PPT Energi Dalam Kehidupan Materi IPA SMP MTs K13

PPT Energi Dalam Kehidupan Materi IPA SMP MTs K13

Dvcodes.com. Energi Dalam Kehidupan merupakan salah satu materi IPA kelas 7 SMP MTs pada Kurikulum 2013.

Energi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan. Seluruh makhluk hidup membutuhkan energi untuk kelangsungan hidup.

Kehidupan di dunia ini tidak akan ada jika seandainya tidak ada energi. Energi terdapat dimana-mana dan dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya.

Energi yang melatarbelakangi setiap kejadian yang ada di bumi .Manusia membutuhkan energi untuk bekerja, bergerak, bernapas, dan mengerjakan aktivitas lainnya.

Tumbuhan dan hewan juga membutuhkan energi untuk tumbuh dan berkembang. Dengan demikian, kerja kehidupan bergantung pada kemampuan organisme mengubah energi dari suatu bentuk ke bentuk lainnya.

Pengertian Energi

Energi merupakan kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan.

Satuan energi dalam Sistem Internasional (SI) adalah Joule (J). Satuan energi dalam sistem yang lain, yaitu kalori erg. dan kWh (kilo watt hours).

Kesetaraan Joule dengan kalor adalah sebagai berikut.

1 kalori = 4,2 joule atau 1 joule = 0,24 kalori

Energi yang paling besar adalah energi matahari. Jarak matahari ke bumi adalah 149.600 juta kilometer dan memungkinkan energi panas yang diterima manusia di bumi tidak membahayakan.

Energi panas dari sinar matahari sangat bermanfaat bagi bumi dan dapat menghasilkan energi-energi yang lain di bumi.

Caranya adalah dengan mengubah energi matahari menjadi energi yang lain, misalnya energi kimia, energi listrik, energi bunyi, dan energi gerak.

Bentuk-bentuk Energi

1. Energi kimia

Energi kimia merupakan energi yang tersimpan di dalam persenyawaan kimia. Makanan banyak mengandung energi kimia yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Energi kimia juga terkandung dalam bahan minyak bumi yang berfungsi sebagai bahan bakar.

2.  Energi listrik

Energi listrik adalah salah satu bentuk energi yang paling banyak digunakan oleh penduduk bumi. energi ini dipindahkan dalam bentuk aliran muatan listrik melalui kawat logam konduktor  yang dinamakan arus listrik.

3.  Energi panas

Sumber energi panas yang sangat besar berasal dari matahari. Sinar matahari dengan panasnya yang tepat dapat membantu makhluk hidup untuk melangsungkan kehidupan dan berkembang biak.

Energi panas pun merupakan hasil dari perubahan energi yang lain, seperti dari energi listrik, energi gerak, dan energi kimia.

4.  Energi potensial

Energi yang dimiliki benda karena ketinggian atau kedudukannya disebut energi potensial. Energi potensial buah mangga diakibatkan oleh adanya gaya tarik bumi, sehingga jatuhnya menuju ke pusat bumi.

5. Energi kinetik

Energi yang dimiliki benda karena geraknya dinamakan energi kinetik. Besarnya energi kinetik tergantung pada massa benda dan kecepatan benda tersebut.

PPT Energi Dalam Kehidupan Materi IPA SMP MTs K13

Di dalam membantu belajar peserta didik, berikut dibagikan PPT Energi Dalam Kehidupan.

PPT Energi dalam Kehidupan ini berisi ringkasan materi tentang energi untuk jenjang SMP/MTs Kurikulum 2013.

PPT Energi Dalam Kehidupan ini juga dapat dimanfaatkan oleh Bapak/Ibu Guru pengampu mata pelajaran IPA SMP/MTs sebagai bahan presentasi dalam pembelajaran.

Bapak/Ibu Guru dapat mengembangkan sendiri PPT Energi dalam Kehidupan ini sesuai dengan kebutuhan.

PPT Energi Dalam Kehidupan materi IPA SMP MTs K13 secara lengkap dapat di unduh pada link berikut.

PPT Energi Dalam Kehidupan (Unduh)

Demikian yang dapat admin bagikan mengenai PPT Energi Dalam Kehidupan materi IPA SMP MTs K13. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan