa Indonesia GSI SMP tahun 2020 tidak hanya berisi petunjuk teknis pelaksanan GSI, akan tetapi juga memberikan perspektif tentang pentingnya GSI SMP tahun 2020 untuk diikuti oleh peserta didik dalam pengembangan dan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler, khususnya olahraga sepakbola.

Juknis GSI SMP tahun 2020 ini dibuat dalam rangka sosialisasi sekaligus informasi mengenai panduan kegiatan Gala Siswa Indonesia (GSI) tahun 2020 agar program dan kebijakan dapat dicapai sesuai target yang telah ditetapkan.

Tujuan Gala Siswa Indonesia

  1. Meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap cabang olahraga sepakbola.
  2. Meningkatkan kecakapan kolaboratif dan kooperatif.
  3. Meningkatkan semangat menjaga kesehatan jasmani.
  4. Menumbuhkan jiwa sportivitas, kerja keras, disiplin, komunikatif, bersahabat, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
  5. Mengembangkan bakat dan minat siswa sebagai pemain sepakbola pada masa yang akan datang.
  6. Meningkatkan persatuan dan kesatuan antar siswa seluruh Indonesia.

Tema Gala Siswa Indonesia

Pembangunan Karakter Melalui Ajang Sepakbola”\

Tagline : “Karakter, Bakat dan Prestasi”

Hasil yang DIharapkan

  1. Peserta Gala Siswa Indonesia memiliki fisik yang kuat, perilaku yang baik, pola pikir yang cerdas, dan berwawasan luas dalam membangun persepakbolaan berkarakter.
  2. Peserta dapat menjadikan Gala Siswa Indonesia sebagai sebagai sarana efektif untuk menumbuhkan minat dan bakat menjadi pemain sepakbola di masa yang akan datang.
  3. Peserta menjadikan Gala Siswa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa antar pelajar SMP dan pelatih di seluruh Indonesia.
  4. Gala Siswa Indonesia dapat menjadi wadah untuk membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas kompetisi sepakbola usia muda di Indonesia.

Peserta Gala Siswa Indonesia

Peserta Gala Siswa Indonesia tahun 2019 adalah siswa SMP di Indonesia yang terdaftar dalam Dapodik per tanggal 31 Desember 2019, meliputi :

1. Sekolah Menengah Pertama Negeri;

2. Sekolah Menengah Pertama Swasta;

3. Sekolah Menengah Pertama Terbuka; dan

4. SD – SMP Satu Atap.

Tingkat Penyelenggaraan Gala Siswa Indonesia

Kompetisi Gala Siswa Indonesia dilaksanakan secara berjenjang, yaitu :

1. Tingkat Kecamatan;

2. Tingkat Kabupaten/Kota;

3. Tingkat Propinsi; dan

4. Tingkat Nasional.

Sistem Pendaftaran Gala Siswa Indonesia

Pendaftaran Gala Siswa Indonesia dilakukan dengan sistem online (daring), dimulai dari tingkat kecamatanm sampai dengan propinsi.

Peserta GSI tahun 2020 adalah siswa atau peserta yang sudah terdaftar dalam pendaftaran daring (registrasi online).

Semua siswa yang akan mengikuti Gala Siswa Indonesia di tingkat Nasional harus telah terdaftar jejak tahap awal keikutsertaannya pada kompetisi GSI tingkat kecamatan dengan melakukan pendaftaran daring (registrasi online) sebagai prasyarat awal sebagai peserta Gala Siswa Indonesia tahun 2020.

Sistem pendaftaran daring ini terbagi dalam dua tahap, yaitu :

1. Pendaftaran awal daring (online pre registration).

2. Pendaftaran daring peserta.

Para peserta wajib mendaftarkan keikutsertaannya mulai dari kompetisi GSI tingkat kecamatan melalui laman ditpsmp.kemdikbud.go.id/pesertadidik/galasiswaindonesia sesuai jadwal pelaksanaan.

Jadwal Galang Siswa Indonesian SMP 2020

Jadwal Registrasi dan Kompetisi Gala Siswa Indonesia (GSI) tahun 2020 disusun untuk memastikan pelaksanaan dilaksanakan secara bersamaan dalam rentang waktu yang ditetapkan sesuai tingkatan wilayahnya.

Berikut adalah jadwal Galang Siswa Indonesia (GSI) SMP tahun 2020, dari tingkat kecamatan sampai dengan tingkat nasional.

Tingkat Kecamatan 

Tingkat Kabupaten/Kota

Tingkat Propinsi

Tingkat Nasional

Petunjuk Teknis Juknis GSI SMP Tahun 2020 secara dapat lengkap dapat di unduh pada link berikut.

Juknis GSI SMP Tahun 2020 (Download)

Petunjuk teknis perlombaan siswa tahun 2020 lainnya dapat di unduh pada link berikut.

  • Petunjuk Teknis Juknis Kompetisi Olahraga Siswa Nasional KOSN SD 2020 (unduh)
  • Petunjuk Teknis Juknis Pelaksanaan OSN SD Tahun 2020 (unduh)
  • Petunjuk Teknis Juknis FLS2N SD Tahun 2020 (unduh)
  • Petunjuk Teknis Juknis OSN KSN SMP Tahun 2020 (Unduh)
  • Petunjuk Teknis Juknis O2SN KOSN SMP Tahun 2020 (Unduh)
  • Petunjuk Teknis Juknis Pelaksanaan FLS2N SMP Tahun 2020 (unduh)
  • Petunjuk Teknis (Juknis) Kompetisi Sains Nasional KSN SMA 2020 (unduh)

Demikian petunjuk teknis juknis GSI SMP Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan